Aplikasi Sim Online Mempermudah Setiap Transaksi

Aplikasi Sim Online Mempermudah Setiap Transaksi

Surat izin mengemudi atau biasa disingkat dengan SIM merupakan sebuah surat yang menyatakan bahwa Anda memiliki izin mengemudi kendaraan bermotor. Baik itu berupa mobil ataupun motor, yang mana surat izin ini dikeluarkan oleh surat berwajib atau instansi terkait yang mana untuk melakukan pembuatan sim saat ini sudah bisa dilakukan dengan begitu mudahnya menggunakan aplikasi sim online.

Bila biasanya membuat sim mengharuskan Anda ke samsat atau langsung ke kantor kepolisian maka saat ini hal tersebut tidak lagi berlaku, Anda bisa melakukan pembuatan maupun perpanjangan sim secara mudah dan begitu praktis untuk dilakukan dimanapun Anda berada saat ini. Tidak perlu di kantor, hanya dari rumah saja maka Anda sudah bisa mengurus sim milik Anda secara lebih praktis dan lebih mudah.

Untuk pembuatan sim sendiri hanya dilakukan satu kali saja tetapi untuk perpanjangan masa aktifnya sendiri dilakukan setiap 5 tahun sekali, jadi daripada harus berepot-repot untuk mengurus perpanjangan setiap 5 tahun sekali maka Anda bisa melakukannnya secara praktis melalui aplikasi pengurusan online ini.

Hadirnya aplikasi sim online ini mempermudah setiap aktivitas kegiatan pembuatan maupun perpanjangan sim sendiri, yang tentunya kemudahan ini tidak terlepas dari kemajuan serta kecanggihan teknologi dari waktu ke waktu yang memang memberikan sebuah keuntungan tersendiri untuk Anda sebagai pemilik sim yang tidak ingin ribet.

Apalagi melakukan perpanjangan sim melalui aplikasi ini sudah sangat mudah untuk dilakukan, yang terpenting Anda memiliki aplikasi khusus ini dan juga sofile berkas pengurusan sim pada perangkat yang Anda gunakan untuk mengakses aplikasi ini. Bukan hanya mudah tetapi juga prosesnya yang sangat cepat tidak usah menunggu waktu yang begitu lama untuk menyelesaikan keperluan Anda.

Yang menjadi keuntungan paling terasa adalah Anda tidak perlu lagi antri untuk mengurus sim atau perpanjangan sim yang kadang terasa membosankan. Nama aplikasi ini sendiri yakni SINAR (SIM Nasional Presisi) yang mana apabila pembuatan sim Anda telah selesai maka sim cetak Anda akan langsung diantarkan ke alamat Anda sehingga Anda tidak perlu menjemput sim cetak Anda tersebut.

Syarat Pembuatan Sim Melalui Aplikasi Sim Online

Untuk Anda yang baru mengurus sim maka Anda juga bisa melakukannya langsung pada aplikasi SINAR yang disediakan tanpa harus menuju ke tempat pembuatan sim secara offline. Namun sebelum membuat sim maka sebaiknya Anda terlebih dahulu mengetahui syarat pembuatan sim agar Anda bisa mempersiapkan berkas scan dari berkas cetak yang Anda miliki.

Maka dari itu Anda bisa menyimak informasi berikut ini mengenai syarat pembuatan surat izin mengemudi secara online melalui aplikasi sim online sebagai kelengkapan berkas yang harus Anda lampirkan pada saat pembuatan.

-Usia minimal 17 tahun

-Mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran sim dengan data diri pribadi

-Melampirkan foto copy ktp atau identitas diri lainnya

-Surat keterangan kerja

-Melakukan perekaman sidik jari

-Menyerahkan bukti pembayaran

-Sehat dari segi penglihatan, pendengaran, dan juga fisik anggota gerak lainnya

-Sehat dari segi kesehatan rohani seperti kemampuan kognitif, prikomotorik, dan kepribadian

Biaya Pembuatan Sim Baru

Ketika Anda melakukan pembuatan sim baik secara oflline maupun pada aplikasi sim online maka Anda harus menyiapkan sejumlah dana pembayaran yang jumlahnya telah ditetapkan secara resmi dan nasional menurut undang-undang yang mengaturnya.

-Baya bikin sim baru A 120 ribu riupiah

-Bikin baru sim B 120 ribu rupiah per penerbitan

-Bikin baru Sim c 100 ribu perpenerbitan

-Bikin baru D 50 ribu rupiah perpenerbitan

Jadi apabila ada yang meminta dana atau menerapkan pembayaran lebih dari ketetapan di atas maka sudah termasuk pungli yang sebaiknya harus Anda cegah dan jangan sampai Anda membayar dengan jumlah yang lebih.

Cara Perpanjangan Sim Melalui Aplikasi Sim Online

Selain berfungsi sebagai aplikasi pembuatan sim baru maka Anda juga bisa menggunakan aplikasi sim online ini untuk kepentingan perpanjangan masa aktif dari sim yang Anda miliki. Untu melakukan perpanjangan sendiri sangatlah mudah untuk dilakukan yang terpenting Anda memiliki aplikasi ini terlebih dahulu pada perangkat yang Anda miliki.

Untuk langkah-langkah sendiri bisa Anda simak informasi berikut ini mengenai cara atau langkah perpanjangan sim mudah melalui aplikasi digital resmi ini:

-Download terlebih dahulu aplikasi sinar maupun digital korlantas polri melalui playstore atau app store bila Anda menggunakan iOS

-Kemudian lakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan memasukkan nomor handphone milik Anda pada kolom yang telah disediakan.

-Tunggu beberapa saat hingga kode OTP muncul pada sms Anda dan masukkan kode tersebut pada bagian verifikasi kode OTP.

-Buatlah pin keamanan aplikasi yang akan membuat aplikasi sim online milik Anda menjadi aman dan tidak akan dimasuki oleh orang lain sebab sudah tersedia pin yang hanya Anda mengetahuinya.

-Setelah akun Anda berhasil dibuat maka selanjutnya Anda akan masuk ke menu  lengkapi data untuk mengisi informasi diri mengenai NIK ddan juga nama lengkap Anda sesuai KTP  yang Anda miliki dan jangan lupa untuk memasukkan e-mail Anda.

-Kemudian Anda akan diminta untuk verifikasi KTP dengan cara mengambil gambar swafoto Anda dengan ktp Anda.

-Setelah Anda berhasil memverifikasi ktp Anda maka selanjutnya Anda bisa langsung masuk ke halaman utama kemudian pilih menu Sim=> klik perpanjangan sim

-Langkah selanjutnya yakni masukkan nomor sim Anda sebelumnya yang diserta dengan beberapa dokumen pelengkap yang menunjang data diri Anda. Adapun  beberapa dokumen yang harus Anda lampirkan sebagai berikut ini yakni foto ktp fisik,foto fisik sim, serta foto tanda tangan Anda di atas kertas putih, pas foto dengan latar biru dan pastikan tidak menggunakan kacamata maupiun penutup kepala seperti peci maupun topi, untuk syarat foto sendiri Anda jangan menggunakan baju berwarna hijau.

-Selanjutnya Anda juga harus mengunggah hasil pemeriksaan kesehatan Anda yang telah terlebih dahulu Anda lakukan pada website enrrikker dan tes psikologi pada aplikasi eppsi.

-Untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan psikologi sendiri sangatlah mudah, Anda tinggal mengikuti instruksi yang ada pada halaman website tersebut yang selanjutnya hasilnya Anda harus unggah pada aplikasi sim online pada bagian kolom yang telah disediakan.

-Apabila pendaftaran atau perpanjangan SIM berhasil dan telah selesai maka Anda bisa langsung mengambil sendiri sim maupun menggunakan jasa kirim yang juga telah disediakan.

-Langkah terakhir Anda akan diarahkan untuk melakukan pembayaran setelah itu sim Anda sudah aktif dan bisa langsung segera untuk Anda gunakan dengan mudahnya.

Demikianlah informasi mengenai syarat pembuatan sim, biaya pembuatan sim, serta perpanjangan sim melalui aplikasi sim online yang saat ini sudah bisa digunakan dengan begitu sangat mudahnya untuk Anda akses pada ponsel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.