Beberapa Langkah Daftar Paspor Di Aplikasi Paspor Online

Beberapa Langkah Daftar Paspor Di Aplikasi Paspor Online

Berpergian ke luar negara membutuhkan beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Beberapa hal tersebut antara lain adalah paspor. Di saat ini Anda dapat membuat atau memperpanjang secara daring dengan menggunakan aplikasi paspor online yakni M Paspor.

Cara Daftar Aplikasi Paspor Online Yang Patut Anda Ketahui

Namun, ada beberapa cara maupun langkah yang harus Anda lakukan sebelum mendapatkan paspor secara online. Beberapa cara daftar dan perpanjang paspor tersebut dapat Anda simak dan ketahui jika membaca artikel berikut ini.

Unduh aplikasi M Paspor

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan dalam membuat atau memperpanjang paspor secara online di aplikasi paspor online adalah unduh aplikasi terlebih dahulu. Aplikasi yang perlu Anda unduh adalah M Paspor.

Aplikasi yang satu ini dapat Anda unduh diberbagai media seperti Play Store dan App Store. M Paspor adalah aplikasi resmi yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI.

Buat akun M Paspor

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan dalam membuat paspor secara online adalah buat akun M Paspor. Setelah Anda berhasil mengunduh aplikasi . Maka, sekarang Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Pembuatan akun pun terbilang cukup mudah.

Hal ini terjadi akibat Anda hanya perlu mengisi beberapa informasi tentang diri Anda mulai dari KTP, paspor lama, KK, dan masih banyak lagi. Selain itu, Anda harus memastikan bahwa nama Anda, tanggal lahir, serta identitas lainnya telah Anda isi dengan benar.

Memilih kantor imigrasi

Memilih kantor imigrasi menjadi langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk membuat paspor di aplikasi. Maka, Anda dapat langsung memilih di mana tempat atau kantor imigrasi yang Anda pilih untuk melakukan perpanjangan paspor.

Memilih jumlah pemohon dan waktu kedatangan

Setelah Anda memiliki kantor imigrasi untuk membuat atau memperpanjang paspor secara online. Maka, Anda selanjutnya diminta untuk mengisi jumlah pemohon serta tanggal kedatangan Anda ke beberapa tempat tersebut.

Setelah, melakukan hal tersebut. Maka, Anda harus melakukan pengecekan kuota dari jumlah pendaftar yang tersedia di jadwal. Tidak hanya itu saja, di aplikasi  M Paspor ini juga ditandau pula dengan jam kedatangan pembuat paspor.

Simpan bukti pendaftaran berupa barkot atau QR Code

Setelah, Anda berhasil mengisi permohonan serta waktu pembuatan paspor. Maka, Anda akan mendapat sebuah bukti yang dapat membuktikan bahwa Anda telah terdaftar dalam pembuatan atau perpanjangan paspor online.

Hal yang membuktikan bahwa Anda telah melakukan pembuatan atau perpanjangan paspor secara online di aplikasi  berupa sebuah QR Code. Barkot atau QR code akan langsung disimpan secara otomatis ke aplikasi tersebut.

Mendatangi kantor imigrasi

Cara daftar perpanjang dan buat paspor online selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah mendatangi kantor imigrasi yang telah Anda piluh. Untuk Anda yang telah mendapatkan QR Code atau barkot.

Maka, Anda akan diminta untuk datang ke kantor imigrasi yang telah Anda pilih sesuai dengan jadwal kedatangan yang telah Anda pilih. Anda perlu membawa beberapa hal sesuatu persyaratan yang diminta untuk membuat paspor online di aplikasi paspor digital.

Beberapa persyaratan yang diminta adalah surat pernyataan untuj orang dewasa. Bagi Anda anak di bawah umur. Maka, Anda perlu mengeluarkan surat permohonan.

Persyaratan kedua yang perlu Anda lengkapi untuk membuat paspor dengan menggunakan aplikasi paspor online adalah membawa dokumen persyaratan kepada petugas untuk mendapatkan nomor antrian verifikasi data.

Tidak hanya itu saja, dengan dokumen tersebut tersebut Anda akan mendapatkan sidik jari, foto, dan wawancara.

Biaya sebagai cara daftar aplikasi paspor online

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan dalam membuat serta memperpanjang paspor secara online dengan menggunakan aplikasi adalah biaya. Untuk Anda yang ingin memperpanjang paspor biasa 48 halaman dikenakan 350 ribu.

Tidak hanya itu saja, untuk Anda yang ingin memperpanjang paspor biasa 48 halaman elektronik dikenakan sebesar 650 ribu. Namun, untuk Anda yang ingin melakukan perpanjangan paspor dengan layanan tercepat.

Maka, Anda perlu mengeluarkan uang sebesar 1 juta rupiah. Biaya sebesar itu belum termasuk dengan penerbitan paspor. Untuk memperpanjang paspor yang hilang secara online dengan menggunakan aplikasi paspor online.

Maka, Anda dikenakan biaya denda sebesar 1 juta rupiah. Untuk Anda yang ingin memperpanjang paspor yang telah rusak. Maka, akan dikenakan denda sebesar 500 ribu rupiah.

Anda dapat memperpanjang beberapa paspor yang mengalami kerusakan serta hilang di aplikasi paspor online ini. Sementara itu, untuk Anda yang mengalami kehilangan dan kerusakan paspor akibat bencana alam.

Maka, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya atau terbilang gratis. Hal ini terjadi akibat telah ditetapkan oleh instansi yang berwenang.

Pengambilan paspor

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan dalam membuat paspor di aplikasi paspor online adalah pengambilan paspor. Setelah melakukan pembayaran, maka Anda dapat langsung kembali ke kantor imigrasi untuk memberikan bukti pembayaran paspor.

Setelah itu, maka Anda dapat menerima paspor yang telah Anda buat setelah paspor berhasil dibuat.

Cara Unduh M Paspor

Siapkan perangkat

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan dalam mengundub aplikasi  adalah siapkan perangkat. Perangkat menjadi salah satu hal yang cukup penting untuk Anda siapkan.

Ada beberapa banyak perangkat yang dapat Anda gunakan dalam mengunduh aplikasi yang satu ini. Beberapa perangkat yang dapat Anda gunakan tersebut antara lain adalah PC, ponsel, dan lainnya.

Sambungkan koneksi internet yang baik

Sambungkan koneksi internet yang baik menjadi hal yang penting untuk Anda lakukan dalam mengundub aplikasi paspor online. Hal ini dikarenakan tanpa adanya paket data. Maka, Anda tidak akan dapat mencari situs untuk mengunduh aplikasi tersebut.

Cari situs terpercaya

Pada masa ini, mencari situs terpercaya menjadi hak yang sulit dilakukan. Namun, Anda dapat menemukan situs terpercaya dengan mudah apabila Anda mengetahui beberapa ciri ciri dari situs terpercaya yang tersebar di jelajah internet.

Unduh aplikasi

Langkah terakhir yang dapat Anda lakukan dalam mengunduh aplikasi paspor online adalah unduh situs terpercaya. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka situs terpercaya yang telah Anda temukan di jelajah internet.

Selanjutnya, Anda dapat langsung mencari aplikasi buat paspor online yang satu inj di situs terpercaya. Setelah itu, Anda dapat langsung menekan tombol unduh yang ada di layar Anda. Bila pengunduhan aplikasi yang satu ini telah berhasil.

Maka, akan muncul sebuah notifikasi di layar ponsel Anda. Notifikasi yang muncul tersebut berisi tentang pengunduhan aplikasi telah berhasil Anda unduh.

Hal tersebut menjadi beberapa langkah maupun cara yang dapat Anda lakukan untuk mendaftar paspor di aplikasi paspor online. Tidak hanya bisa mendaftar aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memperpanjang paspor secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published.