Aplikasi Desain Grafis PC Gratis Terbaik

Aplikasi Desain Grafis PC Gratis Terbaik

Perkembangan dunia desain grafis cukup berkembang pesat. Aplikasi maupun software grafis kini sangat dibutuhkan oleh kalangan freelancer desainer atau orang-orang yang bekerja pada instansi. Aplikasi desain grafis PC gratis pun mulai bermunculan.

Sebenarnya aplikasi atau software desain grafis PC yang dari dulu begitu dipercaya adalah buatan Adobe dan Corel. Sayangnya, aplikasi tersebut hanya dapat dinikmati secara gratis beberapa kali saja (masa trial).

Akhirnya, tidak sedikit orang yang menggunakan versi ilegalnya walaupun itu akan cukup merugikan pihak pengembang. Tapi jangan khawatir, sekarang sudah banyak aplikasi desain grafis PC gratis yang dapat dicoba.

Sehingga, Anda lebih leluasa menggunakannya kapan pun tanpa perlu memikirkan habisnya masa trial. Lagipula fitur di dalam aplikasi desain grafis di PC gratis ini tidak kalah lengkap kok dengan yang versi berbayar.

Rekomendasi Aplikasi Desain Grafis PC Gratis Terbaik 2022

Dengan adanya aplikasi desain grafis PC gratis, Anda bisa membuat logo, vector, hingga desain lain sesuai kebutuhan. Tidak kalah dengan aplikasi atau software berbayar seperti Corel, Photoshop, atau lainnya. Berikut rekomendasi terbaiknya untuk Anda pilih:

Inkscape

Software atau aplikasi apa yang biasa Anda gunakan untuk desain grafis? Apakah Adobe Illustrator? Jika memang begitu, coba juga pakai Inkscape ini, karena secara keseluruhan punya banyak kemiripan.

Salah satu aplikasi satu ini sangat powerfull, apalagi jika Anda menggunakannya untuk membuat vector. Format yang dipakai pada aplikasi PC atau laptop ini adalah SVG.

Bagi yang kesehariannya sudah begitu mahir otak-atik vector, mungkin tidak akan kendala berarti ketika mengaplikasikan Inkscape ini. Selain itu, Inkscape sebenarnya juga bisa digunakan sebagai persiapan sebelum Anda menggunakan aplikasi lain yang lebih kompleks.

Seperti Corel Draw atau Adobe Ilustrator. Aplikasi desain grafis PC gratis ini compatible dengan Windows, Mac, serta Linux. Anda bisa segera mengunduhnya di website resmi untuk mencoba menggunakannya.

Inkscape punya banyak sekali kelebihan. Mulai dari aksesnya yang full gratis, drawing tools lebih flexible, cocok untuk penggunaan desain vector dan lainnya. Paling penting adalah ukuran Inkscape sangat ringan serta interface yang sederhana sehingga mudah dipahami.

Walaupun aplikasi  ini punya banyak keunggulan, bukan berarti tak ada kendala. Anda harus hati-hati saat membuat banyak projek sekaligus karena berpotensi berat. Selain ini masih terdapat bug sesekali walaupun tak cukup mengganggu.

Canva

Berikutnya, Anda juga boleh mencoba aplikasi atau software desain grafis yaitu Canva. Banyak pembuat poster yang lebih suka menggunakan Canva karena bisa sangat membantu pengerjaan. Walaupun aplikasi ini pun dapat diandalkan untuk proyek lainnya.

Seperti presentasi, invitation card, infografis, dan masih banyak lagi. Untuk menggunakan aplikasi desain grafis PC gratis ini, pengguna tidak perlu mengunduhnya terlebih dahulu. Anda hanya perlu menggunakannya langsung via website dengan koneksi internet.

Canva juga dibuat dengan interface yang sederhana. Sehingga, penggunannya memang disarankan untuk para pemula. Pengguna hanya perlu melakukan drag, menghapus, atau mengganti tanpa perlu bingung memilih tools mana yang dipakai.

Aplikasi  Canva ini sangat praktis. Selain itu tersedia banyak sekali template gratis. Pengguna dapat mengkustomisasi sendiri sesuai kebutuhan dengan bebas dan mudah.

Pada dasarnya, Canva ini tersedia dalam versi gratis. Hanya saja, apabila pengguna ingin menikmati fitur premium yang lebih lengkap juga boleh beli yang versi berbayarnya. Silahkan kunjungi situs resmi Canva untuk mendapatkan aplikasi desain grafis PC ini.

GIMP

Aplikasi lainnya yang juga layak direkomendasikan adalah GIMP. Kalau Anda lihat dari tampilannya, GIMP ini sangat mirip dengan Photoshop. Memang aplikasi ini adalah versi gratis dari software Photoshop yang berbayar.

Photoshop akan menyimpan hasil kerja desain dalam format PSD. Berbeda dengan aplikasi GIMP ini biasa save lembar kerja pengguna ke format XFC. Mau menyimpan dalam format lain juga masih bisa kok.

Mulai dari RAW atau seperti Photoshop yaitu PSD masih dapat dimungkinkan. Keunggulan dari aplikasi desain grafis PC gratis ini juga sangat banyak. Diantaranya adalah bukan hanya dapat diinstall untuk penggunaannya.

Anda juga bisa mengaplikasikanya secara online dengan bantuan koneksi internet. Anda mungkin merasa sangat nyaman. Bisa mendesain grafis seperti layaknya menggunakan Photoshop, tapi gratis dan hanya perlu buka website saja.

Ketika Anda menggunakan aplikasi ini pun dapat dihubungkan langsung ke perangkat smartphone. Apabila mau mengaplikasikannya langsung ke perangkat smartphone pun bisa, karena juga terdapat versi mobile-nya.

Walaupun khusus untuk versi mobile atau online mungkin masih perlu dilakukan perbaikan di beberapa bagian. Tapi Anda akan sangat nyaman menggunakan versi PC dengan sejuta keunggulan.

GIMP memang merupakan software atau aplikasi desain grafis PC gratis. Tapi, pengembang juga menyediakan yang versi berbayarnya dengan harga $ 7 per bulannya. Dengan versi berbayar, tentu fitur yang dapat dinikmati juga makin lengkap.

SVG-Edit

Berikutnya, bisa jadi Anda belum pernah mendengar atau bahkan mencoba aplikasi SVG-Edit ini. Padahal software atau aplikasi desain grafis PC satu ini begitu direkomendasikan buat Anda terutama kalangan pemula.

Pasalnya, aplikasi  ini dilengkapi dengan interface sederhana sehingga begitu mudah dipahami. SVG-Edit ini berbasis website sehingga Anda tidak perlu mengunduhnya dulu sebelum mengaplikasikan.

Selain itu, tersedia tools online yang sifatnya open source. Anda dapat mengaksesnya bukan dari situs resmi software atau aplikasi. Melainkan langsung melalui website pengembang sendiri yaitu GitHub.

Aktivitas desain vector akan sangat mudah pakai SVG-Edit ini. Pasalnya terdapat banyak sekali tools-tools dari yang mendasar sampai kompleks. Berbeda dengan aplikasi  sebelumnya yaitu Canva yang menyediakan banyak pilihan template.

SVG-Edit ini tidak ada pilihan template sama sekali. Sehingga, pengguna justru lebih bebas berkreasi untuk menentukan ide desain grafis sesuai kebutuhan. Fitur-fitur di dalamnya juga sangat lengkap.

Software atau aplikasi desain grafis PC gratis ini memiliki fitur seperti freehand, polylines, zoom, lines, dan masih banyak lagi. Output hasil kerja desain grafis juga dapat dipilih sendiri dengan banyak format seperti SVG, JPG, WMP, PNG, dan lainnya.

Blender

Bagi para desainer 3D kemungkinan besar sudah tidak begitu asing lagi dengan aplikasi Blender ini. Blender adalah pilihan aplikasi desain 3D terpopuler. Aplikasi ini juga sering digunakan untuk keperluan iklan outdoor hingga desain website.

Bahkan, aplikasi  ini juga dapat Anda manfaatkan untuk membuat model tidak nyata seperti monster. Pasalnya, di dalam Blender sendiri dilengkapi dengan banyak fitur modelling, UV, VFX, Video Editing, rendering, dan lainnya.

Daya tariknya dari Bleder apalagi kalau bukan gratis. Apalagi sifatnya open source serta ukurannya yang ringan sehingga tidak begitu membutuhkan banyak memori penyimpanan. Anda dapat mengunjungi situs resminya untuk mengunduh serta mencoba menggunakannya.

Itu dia tadi rekomendasi aplikasi desain grafis PC gratis terbaik. Apakah Anda tertarik untuk menggunakan salah satunya? Atau justru sudah pernah menggunakan semuanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.