Deretan Aplikasi Youtube Tanpa Iklan

Deretan Aplikasi Youtube Tanpa Iklan

Siapa sih di sini yang enggak pernah mengakses Youtube? Pasti pernah bahkan selalu ya. Penulis yakin pasti keseharian kita enggak bisa lepas dari Youtube. Tujuan kalian buka Youtube pasti macam-macam. Ada yang tujuannya cari hiburan, cari referensi buat ngelakuin hal tertentu, bahkan ngejadiin Youtube sebagai sarana cari duit. Tapi pernah gak sih kalian sebel karena ada iklan pas asyik-asyik nonton? Sekarang ada loh aplikasi youtube tanpa iklan.

Untuk kamu yang penasaran dengan aplikasi ini, yuk simak artikelnya sampai habis.

Aplikasi Youtube Tanpa Iklan

Sejarah

Jadi, mulai 17 Mei 2018 Youtube mulai merilis  aplikasi youtube tanpa iklan yang bernama Youtube Premium. Awalnya Youtube Premium keluar dengan nama Music Key pada November 2014.  Pada tahun 2015, Music Key berganti jadi Youtube Red. Pada Youtube Red, hiburan tanpa iklan berkembang sampai ke video yang sebelumnya hanya berfokus pada musik saja.

Youtube Red pertama kali diluncurkan pada 2015 lalu, negara yang mendapatkan layanan tersebut adalah Amerika Serikat. Kemudian, Youtube Red melakukan ekspansi ke negara New Zealand dan Australia. Pada tahun 2016 Youtube Red hadir di negara Meksiko dan Korsel. Youtube Red kemudian berganti jadi Youtube Premium pada Mei 2018. Tapi layanan Youtube Premium baru bisa aktif pada Juni 2018.

Dengan berubahnya nama dari Youtube Red menjadi Youtube Premium, layanan aplikasi youtube tanpa iklan tersebut merambah ke wilayah lebih luas hingga beberapa negara seperti Kanada, dan beberapa negara di kawasan benua Eropa seperti Inggris, Rusia, Spanyol, Austria, Finlandia, Prancis, Jerman, Swedia, Irlandia, Italia, dan Norwegia. Kemudian Belanda, Luxemburg, Belgia, dan Denmark menyusul.

Baca Juga:  12 Aplikasi Edit Foto Ala Selebgram

Fitur

Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini juga dinilai cukup memadai kepada para pemakainya. Dalam Youtube Premium, pemakainya bisa menikmati video tanpa internet. Lalu, lagu dan video yang sedang berjalan di HP dapat terlihat di latar belakang. Perlu pembaca ketahui, layanan Youtube Premium ini sudah tergabung dengan Youtube Music dan Youtube Kids.

Aplikasi youtube tanpa iklan menawarkan film dan serial original yang diproduksi bekerja sama dengan studio profesional dan tokoh YouTube. Untuk serial berepisode, episode pertama series YouTube Premium asli tersedia gratis. Di beberapa negara di mana layanan ini tidak tersedia, pembaca juga dapat membeli setiap episode  melalui YouTube, dan Google Play Film.

Pada bulan November 2018, dilaporkan bahwa Google berencana untuk menyesuaikan strategi konten awalnya untuk YouTube Premium ke pendekatan “satu pemblokir”, dengan rencana untuk menawarkan lebih banyak konten dalam aplikasi youtube tanpa iklan ini. Lebih banyak konten asli  tanpa pembayaran berbasis media iklan pada tahun 2020.

Adanya Tudingan

Pada bulan Mei 2014, sebelum pembukaan resmi layanan Music Key sebagai aplikasi youtube tanpa iklan, organisasi perdagangan musik independen Worldwide Independent Network menuding jika YouTube memakai kontrak yang tak bisa ditawar dengan label independen yang “undervalued” dibandingkan dengan layanan video streaming lain.

Dan mereka menyatakan bahwa YouTube mengancam akan memblokir video label dari akses publik jika mereka tidak menyetujui persyaratan baru mereka.

Dalam sebuah pernyataan YouTube kepada Financial Times pada Juni 2014, Robert Kyncl mengatakan langkah-langkah tersebut bertujuan “untuk mengecek bahwa seluruh konten pada platform berada dalam ketentuan  baru”. Menyatakan bahwa 90% label sudah sepakat, ia juga mengutarakan bahwa meskipun mereka punya keberhasilan 100%, mereka mengerti bahwa kemungkinan besar bukan tujuan mereka dapat dicapai dan oleh karena itu merupakan bentuk tanggung jawab kepada pengguna dan industri“.

