Teknik SEO Terbaru Untuk Video Youtube 2022

Teknik SEO Terbaru Untuk Video Youtube 2022

Teknik SEO Terbaru Untuk Video Youtube – Menjadi seorang YouTuber sepertinya menarik banyak orang. Dimana profesi yang satu ini mampu memberikan keuntungan yang cukup besar.

Sangat cocok bagi anda yang suka di dunia online untuk menjalankan profesi yang satu ini. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa bisa menjadi youtuber.

Namun, menjadi YouTuber bukan hanya tentang mengunggah video YouTube. Ada banyak hal yang harus Anda pelajari di dalamnya. Seperti teknik SEO di YouTube.

Teknik yang satu ini cukup penting untuk Anda pahami agar channel dapat ditemukan dengan mudah melalui youtube. Peluang untuk menjadi yang teratas akan ada di channel Anda ketika Anda menerapkan teknik yang satu ini.

Terapkan teknik SEO dengan baik dan benar agar channel Anda bisa berkembang dengan baik. Selain itu, baca juga berbagai macam panduan yang telah ditentukan oleh youtube.

Ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus Anda ketahui agar tidak mengalami kendala saat mengupload YouTube.

Memahami SEO YouTube

YouTube digunakan untuk promosi, branding, atau monetisasi melalui iklan dan situs web. Lalu lintas tinggi ke video dan tampilan iklan Anda diubah menjadi pendapatan dan dapat diklaim kembali secara berkala.

Jika video Anda memiliki jumlah penayangan yang tinggi, penghasilan Anda akan mengikuti. Itu sebabnya Anda perlu melakukan optimasi SEO YouTube.

SEO YouTube adalah langkah pengoptimalan untuk video yang Anda buat dan unggah di YouTube. Tujuan utama dari pengoptimalan ini adalah untuk membuat video Anda lebih mudah diakses oleh publik.

Kata kunci tertentu dapat menyebabkan video Anda muncul di bagian atas.

YouTube adalah mesin pencari seperti Google. Semua entri dalam database dapat ditemukan dengan kata kunci tertentu. Karena konsep ini sama dengan SEO website, video juga perlu dioptimalkan dengan memberikan kata kunci, tag, dll.

Jika Anda dapat mengoptimalkan video Anda dengan menerapkan teknik SEO, akan lebih mudah ditemukan di platform. Selain itu, mengingat platform ini juga dimiliki oleh Google, video dapat muncul di pencarian YouTube.

Anda dapat membaca lebih lanjut tentang panduan SEO YouTube di ulasan kami:

5 Langkah untuk Mengoptimalkan SEO YouTube 

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan SEO YouTube. Langkah-langkahnya terdiri dari:

  • Riset kata kunci
  • Buat video dengan kualitas terbaik
  • Pengoptimalan metadata
  • Promosi video
  • Manfaatkan YouTube Analytics

1. Riset kata kunci

Dalam panduan SEO YouTube, Anda juga mengetahui kata kunci atau kata kunci nama. Seperti halnya konten situs web Anda, Anda menempatkan kepadatan kata kunci tertentu, hingga kata kunci utama, turunan, sinonim, atau LSI Anda.

Kata kunci di YouTube menentukan lokasi konten yang Anda buat. Misalnya kata kunci “cara membuat sambal”. Kata kunci ini pasti kompetitif. Orang dengan lebih banyak tampilan dan lebih banyak pengikut akan berada di peringkat teratas.

Jika Anda ingin memaksimalkan konten video Anda yang telah atau akan dirilis, lihat panduan riset kata kunci kami di bawah ini.

Temukan kata kunci yang cocok dengan niche Anda

Jika Anda ingin terjun ke dunia YouTube secara profesional, hal pertama yang harus dipikirkan adalah niche atau tema yang Anda kuasai.

Misalnya, Anda dapat membuat ceruk dengan tema mobil dan kata kunci Anda mungkin tentang mobil, ulasan, dan pengujian. Sebaliknya, jika ceruk pasarnya adalah pariwisata, kata kunci yang terkait dengan destinasi bisa dihadirkan.

Kata kunci ini penting untuk menarik banyak pemirsa baru jika halaman YouTube Anda masih relatif baru. Jika Anda sudah lama aktif dan memiliki basis penggemar yang besar, mengunggah satu video saja bisa menjadi tren.

Tetapi jika Anda masih pemula, Anda harus bekerja dengan bijak untuk mendapatkan hasil maksimal dari kata kunci Anda.

Gunakan alat seperti Google Trends untuk melihat jenis kata kunci yang Anda targetkan dan frasa turunannya. Dengan alat ini Anda dapat melihat seberapa kuat persaingannya.

Ini juga akan menunjukkan berapa kali kata kunci Anda dicari setiap bulannya. Buat konten terstruktur dalam tolok ukur ini.

Baca Juga:  6 Tips menjadi Youtuber yang konsisten

Analisis Tren Terbaru

Lihat tab Tren di YouTube. Video nomor satu berikutnya dalam periode tertentu memiliki tema yang sama. Misalnya review kasus yang sedang heboh atau kejadian yang menghebohkan.

Dari situ Anda bisa melihat bahwa YouTube juga sedang tren dan Anda bisa mendapatkan banyak penonton dari tren itu.

Ada dua cara untuk melihat tren yang terjadi pada YouTube. Pertama dari fitur autocomplete yang ada di kolom pencarian.

Kedua dengan langsung melihat tab trends dan dibarengi melihat Google Trends. Kadang apa yang heboh di media sosial dan juga kenal berita online juga bisa diangkat.

Jadi, membuat video atau mengkolase berbagai informasi dan gambar agar menjadi video tidak sembarangan dilakukan. Anda mungkin bisa menciptakan tren tersendiri dari apa yang dibuat.

Namun, Anda juga bisa memanfaatkan tren itu untuk meningkatkan jumlah penonton dengan cepat.

Koleksi kata kunci Google

Sekitar 20-40% lalu lintas ke YouTube berasal dari penelusuran organik di Google. Mengingat bahwa porsi yang Anda cari di sana cukup besar, ada baiknya Anda mengkompilasi kata kunci dan niche populer yang Anda kembangkan.

Pengoptimalan lebih mudah ketika kata kunci yang tepat dan tren tambahan muncul. Namun, sebaiknya Anda terus membuat konten asli agar channel YouTube yang Anda buat tidak meniru atau terkesan meniru.

Pelajari Cara Melakukan Riset Kata Kunci

Buat video Anda dengan kualitas terbaik

Seperti Google, algoritme YouTube rumit dan sering berubah. Jika Anda menggunakan kata kunci yang sama, video Anda mungkin muncul di halaman pencarian kesepuluh dan yang lain mungkin berada di urutan teratas daftar.

Video di bagian atas pencarian YouTube adalah video yang dinilai paling relevan atau relevan dengan kata kunci.

Nah, ada baiknya mengetahui jenis video apa saja yang disukai YouTube sendiri, mulai dari riset kata kunci dan melakukan berbagai optimasi. Berikut lebih.

Peningkatan kualitas pengeditan

Selain itu, kualitas suntingan Anda akan menentukan apakah peringkat video Anda tinggi atau rendah.

Jika Anda masih belum pandai mengedit video, akan sulit untuk mendapatkan banyak views kecuali konten di dalamnya berjalan dari mulut ke mulut dan banyak orang ingin melihatnya.

Orisinalitas video dijamin

Ini kerja keras, tetapi penting untuk membuat konten asli. Jika Anda menjiplak, YouTube akan mengurusnya.

Apalagi jika Anda memiliki konten video atau musik yang memiliki hak cipta. Anda tidak dapat segera menghentikan atau memonetisasi platform.

Jangan menggunakan cara instan. Kami menyarankan Anda membuat konten asli yang berkualitas.

Selama Anda mengoptimalkannya dengan baik dan menerapkan berbagai langkah SEO YouTube dengan terampil, video Anda akan mendapatkan banyak penayangan.

Perhatikan periodenya

Durasi video menentukan apakah konten mudah terindeks dengan kata kunci tertentu. Beberapa orang yang dimonetisasi selalu membuat video lebih dari 5 menit. Video dengan durasi ini juga memiliki syarat monetisasi yang diajukan oleh Adsense.

Buat thumbnail lucu

Kemasan video harus menarik dan menyertakan orang yang ingin tahu. Paket ini berisi thumbnail video.

Unggah videoAnda tanpa bagian ini, lalu jangan publikasikan. Anda bisa memasukkan kata-kata click-bait atau konten menarik dari sebuah video di bagian ini.

Pertimbangkan selera audiens Anda

Anda membutuhkan video berkualitas tinggi yang disukai banyak orang dan akhirnya ingin dibagikan atau ditonton berkali-kali.

Semakin banyak video yang ditonton YouTuber, semakin baik indeks video tersebut. Jika Anda menggunakan kata kunci yang sama, video Anda akan dengan mudah muncul di halaman awal pencarian YouTube.

Semakin banyak pelanggan yang Anda miliki, semakin besar kemungkinan Anda untuk muncul di bagian atas daftar. Selain mengelola video Anda, awasi pemirsa Anda untuk membangun loyalitas dan membuat mereka terus datang dengan konten baru.

Pengoptimalan metadata

Banyak kata kunci atau kata kunci telah dikatakan dalam diskusi sebelumnya. Namun, Anda masih tidak tahu di mana harus meletakkan kata kunci itu. Apakah harus dalam video atau deskripsi, keterangan, tag, dll.?

Bagian ini menjelaskan bagaimana optimasi SEO YouTube dilakukan dan di mana kata kunci ditempatkan. Berikut ulasan lengkapnya:

Masukkan kata kunci ke dalam judul

Aturan judul dan kata kunci juga berlaku untuk video yang diunggah ke YouTube. Anda harus membuat judul yang menyertakan kata kunci, turunan, atau sinonim.

Kata kunci dalam judul digunakan sebagai umpan dalam pencarian. Semakin relevan judul dan kata kunci Anda, semakin besar kemungkinan mereka akan muncul di halaman pertama.

Kata kunci sebanyak mungkin ada di beberapa huruf pertama. Biasanya ada batas sekitar 60 karakter. Di luar itu, judul secara otomatis terpotong dari hasil pencarian YouTube. Hal ini sangat disayangkan, apalagi jika kontennya berkualitas tinggi.

Selanjutnya usahakan memiliki judul yang mengandung kata kunci yang berhubungan dengan konten video.

Video Anda dapat diturunkan atau ditandai jika tidak relevan dan Anda hanya bermain dengan click bait. Pertahankan konten yang disajikan dan relevan, bahkan dengan umpan klik.

Baca Juga:  Algoritme dan Cara Kerja Youtube

Optimalkan deskripsi video

Selain judul, kata kunci target juga harus muncul di deskripsi. Dalam kedua kasus tersebut, jangan biarkan kolom deskripsi kosong hingga 1.000 karakter.

Bergantung pada videonya, berikan deskripsi atau masukkan ajakan bertindak (CTA) atau undangan.

Saat menulis deskripsi Anda, sertakan kata kunci target Anda dalam 100 karakter pertama atau dalam 2-3 baris pertama.

Bagian tersebut akan muncul di video sebelum penonton mengklik kata “see more”. Coba kata kunci, CTA, atau hal penting lainnya di bagian itu.

Beberapa orang bahkan memberikan transkrip kata-kata dari video tersebut. Anda juga dapat memasukkan kata kunci yang sesuai di sana. Lakukan dengan akurat dan hati-hati, serta pastikan kata kunci target Anda tidak ceroboh atau salah eja.

Masukkan tag yang benar

Kata kunci disertakan dalam judul serta deskripsi. Optimalisasi mesin juga harus dilakukan. Anda juga harus memasukkan kata kunci dalam tag Anda yang cocok dengan video Anda dan kata kunci terkait lainnya.

Tag membantu Google dan YouTube memahami konteks video. Memaksimalkan kata kunci untuk dua hal ini dapat membuat pengoptimalan Anda berjalan dengan lancar.

Berikan hashtag yang sesuai

Selain tag yang tidak terlihat secara eksternal, Anda juga harus menyertakan tagar atau tagar yang sesuai. Hashtag ini muncul di bagian atas judul dalam bentuk hash diikuti dengan berbagai kata yang sesuai.

Saat Anda mengklik tagar, YouTube akan menampilkan video dengan tagar serupa untuk membuat pencarian Anda lebih spesifik.

3.5. Buat thumbnail agar sesuai dengan konten video
Teknologi dari Google dan turunannya, termasuk YouTube, sangat canggih dan dapat mengenali objek seperti yang Anda tulis di gambar. Jadi, ada baiknya untuk menempatkan kata kunci atau kata kunci terkait di thumbnail Anda. Letakkan secara proporsional dan jangan berlebihan.

Promosikan video Anda

Setelah melakukan berbagai cara SEO YouTube di atas, apakah sudah selesai? jawaban saya tidak Ada banyak hal yang perlu dilakukan untuk menarik banyak penonton video.

Hal ini dilakukan melalui promosi. Berikut adalah beberapa cara untuk mempromosikan video yang tepat.

Penggunaan media sosial yang tepat

Media sosial memainkan peran penting dalam semua bentuk pemasaran konten, termasuk video. Bagikan saja di media sosial seperti Twitter atau Instagram.

Berikan tautan dan adegan video dengan ringkasan atau bagian yang mungkin membuat orang penasaran.

Dengan begitu, mereka akan tertarik dengan klik. Metode ini tidak sepenting pencarian organik YouTube sendiri, tetapi sangat efektif.

Buat komunitas

Jika saluran atau saluran Anda sudah besar dan memiliki basis penggemar yang besar, ada baiknya Anda mulai berkomunikasi.

Anda dapat membalas di kolom komentar atau, jika kontennya banyak, tinggalkan balasan sebagai tanda bahwa interaksi sedang berlangsung.

Iklan video

Tentu saja, memposting saja tidak cukup jika video yang dihasilkan digunakan untuk kampanye produk yang menghabiskan banyak uang.

Tujuannya untuk mendapatkan banyak jangkauan, sehingga Anda dapat menerapkan iklan. Anda dapat mempromosikan video Anda melalui layanan periklanan Google AdSense.

Google AdSense memungkinkan Anda memutuskan di mana iklan Anda akan muncul, salah satunya adalah YouTube.

5. Peringkat video YouTube

Setelah melakukan 4 langkah di atas, ada satu langkah lagi yang kurang penting: Menilai. Anda harus menilai setiap video yang Anda publikasikan.

Bagaimana cara menilai video YouTube di saluran saya?

Jangan khawatir. YouTube sudah menyediakan alat analitik. Cukup buka YouTube Studio, arahkan kursor ke kiri dan klik Analisis. Anda dapat menemukan gambar seperti ini:

Dari sana Anda bisa mendapatkan analisis data untuk semua video Anda. Penayangan, waktu tonton, pelanggan, jangkauan setiap video, dan keterlibatan setiap video.

Dengan data ini, Anda dapat menganalisis apa yang perlu ditingkatkan saat membuat video berikutnya. Jadi, kami tidak berencana membuat video hanya berdasarkan asumsi, kami berencana untuk mendasarkannya pada data dari video sebelumnya.

Teknik SEO Terbaru Untuk Video Youtube

Beberapa teknik SEO YouTube terbaru yang harus Anda terapkan antara lain sebagai berikut!

Kualitas video

Salah satu teknik SEO YouTube yang harus Anda kuasai adalah dari segi kualitas video yang diunggah. Ada banyak hal yang perlu Anda pelajari tentang kualitas video YouTube.

Sebaiknya Anda mengutamakan kualitas yang jelas dan dapat dilihat orang. Sehingga pengunjung akan mengetahui maksud dari video yang Anda tampilkan melalui channel YouTube Anda.

Selain itu, Anda juga harus menguasai pengeditan video. Hal ini juga dapat mempengaruhi kualitas video dengan mengeditnya agar hasilnya lebih baik dari video asli yang Anda rekam.

Dengan teknik yang satu ini mampu memberikan kenyamanan bagi siapa saja yang melihatnya. Kualitas video adalah salah satu teknik yang paling penting untuk Anda terapkan dalam membuat konten video.

Baca Juga:  Langkah Awal Menjadi Youtuber Profesional

Baca Juga : Tips Menggunakan Kata Kunci Video Youtube

Riset Kata Kunci

Riset kata kunci di YouTube memiliki tujuan agar video Anda berada di urutan teratas dan mudah ditemukan orang menggunakan kata kunci.

Biasanya seseorang akan mencari video melalui kolom pencarian, Anda dapat menemukannya dengan mudah melalui kata kunci yang Anda inginkan.

Seperti halnya kata kunci “cara membuat seblak”, akan muncul berbagai video yang membahas tentang cara membuat seblak.

Anda harus menerapkan ini agar orang yang mencari video melalui YouTube dapat menemukan konten Anda. Anda bisa melakukan riset kata kunci dengan sangat mudah tentunya.

Banyak dari mereka yang telah membuktikan keberhasilannya dalam menerapkan teknik SEO ini.

Untuk menentukan kata kunci cukup mudah, Anda bisa memahami isi video Anda dan menentukan apa yang mudah dicari orang untuk melihat video Anda nanti.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan alat bantu untuk menentukan kata kunci yang akan digunakan.

Tentukan Judul dan Deskripsi

Salah satu teknik SEO yang paling penting untuk Anda terapkan selanjutnya adalah menentukan judul dan deskripsi. Pada tahap ini merupakan metode yang cukup penting karena judul dan deskripsi akan menjadi acuan bagi mereka yang mengunjungi sebuah youtube.

Seperti judulnya, orang pasti akan membaca judulnya ketika ingin melihat isi videonya. Melalui judul akan memberikan daya tarik tersendiri bagi orang untuk mengkliknya.

Oleh karena itu, Anda harus menentukan judul yang tepat dengan baik dan benar. Pastikan Anda telah mengaturnya sesuai dengan kata kunci yang digunakan dalam mengunggah video.

Selain judul, ada juga deskripsi yang harus Anda isi sebelum mengunggah video youtube. Deskripsi itu sendiri merupakan bagian penting yang berisi informasi singkat tentang video yang diunggah.

Kamu bisa membuatnya sedetail tapi sesingkat mungkin agar orang tidak salah paham dengan video yang kamu upload. Dengan deskripsi yang tepat tentu akan membuat konten Anda lebih efektif.

Jika Anda sudah mengisi judul dan deskripsi dengan baik, maka akan sangat efektif agar video Anda mudah ditemukan. Hal ini mempengaruhi tingkat SEO pada konten yang Anda buat saat membuat judul dan deskripsi sesuai standar SEO.

Baca Juga : Cara Menyematkan Iklan di Video Youtube

Menambahkan Tag Kata Kunci

Tag kata kunci sangat penting untuk Anda terapkan sebagai salah satu teknik SEO yang perlu dikuasai. Tag di YouTube ini nantinya akan dibaca oleh mesin YouTube dan Anda perlu menggunakan tag yang benar agar video menjadi lebih mudah.

Anda juga akan ditemukan di halaman pencarian YouTube jika menggunakan teknik yang satu ini.

Untuk video apa pun, lebih efektif untuk menambahkan 30-40 tag kata kunci tergantung pada jumlah kata yang digunakan.

Untuk menemukan tag yang Anda butuhkan, Anda dapat menggunakan alat SEO YouTube seperti keywordtools.io, VidiQ, ahrefs, dll.

Buat sematan dan tautan video

Teknik SEO selanjutnya yang harus dipahami adalah membuat video embed dan link.

Teknik ini sangat efektif untuk Anda, yang sangat membantu mempromosikan video lama dan mudah ditemukan oleh pemirsa ketika mereka ingin mengunjungi YouTube.

Anda juga dapat menyisipkan video baru yang menyatakan bahwa itu ada hubungannya dengan video yang diunggah.

Untuk menyematkan video di situs web atau blog, Anda dapat melakukannya dengan menambahkan HTML. Ini berarti membuat hubungan antara YouTube dan situs web atau blog.

Tujuannya untuk meningkatkan view video dan subscriber dalam jumlah besar. Cara ini sangat efektif untuk Anda karena sangat populer dalam menggunakan teknik yang satu ini.

Pembaruan rutin

Mengupdate video YouTube secara rutin juga merupakan salah satu teknik SEO yang perlu Anda pahami dengan baik. Jika Anda tidak memperbarui secara teratur, kemungkinan mendapatkan hit sangat kecil.

Lain halnya jika Anda melakukan update secara berkala sesuai jadwal yang telah ditentukan, tentunya akan sangat besar untuk menerima jumlah panggilan dalam waktu yang singkat.

Ibarat sebuah website, agar bisa melakukan update secara berkala, Anda perlu melakukan update secara berkala. Dengan begitu, akan banyak subscriber yang bisa kamu peroleh dengan menunggu video baru yang kamu upload. Cara yang satu ini sangat efektif untuk Anda.

Baca Juga : Tips Menjadi YouTuber Sukses di Tahun 2021

Terapkan video

Mempromosikan video merupakan salah satu cara yang sangat efektif sebagai teknik SEO yang penting. Anda berpotensi bisa mendapatkan sejumlah besar tampilan dari sini. Selain itu, ada juga lebih banyak cara untuk meningkatkan jumlah pelanggan.

Anda dapat mempromosikannya melalui media sosial yang Anda miliki seperti facebook, ig dll. Ada banyak cara yang bisa Anda dapatkan saat melakukan iklan YouTube.

Selain itu, ada pilihan lain untuk promosi seperti: Misalnya, dukungan YouTube orang lain dengan penayangan tinggi. Tentunya sangat menguntungkan bagi channel Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *