Tips Mengatasi Penagihan Hutang Yang Bermasalah

Tips Mengatasi Penagihan Hutang Yang Bermasalah

Tips mengatasi penagihan hutang yang bermasalah – Siapa bilang penagihan adalah bisnis yang mudah? Cukup banyak loh, para pebisnis harus bangga bahwa tuntutan mereka tidak akan pernah diterima di masa depan. Jika mengingat kasus ibunda Febi Nur Amalia yang malah dijerat hukuman dua tahun penjara karena metode pengadaannya yang dinilai memfitnah, itu semakin membuktikan rumitnya proses tersebut. Jelas, masalahnya menjadi lebih rumit, terutama dalam hal penagihan utang.

Jika Anda terus mengalami masalah penagihan utang, sayangnya akan berdampak negatif pada kesehatan keuangan perusahaan. Arus kas menjadi terhambat dan akhirnya dapat berkembang menjadi kegiatan operasional yang tidak dapat dilakukan dengan baik. Juga, jika modal perusahaan pas-pasan. Oleh karena itu, selain pemilihan pelanggan yang selektif kepada siapa klaim diajukan, penting juga bagi kami untuk mengenali keterbatasan perusahaan dalam masalah penagihan.

SEDANG TREND :  10 Usaha Modal Kecil Untung Besar di 2021

Baca Juga : 6 Cara Kelola Keuangan Bisnis Pinjaman UMKM Agar Cepat Lunas

Sistem internal perusahaan yang lemah

Mulai dari sistem administrasi, pengawasan dan laporan kredit (piutang) harus terintegrasi dengan rapi. Meningkatnya jumlah transaksi yang terjadi terkadang membutuhkan waktu, tenaga, dan pemikiran yang matang melalui piutang untuk mengatasi manufaktur untuk melacak faktur yang dikeluarkan. Belum lagi memilah dan memilih mana yang dibayar dan mana yang tidak.

Masalah tidak berhenti sampai di situ, pelanggan yang terkadang harus multitasking sering ditakuti oleh distorsi informasi. Keterlambatan penagihan dan keterlambatan pengiriman juga terkadang muncul karena ketidakakuratan dalam proses pengambilan keputusan. Misalnya, pelanggan belum menemukan kurir yang dapat diandalkan untuk mengirim faktur. Belum lagi masalah sepele lainnya, yaitu faktor “lupa” dalam menagih piutang dagang yang jatuh tempo.

SEDANG TREND :  5 Fitur Dukungan Modal Perusahaan untuk Bisnis Anda

Laporan kredit yang tidak jelas juga menjadi momok klaim. Data invoice yang tidak tersimpan dengan baik atau bahkan hilang juga bisa menjadi penyebabnya. Tentu saja hal ini juga berdampak pada kemungkinan penyimpangan dalam pelaksanaan prosedur peminjaman yang ditawarkan. Hal ini biasanya disebabkan oleh beberapa masalah, seperti dokumen fisik yang bisa cepat hilang dan rusak. Artikel ini memberikan tips dan trik agar berhasil mengatasi penagihan utang yang bermasalah.

Penagihan utang menjadi lebih sulit karena masalah dari mitra bisnis

Faktur bermasalah tidak hanya disebabkan oleh bagian internal perusahaan, tetapi juga berasal dari mitra bisnis. Paling sering Anda akan menemukan di lapangan bahwa perpanjangan periode pembayaran terkadang diminta. Baik itu karena alasan seperti bencana atau situasi keuangan konsumen. Bahkan, tak sedikit mitra bisnis yang kabur dan ragu untuk melunasi utangnya.

SEDANG TREND :  Memulai Bisnis Percetakan Dari Perencanaan Sampai Operasional 2021

Solusi yang pasti mungkin

Harus ada solusi untuk setiap masalah. Tentunya kendala yang sering dihadapi perusahaan dapat diminimalisir, terutama melalui penggunaan teknologi akuntansi (software). Melalui penggunaan perangkat lunak, data akuntansi yang semula tidak dicatat dan disimpan dengan baik, kini dapat diakses di mana saja dan kapan saja. Anda tidak perlu khawatir dengan biaya penyimpanan. Selain itu, penagihan dapat dilakukan kapan saja sesuai kebutuhan, disandingkan dengan kemudahan pembayaran digital, yang memungkinkan pelaku bisnis memulai dan menyelesaikan proses transaksi hanya dengan satu platform. Ini untuk mengatasi masalah penagihan utang.

SEDANG TREND :  Jangan Panik, Ikuti Cara ini Mengatasi Keluhan Pelanggan

Baca Juga : 20 Cara bisnis online Yang Lagi Trend di 2021

Dengan Paper.id, proses penagihan dapat berjalan lebih cepat dan risiko kredit macet dapat dikurangi hingga 72% melalui pembayaran invoice lebih awal. Dengan begitu, arus kas Anda akan tetap lancar tanpa repot menagih pelanggan Anda. Anda juga dapat memantau saldo tagihan setiap pelanggan serta proses pembayaran secara real time melalui dashboard, sehingga semua proses terpantau langsung.

Dengan cara ini, tim penjualan yang sebelumnya memiliki fungsi ganda untuk penjualan dan pembuatan faktur, dapat berkonsentrasi penuh pada penjualan produk. Keuntungan lebih besar dan perusahaan Anda dapat tumbuh lebih cepat dari sebelumnya. Klik di sini untuk melihat lebih banyak manfaat PaperTrade untuk proses penyelesaian bisnis Anda!

SEDANG TREND :  Panduan Sukses Membangun Usaha Beras untuk Pemula

Originally posted 2021-06-10 16:10:10.