16 Kelebihan dan Kekurangan Pada OS Android

16 Kelebihan dan Kekurangan Pada OS Android

16 Kelebihan dan Kekurangan Pada OS Android – Android merupakan salah satu sistem operasi yang paling populer saat ini. Hampir seluruh jajaran smartphone dikembangkan dan dibawa ke pasar dengan sistem operasi Android. Hal ini dikarenakan sistem operasi Android merupakan sistem operasi yang memiliki banyak keunggulan. Apa kelebihan dari sistem operasi Android ini?

Di bawah ini adalah beberapa keunggulan sistem operasi Android;

Kelebihan dari sistem operasi Android

Ini adalah sistem operasi open source, sehingga mudah bagi pengembang ponsel untuk mengembangkannya
Keunggulan pertama dari sistem operasi Android ini adalah sistem operasinya yang open source. Hal ini dikarenakan Android merupakan sistem operasi yang berbasis Linux dan oleh karena itu merupakan salah satu sistem operasi yang paling mudah untuk dikembangkan karena memiliki sistem open source.

Pengembang dan pengembang telah membuatnya sangat mudah untuk mengoptimalkan dan mengembangkan sistem operasi ini untuk smartphone yang mereka buat. Jadi bisa jadi sebuah smartphone memiliki fungsi sistem operasi Android yang berbeda dengan smartphone lainnya.

1. Mudah disesuaikan dan diubah

Tidak hanya developer profesional yang mengembangkan sistem operasi Android untuk smartphone tertentu, penghobi sistem operasi juga dapat dengan mudah mengadaptasi sistem operasi Android ini. Mulai dari penyesuaian ROM hingga penyesuaian overclocking sistem operasi, yang mempengaruhi kinerja smartphone Android sehingga bisa dilakukan lebih cepat. Bagi Anda yang masih amatir, Anda masih bisa melakukan sedikit penyesuaian untuk perangkat Android Anda seperti: B. mengubah layar kunci, ikon khusus, font, aplikasi, dll.

2. Perangkat Android memiliki harga yang berbeda-beda, dari yang termurah hingga yang termahal

Mungkin dulu smartphone hanya bisa dimiliki oleh orang-orang tertentu karena harganya yang mahal. Namun berkat hadirnya sistem operasi Android, handphone atau smartphone menjadi salah satu barang yang menjadi kebutuhan sekunder, bahkan mungkin kebutuhan primer, karena memiliki banyak fungsi dan harganya yang sangat murah.

Hanya dengan 500.000, Anda sudah bisa memiliki smartphone dengan kemampuan OS Android. Sangat menarik bukan? Begitu juga dengan harga yang lebih tinggi. Varian harga smartphone dengan sistem operasi Android sangat beragam.

3. OS Android dapat berjalan pada berbagai spesifikasi perangkat keras

Keunggulan lain dari sistem operasi Android adalah sangat fleksibel. Ya, sistem operasi Android merupakan sistem operasi yang tidak rewel. Dan dapat disematkan pada perangkat keras dengan spesifikasi apapun. Mulai dari spesifikasi hardware low-end dan low-end hingga spesifikasi hardware high-end dan high-spec dapat dikendalikan dan juga dijalankan oleh sistem operasi Android ini. Hal ini tentunya menjadi salah satu keuntungan bagi OS Android karena banyak atau setidaknya beberapa sistem operasi yang sulit untuk dijalankan dan digunakan jika tidak memiliki spesifikasi hardware yang memadai.

4. Dukungan aplikasi yang sangat beragam

Manfaat lain, dan tampaknya menjadi salah satu hal yang membuat sistem operasi Android ini begitu luar biasa dan banyak diminati oleh pengguna, adalah mendukung banyak aplikasi. Tentunya hal ini tidak terlepas dari keadaan dan keadaan sistem operasi Android yang bersifat open source.

Hal ini memungkinkan pengembang untuk mengembangkan aplikasi berdasarkan kode sumber Android. Tidak seperti sistem operasi seluler lainnya, ini bisa sangat sulit digunakan. Jadi ketika Anda masuk ke Play Store, Anda akan sangat dimanjakan dengan ribuan aplikasi yang akan sesuai dengan kebutuhan Anda sehari-hari.

5. Mudah dipahami sehingga dapat diperbaiki jika terjadi kegagalan sistem

Keunggulan selanjutnya dari sistem operasi Android adalah cukup mudah dipahami. Ya, OS Android merupakan sistem operasi yang cukup sederhana dan mudah digunakan. Hal ini membuat banyak pengguna yang menggunakannya. Tentu saja, dengan mudahnya pengguna memahami sistem operasi Android, ini membantu pengguna memecahkan masalah seperti pengguna biasa dapat belajar memecahkan masalah pada ponsel cerdas yang menjalankan Android, meskipun masih merupakan pemecahan masalah dasar.

6. Dapat digunakan di banyak perangkat elektronik

Keunggulan selanjutnya dari sistem operasi Android adalah dapat diaplikasikan ke berbagai jenis perangkat, mulai dari smartphone, tablet, mini PC, jam hingga unit utama kendaraan dan TV LED. Hal ini tentunya menjadi salah satu keunggulan sistem operasi Android dibandingkan sistem operasi lainnya. Dengan sistem operasi di perangkat elektronik Anda, misalnya televisi, ini mengubah televisi Anda menjadi televisi SMART tanpa harus merogoh kocek karena Anda harus membayar lisensi tertentu.

7. Dikembangkan oleh salah satu raksasa telekomunikasi terbesar di dunia, yaitu Google

Salah satu kelebihan lain dari sistem operasi Android adalah dijamin bisa berkembang. Hal ini dikarenakan sistem operasi Android dikembangkan oleh salah satu raksasa teknologi terbesar dunia, Google, Inc. Google telah miskin di dunia internet, komunikasi, dan komputasi selama bertahun-tahun.

Hal ini tentunya menjadikan Google sebagai salah satu perusahaan yang sangat peduli dengan teknologi sehingga tidak perlu diragukan lagi sistem operasi Android yang satu ini. Perkembangan selanjutnya dari sistem operasi Android juga dijamin, karena sangat cepat dan juga sering diupdate atau diupdate oleh Google.

8. Mempunyai sistem operasi yang cepat dan responsif

OS Android adalah salah satu sistem operasi smartphone tercepat dan paling responsif. Hal ini dipengaruhi oleh spesifikasi dan juga kualitas hardware yang digunakan, namun secara statistik, sistem operasi Android sebenarnya merupakan sistem operasi yang cukup cepat dan responsif.

Hal ini menjadikan sistem operasi Android salah satu yang terbaik untuk kebutuhan hiburan dan bisnis. Juga, jika Anda tidak puas, ada opsi untuk menyesuaikan sistem operasi Android Anda sehingga Anda dapat merasakan kemampuan Android yang lebih cepat.

Kekurangan OS Android

1. Harus terhubung ke internet

Sistem operasi Android tampaknya memerlukan koneksi internet aktif. Misalnya, ini adalah persyaratan minimum untuk koneksi internet GPRS agar perangkat dapat online sesuai kebutuhan pengguna.

2. Terlalu banyak iklan yang terlihat sangat mengganggu

Sebenarnya banyak sekali aplikasi Android yang gratis untuk digunakan, namun seringkali aplikasi yang digunakan akan menampilkan iklan yang cukup mengganggu.

3. Baterai lumayan boros

Baterai smartphone dengan sistem Android sangat boros dibandingkan dengan sistem operasi lainnya, hal ini disebabkan banyaknya proses yang berjalan di background dan cepat kehabisan daya baterai.

4. Sistem bekerja dengan cukup berat

Sistem operasi Android bekerja cukup keras. Hal ini tentu saja mempengaruhi RAM dan ROM yang digunakan. Jika Anda menggunakan smartphone dengan harga murah, spesifikasi rendah, dan memori kecil, sistem ini pasti akan berjalan lambat. Salah satu solusinya adalah membeli smartphone dengan memperhitungkan jumlah RAM dan kapasitas ROM yang Anda miliki sebagai prioritas Anda.

5. Tidak kompatibel dengan perangkat keras yang rusak

Ketika sistem operasi Android digabungkan dengan perangkat keras berkualitas buruk, responsnya menjadi lebih lambat dan lebih lambat karena terkait dengan ROM, RAM, dan kapasitas prosesor. Pilih smartphone kelas menengah atau atas dengan sistem operasi Android yang mudah digunakan jika Anda hemat waktu.

Meski memiliki banyak kelebihan, ternyata sistem operasi Android juga memiliki beberapa kelemahan dan kekurangan. Di bawah ini adalah beberapa kelemahan dan kekurangan dari sistem operasi Android.

6. Memiliki proses kerja sistem yang cukup berat, sehingga memakan RAM yang cukup banyak

Kelemahan pertama dari sistem operasi Android adalah proses kerja sistem yang cukup berat. Ini menciptakan cukup banyak memori, menggunakan RAM dan ROM. Jika Anda memiliki smartphone dengan kapasitas RAM dan ROM yang rendah, hal ini pasti akan terhambat. Namun belakangan ini sistem operasi Android versi terbaru sudah mulai mengoptimalkan penggunaan kapasitas RAM-nya, meski berbeda dengan Windows Phone masih tergolong sistem operasi yang berat.

7. Saat dihadapkan dengan spesifikasi perangkat keras yang buruk, terkadang menjadi kurang responsif

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, hal ini membuat sistem operasi Android Anda sedikit lambat dan juga kurang responsif jika Anda memiliki smartphone atau perangkat dengan spesifikasi yang kurang berkualitas. Hal ini terkait dengan kapasitas RAM, ROM, dan kecepatan prosesor yang sedang digunakan pada smartphone atau perangkat Anda.

8. Sistem operasi khusus seringkali tidak stabil dan tidak optimal

Meskipun ini adalah sistem operasi yang dapat disesuaikan, itu tidak berarti bahwa sistem operasi Android sempurna. Terkadang sistem operasi Android yang disesuaikan dapat menjadi tidak stabil dan tidak responsif, yang pada gilirannya dapat menyebabkan perangkat keras Anda menjadi lebih panas dan kapasitas memori “bocor” lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.