Ketahui Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD dan Aplikasi Penambah Ruang Penyimpanan

Ketahui Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD dan Aplikasi Penambah Ruang Penyimpanan

Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD sangat perlu kamu ketahui. Terlebih bagi para pengguna ponsel yang memiliki RAM kecil bisa memindahkan aplikasi ke kartu SD akan membuat memori internal ponsel lebih luas. Biasanya memori internal menjadi penuh diakibatkan terlalu banyak menyimpan foto, video atau bahkan aplikasi. Untuk mengakali hal ini, bisa memindahkan data tadi ke kartu SD.

Memindahkan foto dan video ke kartu SD bisa dibilang mudah, tapi untuk memindahkan aplikasi sepertinya agak sulit. Untuk itu kali ini kita akan membahas bagaimana cara memindahkannya ke kartu SD. Simak penjelasannya di bawah ini;

Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Aplikasi dengan ukuran besar akan membuat memori internal ponsel menjadi cepat penuh, mengakali hal itu pindahkan aplikasi ini ke kartu SD untuk menghindari memori penuh. Cara yang akan diuraikan akan sangat mudah dipraktekkan.

  1. Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Dengan Mengubah Pengaturan Penyimpanan

Cara pertama tidak berlaku untuk semua ponsel, seperti dengan ponsel OS android 9 pie, dan sama sekali tidak kan bekerja pada sistem operasi Android 11 dan Android 10. Begini cara memindahkannya;

  • Buka menu pengaturan atau setting
  • Klik aplikasi
  • Kemudian pilih aplikasi yang ingin dipindahkan
  • Tap menu ganti penyimpanan
  • Pilih kartu SD
  • Tunggu sampai proses pemindahan selesai

Cukup mudah bukan? Bisa kamu coba sekarang juga. Tapi sebelum itu pastikan terlebih dahulu sistem operasi yang digunakan oleh ponsel agar tidak sia-sia mencoba cara ini.

  1. Menggunakan aplikasi AppMgr III untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD

Aplikasi ini memang dikhususkan untuk memindahkan data dari penyimpanan internal ke penyimpanan eksternal atau memindahkan secara terbalik. Aplikasi ini bisa kamu apatkan secara gratis di play store. Berikut cara menggunakan aplikasi AppMgr III untuk memindahkan data ke penyimpanan eksternal.

  • Unduh terlebih dahulu aplikasi AppMgr III di play store
  • Pilih tab Moveable
  • Akan muncul aplikasi yang bisa dipindahkan
  • Pilih plikasi yang ingin dipindahkan
  • Pilih pindahkan ke kartu SD
  • Tunggu beberapa saat sampai proses transfer selesai

Cara ini bisa digunakan oleh semua jenis ponsel. Jadi untuk kamu yang tidak bisa mencoba cara pertama tadi bisa menggunakan cara kedua menggunakan aplikasi AppMgr III ini.

  1. Memindahkan Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara memindahkan kali ini tanpa menggunakan aplikasi tambahan sama sekali. Cara inis seharusnya bisa digunakan oleh jenis ponsel apapun dan merk apapun. Trik pemindahan berikut bisa kamu manfaatkan untuk memindahkan data atau game berukuran besar ke penyimapanan eksternal, jadi kamu lebih leluasa mendownload aplikasi atau game lainnya.

  • Buka menu pengaturan pada ponsel
  • Pilih menu aplikasi
  • Kemudian pilih aplikasi atau game yang akan dipindahkan
  • Klik ganti
  • Ubah pengaturan penyimpanan menjadi kartu SD
  • Pilih pindahkan aplikasi dan tunggu sampai proses pemindahan selesai dilakukan

Meski begitu cara ini tidak bisa memindahkan semua aplikasi dan game yang ingin dipindahkan. Mungkin hanya beberapa saja diantara aplikasi yang ada.

  1. Memindahkan Dengan USB Debugging

Catatan untuk USB Debugging hanya ada jika kamu sudah mengaktifkan Developer Option atau opsi pengembangan. Cara ini hanya bisa dipraktekkan menggunakan laptop untuk bisa memindahkan aplikasi atau game ke kartu SD.

  • Aktifkan Opsi Pengembangan/Developer Option dengan cara tap-tap 7 kali pada Build Number
  • Kemudian aktifkan USB Debugging
  • Hubungkan laptop dan hp menggunakan USB bawaan
  • Pindahkan dengan mudah aplikasi atau game

Cara ini bisa kamu coba. Tidak akan sulit jika kamu memahami langkah-langkah dan mengikuti step di atas untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD.

Setelah mengetahui cara memindahkan aplikasi dan game dari memori internal ke memori eksternal supaya ruang penyimpanan internal tidak penuh,  kita juga akan membahas aplikasi-aplikasi yang bisa menambah ruang penyimpanan di ponsel sehingga membuat kita lebih leluasa menyimpan banyak hal.

Aplikasi Penambah Ruang Penyimpanan

Ruang penyimpanan internal sedikit menjadi salah satu permasalahan ponsel saat ini. Mengharuskan pengguna untuk pintar-pintar memilih foto, video, atau file yang memang dianggap penting dan tidak. Untuk mengatasi hal tersebut sudah banyak aplikasi bertujuan untuk memperluas memori penyimpanan di ponsel. Beberapa apliaksi ini bisa kamu download di Play Store dengan mudah.

  1. TeraBox

Sesuai dengan namanya aplikasi TeraBox menyediakan penyimpan hingga mencapai 1 Tera. Kamu bisa menyimpan berbagai video, foto, aplikasi, file lainnya dalam aplikasi ini tanpa takut memori internal penuh. Kamu cukup meng-upload seluruh data yang ingin kamu simpan ke dalam aplikasi ini dan setelah terunggah kamu bisa mencari data tadi di mesin pencarian. Mungkin kamu akan disuguhkan dengan banyak iklan pada aplikasi ini, tapi anggap saja iklan itu sebagai bayaran pada developer karena kamu sudah menggunakan aplikasi  TeraBox.

  1. Mega

Tambahkan 50 GB penyimpanan di ponssl dengan aplikasi Mega Storage. Cara agar mendapatkan penyimpanan 50 GB ini kamu perlu registrasi terlebih dahulu agar bisa menyimpan data-data pada aplikasi Mega. Cara penggunaan dari aplikasi ini juga terbilang mudah dan memiliki tampilan yang sederhana.

  1. Google Drive

Aplikasi Google Drive sepertinya ada pada setiap ponsel pintar saat ini. Google Drive memungkinkan kita untuk menyimpan banyak foto, video, serta file-file penting lainnya. Jika ponsel kamu tidak memiliki Google Drive kamu bisa segera mengunduhnya di aplikasi Play Store atau Apps Store untuk mendapatkan penyimpanan gratis 15 GB.

Sebelum menggunakan Google Drive pastikan kamu sudah login menggunakan akun google mail. Google mail ini bisa kamu buka dimana saja atau kapan saja, bahkan meskipun jika hp hilang data yang sudah disimpan dalam Google Drive bisa kamu akses lagi dengan menggunakan akun Gmail tadi.

  1. One Drive

Aplikasi hasil merupakan hasil dari Microsoft yang sudah mulai merambah ke dunia ponsel. Aplikasi ini memberikan ruang penyimpanan gratis mencapai 5 GB. Biasanya aplikaasi ini sudah tersedia pada ponsel-ponsel keluaran terbaru dilengkapi OS Windows phone. Kamu bisa menyimpan foto-foto Selfi, video, atau bahkan file penting yang harus disimpan dalam jangka panjang. Aplikasi One Drive bisa kamu dapatkan dengan mendownload di Apss store atau play store pada ponsel pintarmu.

Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD bisa langsung kamu praktekkan dan juga aplikasi penambah ruang penyimpanan tadi bisa kamu unduh pada playstore. Dua cara ini secara garis besar dapat meringankan ruang penyimpanan internal pada posnsel dan membuat ponsel lebih awet tanpa khawtir kehilangan data, foto, video penting untuk disimpan. Untuk itulah banyak orang mengunduh aplikasi pemindah aplikasi atau mengunduh aplikasi penambah ruang penyimpanan di ponsel supayaa tidak kehilangan hal-hal penting seperti foto pada hari ini, akan menyimpan banyak kenangan di masa depan nanti. Jadi akan lebih baik jika menyimpan video, foto serta file hari ini untuk masa depan menggunakan aplikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.