Baca Juga:  Aplikasi Stiker WhatsApp Ucapan Hari Raya Idul Fitri 2022

Financial Times  melaporkan bahwa YouTube telah mencapai kesepakatan agregat dengan Merlin Network — kelompok dagang yang mewakili lebih dari dua puluh ribu label mandiri, untuk diintegrasikan ke dalam layanan tersebut. Namun, Youtube sendiri belum memastikan persetujuan itu.

Setelah pembukaan YouTube Red, dikemukakan  persyaratan kontrak akan berlaku untuk semua anggota Program Mitra YouTube; bagi mitra yang tidak menerima persyaratan dan perjanjian pembagian-pendapatan baru mengenai layanan YouTube Red, YouTube akan memblokir video mereka sepenuhnya di wilayah tempat YouTube Red tersedia.

Saluran YouTube ESPN adalah pihak terkemuka yang terpengaruh oleh perubahan; seorang wakil dari orang tua ESPN, The Walt Disney Company, mengemukakan adanya problem dengan pemegang hak pihak ketiga mengenai dengan tayangan olahraga yang terkandung dalam video Youtube ESPN menghindari perusahaan mereka ditawarkan berdasarkan ketentuan baru.

Kemudian pula, sebagian besar konten yang dilisensi oleh label rekaman Jepang jadi tidak ada di wilayah di mana YouTube Red berada. Diyakini bahwa kemampuan  mengunduh video untuk ditonton secara offline di YouTube Red menjadi keraguan bagi perusahaan media Jepang karena kebutuhan untuk memantau bagaimana konten digunakan sesuai dengan UU hak cipta Jepang.

Harga Youtube Tanpa Iklan

Di Indonesia sendiri, harga berlangganan Youtube Premium dipatok sebesar 59 ribu Rupiah per bulan untuk paket individual. Sedangkan untuk Youtube Premium family plan dipatok seharga 89 ribu Rupah sebulan. Dan untuk paket student dihargai sebesar 35 ribu Rupiah sebulan.

Bagi sebagian besar orang, harga tersebut masih dianggap mahal. Celah-celah tersebut dimanfaatkan oleh sebagian besar orang dengan menjual akun aplikasi youtube tanpa iklan secara ilegal. Harganya yang ditawarkan bisa separuh harga dari harga berlangganan di aplikasinya langsung.

Baca Juga:  Aplikasi Muka Sedih Viral- Video Filter App

Bisnis jual beli Youtube Premium secara ilegal ini sudah lumrah terjadi di masyarakat. Hal ini terjadi karena daya beli masyarakat kita yang cenderung lemah. Kita bisa menjumpai bisnis jual beli Youtube Premium ini di media sosial seperti Twitter, Instagram, dll.

Umumnya mereka menjual aplikasi ini dibarengi dengan produk lain seperti Netflix, Spotify, Viu, We TV, dan lain sebagainya. Mereka menjamin produk yang dijual aman dan bergaransi penuh walau rentan terkena banned. Maka dari itu, mereka selalu mengingatkan kepada pembelinya agar mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku agar akun yang dibeli tidak dibanned pihak Youtube nya langsung.

Di pasar gelap, youtube premium yang dijual tersebut ada dua macam yaitu: Individual Plan dan Family Plan. Para penjual menawarkan dua akun email yaitu  email dari pembeli dan email dari penjual. Untuk berlangganan yang Individual Plan, mereka mensyaratkan kepada pembelinya supaya akun yang diproses merupakan akun fresh (belum perna  free trial) dan menyetorkan passwordnya juga.

Untuk berlangganan aplikasi youtube tanpa iklan family plan, email yang mau diproses dari pembeli harus yang maksimal 1x sudah pernah dipakai dalam 1 tahun. Jika email yang ingin diproses tersebut sudah dipakai lebih dari 1x dalam setahun, maka pembeli harus menggunakan email  baru.

Pembeli Youtube Premium Family Plan hanya disuruh menyetor email saja tanpa password tidak seperti membeli Youtube Premium Individual Plan. Dan berlangganan Youtube Premium di pasar gelap umumnya tidak bisa menggunakan email lama untuk memperpanjang masa durasi akun si pembeli.

Nah, itulah berbagai hal mengenai aplikasi youtube tanpa iklan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *