Pelajari Lebih Lanjut Tentang E-Commerce Enabler

Dunia bisnis yang digerakkan secara digital saat ini memiliki istilah e-commerce enabler. Tahukah Anda apa itu e-commerce enabler? Sekarang, pelajari lebih lanjut.

Seperti disebut awalnya, bertambahnya ketertarikan warga pada berbelanja online dan perkembangan pasar Indonesia menggerakkan banyak beberapa perusahaan retail untuk cari kesempatan masuk industri e-commerce.

Namun, pengecer lebih serius mengembangkan bisnis online mereka daripada ‘melanggar’ untuk penjualan lebih lanjut.

Dibutuhkan satu kelompok tenaga pakar untuk memberikan fasilitas pengendalian tailing electronic yang hendak dikerjakan dalam keperluan yang lebih mendorong ini.

Di sinilah e-commerce enabler bekerja. Berikut keterangan terkait e-commerce enabler dan pihak berkaitan.

Pengantar e-commerce enabler

Ecommerce Enabler adalah penyedia layanan yang menyediakan solusi satu atap bagi merek untuk menjalankan semua strategi bisnis digital mereka.

Enabler memberikan solusi mulai dari pembuatan konten, pengoptimalan situs web, dan pemasaran kinerja hingga manajemen pelanggan dan pengiriman produk ke konsumen.

Secara singkat, fasilitator e-commerce akan memakai beragam cara untuk memberikan dukungan dan mempromokan keberhasilan merk dalam pemasaran online.

Tokopedia, Shopee, Lazada, dan marketplace yang lain bukan enabler dari e-commerce, tapi sebagai sisi dari rantai e-commerce.

E-commerce enabler bertindak sebagai jembatan antara merek dan mitra lain dalam rantai e-commerce, seperti pasar online yang menjadi platform penjualan. Logistik pihak ke-3 (dipersingkat 3PL atau Pelayanan Logistik Pihak Ke-3 ) yang mengurus distribusi produk dan gateway pembayaran sebagai gateway untuk transaksi bisnis pembelian dan pemasaran.

Apa yang ditangani oleh e-commerce enabler?

Pasar online menjadi satu diantara sasaran khusus untuk perusahaan retail untuk jual karena pasarnya yang luas. Tetapi, ada kebanyakan syarat operasional, administratif, dan implementasi yang perlu diatur.

Baca Juga:  Alat Pendukung Jualan E-Commerce Warehousing

Keterbatasan sumber daya manusia juga menjadi pertimbangan besar bagi perusahaan. Oleh karena itu, Ecommerce Enabler mengupayakan solusi satu atap dan menyediakan layanan yang mencakup semua kebutuhan bisnis Anda.

1. Penyediaan layanan periklanan digital

Di dunia digital saat ini, iklan internet adalah kebutuhan untuk bisnis online. Karena itu, ikan di TV atau radio jarang diminati.

Mengutip laman Sci Commerce, periklanan digital lebih fleksibel karena memungkinkan Anda menentukan audiens target berdasarkan demografi atau perilaku.

Ini akan memberikan cara yang lebih efektif dan efisien untuk memasuki pasar bisnis dalam waktu sesingkat mungkin.

Dibanding dengan membuat team dan mengurus iklan digital sendiri, Anda bisa memakai pelayanan yang disiapkan oleh e-commerce enabler.

Pada umumnya, simpatisan e-commerce mempunyai ahli tehnologi yang fokus pada demografi dan ketertarikan untuk bikin iklan digital, dan menimbang pengendalian account dan marketing bisnis online.

Informasi tentang enabler dan fitur-fiturnya yang perlu Anda pahami saat menjalankan bisnis online.

Jika Anda mencari e-commerce enabler, Anda dapat mencoba layanan SIRCLO.

SIRCLO Commerce menjadi jalan keluar kanal manajemen untuk beberapa pebisnis di beberapa industri yang ingin masuk kanal distribusi online.

Kami sediakan pelayanan end-to-end dimulai dari management gudang, management pesanan, dan pelayanan konsumen setia sampai pengiriman barang ke tujuan

SIRCLO Commerce juga terintegrasi dengan saluran e-commerce terbesar di Indonesia untuk memasarkan bisnis branded seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan Lazada.

Baca Juga:  Cara Membangun Usaha Warung Sembako

Selain itu, SIRCLO Commerce mendukung teknologi untuk menyinkronkan penjualan di berbagai pasar, dan digunakan oleh merek besar seperti Levi’s, Annott, Reckitt Benckiser dan L’Oreal Paris.

2. Ringkasan Laporan Transaksi Penjualan

Enabler menulis laporan bulanan dan mengirimkan ke merk

Laporan berdasar transaksi bisnis dan performa toko untuk tiap aliran pasar, bersama dengan wacana produk dan pemasaran dalam laporan ini.

Laporan penjualan, laporan kemajuan SKU, laporan kompetisi atau sejenisnya sesuai kebutuhan.

Laporan ini disusun dengan beberapa rekomendasi untuk analisis dan perbaikan untuk pertumbuhan dan ekspansi bisnis.

Pemberdaya e-commerce yang berpengalaman meningkatkan dan menyajikan data yang Anda butuhkan untuk menjaga bisnis Anda berkembang dalam menghadapi persaingan yang ketat.

3. Memberikan layanan pelanggan bagi konsumen

Ecommerce Enabler juga memiliki tim layanan pelanggan profesional, terlatih untuk memperlakukan pelanggan dengan sikap dan orientasi layanan terbaik.

Dengan demikian, mereka menyediakan layanan pelanggan yang siap menjawab pertanyaan dan menerima penawaran dari konsumen tanpa merugikan bisnis.

Layanan pelanggan yang baik menciptakan kepercayaan dan kepuasan di antara pelanggan, membantu meningkatkan citra produk bisnis Anda.

4. Pemrosesan pesanan hingga pengiriman

Penting untuk diketahui bahwa setiap platform penjualan memiliki standar dan persyaratannya sendiri, termasuk waktu tunggu untuk respons dan pengiriman pesanan.

Pemberdaya e-commerce yang baik harus dapat mengelola semua toko/platform online sambil memastikan metode pengiriman terbaik untuk memenuhi pesanan konsumen.

Dengan demikian, e-commerce enabler menyediakan gudang untuk manajemen inventaris produk. Gudang memproses produk yang dipesan, mengemas produk dan melakukan kontrol kualitas pada produk sebelum dikirimkan ke kurir.

Baca Juga:  20 Cara bisnis online Yang Lagi Trend di 2023

Enabler bekerja bersama dengan pelayanan logistik untuk membagikan produk sampai hingga ke tangan customer.

Hingga Anda bisa menyingkat waktu pemrosesan pesanan Anda dengan tanggapan dan pengiriman yang bisa lebih cepat. Pelanggan pasti senang dengan pelayanan itu.

5. Manajemen produk dan pasar multi-saluran yang efektif

E-commerce Enabler mempersiapkan dan mengurus semua toko sah atau online dan promosi marketing bisnis di pasar secara real time.

Semua saluran dan produk di pasar juga dikelola, mulai dari halaman, foto, dan kepuasan pelanggan hingga pemenuhan pesanan.

Faktor-faktor yang memungkinkan e-commerce juga membantu menjaga pernyataan hak cipta dan tampilan produk profesional.

E-commerce enabler juga memudahkan Anda menjalankan bisnis online dengan mewakili Anda dalam penawaran dengan platform.

Pelamar e-commerce harus turut serta kuat dengan toko/basis online mereka untuk memperoleh slots promo terbaik untuk pasarkan produk bisnis mereka.

Enabler seperti SIRCLO Commerce memiliki teknologi terintegrasi untuk sesuaikan produk tiap saluran pasar, yaitu Connexi.

Jadi, Anda tidak hanya meningkatkan penjualan produk, tetapi faktor-faktor yang memungkinkan e-commerce juga membantu membangun citra bisnis Anda.

6. Kelanjutan kampanye merek pemasaran

Pemberdaya e-commerce juga memberikan wawasan tentang industri e-commerce, serta merencanakan dan melaksanakan strategi pemasaran yang tepat untuk kesuksesan bisnis merek Anda.

Enabler bekerja dengan tim pemasaran dan marketing merk untuk berencana keperluan marketing ini.

Beberapa enabler juga menyediakan layanan fotografi produk, copywriting, aset banner, desain grafis untuk media sosial dan buletin untuk memastikan keberhasilan kampanye Anda.

Baca artike tentang bisnis di: Arpronews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *