Untuk Apa Emas digunakan? Simak 10 Kegunaannya

Adapun kegunaan emas atau logam mulia, tentunya emas memiliki banyak kegunaan di masyarakat.

Selain itu juga memiliki harga jual yang tinggi sehingga menjadi incaran banyak orang. Kebanyakan orang hanya tahu bahwa logam mulia digunakan sebagai persiapan atau investasi, tetapi ada banyak manfaat di luar itu.

Oleh karena itu, tidak hanya digunakan untuk membuat cincin, kalung atau gelang.

Ingin tahu kegunaan emas dalam kehidupan manusia? Berikut ulasan singkat tentang 10 manfaat kehidupan sehari-hari.

Apa itu Logam Mulia atau Emas?

Sebelum kita membahas kegunaan emas, terlebih dahulu kita perlu mengetahui apa itu logam mulia.

Logam mulia adalah logam dengan transisi halus, kekuningan, mengkilap. Emas ialah unsur kimia dengan simbol Au bernomor atom 79.

Baca Juga:  Berinvestasi dalam Aplikasi Investasi Terbaik untuk Millenial

Logam mulia tidak bereaksi terhadap bahan kimia lain, tetapi klorin, fluor, dan aqua regia dapat menyerang bahan kimia bertekstur lunak ini.

Logam mulia diproduksi dengan cara menggali di tambang dan hanya diproduksi di daerah tertentu.

Di Indonesia, logam ini banyak ditemukan di Papua, Maluku, Jawa dan Sumatera. Eksplorasi sumber daya mineral ini dilakukan oleh perusahaan lokal, dalam dan luar negeri.

Saat ini, Indonesia merupakan salah satu dari lima produsen emas terbesar dunia. Oleh karena itu, sementara pengolahannya sendiri masih sangat kecil, permintaan akan bahan pokok di Indonesia sangat tinggi.

Untuk Apa Emas digunakan? Inilah 10 di Antaranya

Selama ini, Anda mungkin hanya tahu bahwa emas dapat dibuat menjadi perhiasan, dan ternyata 52% di antaranya digunakan untuk perhiasan.

Logam mulia juga mudah dijual kembali, sehingga bagi sebagian orang dijadikan sebagai tabungan.

Namun, selain kedua manfaat tersebut, masih banyak manfaat lainnya. Berikut 10 manfaatnya:

1. Mata uang

Sebelum adanya uang hari ini, orang dahulu menggunakan logam sebagai alat tukar. Dari tembaga, perak, hingga emas, digunakan oleh orang dahulu sebagai alat tukar dalam bentuk ukiran.

Baca Juga:  Temukan 6 Area Penambangan Emas Terbesar di Indonesia

2. Pelapis bangunan

Apa kegunaan lain dari emas? Dengan kata lain, itu adalah bahan yang melapisi bagian luar bangunan. Karena dahulu kala logam kuning ini merupakan simbol kekayaan, kejayaan dan kekuasaan.

3. Elemen Pesawat

Anda mungkin tidak tahu bahwa Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA) menggunakan logam mulia untuk melapisi pesawat dan sirkuit mesin yang dikirim ke luar angkasa.

Hal ini disebabkan berbagai sifat alami seperti ketahanan radiasi, ketahanan karat, dan konduktivitas listrik.

4. Investasi jangka panjang

Apa kegunaan emas saat ini untuk menarik orang agar membeli? Artinya, sebagai investasi, harganya semakin tinggi.

Kebanyakan orang menyimpannya sebagai perhiasan dalam bentuk keripik atau batangan. Selain itu, banyak bank dan lembaga lain menawarkan jenis tabungan lain untuk membantu nasabah menabung sedikit demi sedikit.

5. Obat-obatan

Pada 2500 SM, tabib Cina menggunakan logam mulia untuk mengobati cacar atau penyakit kulit lainnya.

Baca Juga:  Ini Hanya Mitos. 5 Hal yang Tidak Harus Anda Percayai Tentang Investasi Emas

Orang Romawi kuno juga menggunakannya sebagai salep kulit. Di zaman modern, logam mulia terutama digunakan untuk perawatan medis seperti transplantasi dan peradangan.

6. Komputer

Karena dikenal sebagai konduktor yang baik, logam mulia banyak digunakan pada perangkat elektronik, salah satunya adalah komputer. Itu dapat ditemukan pada chip komputer karena dapat membantu dalam proses menerima informasi.

7. Ponsel

Apa kegunaan lain dari emas? Artinya, produsen smartphone. Ponsel Anda saat ini mengandung setidaknya 50 mg logam mulia. Intinya meminimalkan karat dan korosi.

8. Tambalan gigi

Berbagai masalah gigi seperti gigi berlubang, gigi tanggal, gigi tidak rata, dan rahang yang tidak rata dapat diobati dengan menggunakan logam mulia dan telah dipraktekkan selama lebih dari 3000 tahun.

9. Berbagai produk kecantikan

Anda mungkin pernah melihat iklan di TV untuk produk kecantikan yang mengandung emas. Ini karena mengandung bahan-bahan seperti mempromosikan pertumbuhan kolagen dan mencegah penuaan.

10. Dekorasi Makanan

Makanan dengan topping emas kini populer berupa daun, remah-remah, dan lainnya. Tentu saja harganya cukup mahal karena menggunakan emas yang bisa dimakan.

Dengan demikian, keindahan logam mulia adalah tidak hanya digunakan sebagai perhiasan untuk mempercantik penampilannya, tetapi juga memiliki banyak keunggulan lainnya.

Apa kegunaan emas yang Anda pilih, gunakan atau konsumsi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *