Pentingnya Hosting untuk Menjalankan Bisnis Online

Pentingnya Hosting untuk Menjalankan Bisnis Online

Pentingnya hosting untuk menjalankan bisnis online – Saat Anda membuat situs web, layanan hosting menempatkan semua file Anda di server. Host situs web menyediakan ruang di Internet untuk menyimpan situs web.

Pada awalnya, Anda bisa mendapatkan hosting gratis dengan berbagi ruang jaringan server Anda, tetapi jika bisnis Anda berkembang pesat dan kebutuhan Anda meningkat dalam hal ruang penyimpanan di internet, Anda dapat memilih ruang terpisah di server untuk situs web Anda.

Penyedia hosting web Anda mengelola ruang penyimpanan ini sehingga Anda dapat mengakses situs web Anda dari internet.

Ketika pengguna browser memasukkan nama domain, komputer yang digunakan terhubung ke server tempat situs web berada.

Server kemudian mengirimkan file yang siap ditampilkan kepada pengguna dari browser pengguna tersebut.

Selain kegunaan utama tersebut, ada manfaat lain dari hosting. Anda juga dapat mempelajari tentang dua jenis hosting yang dapat Anda gunakan untuk situs web Anda, terutama jika Anda memiliki bisnis online.

Artikel ini memberikan informasi tentang pentingnya hosting bisnis dan cara memilih penyedia hosting yang tepat untuk bisnis Anda.

Pentingnya Hosting untuk Menjalankan Bisnis Online 

Ada dua jenis hosting situs web: layanan gratis dan layanan berbayar premium. Layanan gratis ini gratis untuk pemakai dan mempunyai iklan.

Layanan berbayar atau premium jauh lebih baik dan lebih aman dalam jangka panjang, dan menawarkan lebih banyak fleksibilitas dalam hal penyimpanan untuk menangani lalu lintas online yang terus meningkat.

Para pebisnis disarankan untuk memilih layanan berbayar. Berikut beberapa alasan mengapa hosting penting untuk perkembangan bisnis online Anda nantinya.

Keamanan

Banyak layanan hosting web melayani situs web mereka di server yang sama karena kurangnya sumber daya. Juga, seperti yang disebutkan di atas, lingkungan hosting bersama berisiko diretas. Namun, jika Anda memilih penyedia hosting tepercaya, tidak ada risiko peretasan. Salah satu layanan hosting terbaik seperti idcloudhost.com dapat membuat situs web Anda lebih aman dari peretas.

Keandalan dan kecepatan

Host situs yang jelek akan perlambat kecepatan pemuatan situs Anda. Anda harus memilih layanan hosting yang dapat Anda percayai dan memastikan pelanggan Anda dapat dengan cepat mengakses situs web Anda di masa mendatang.

Kecepatan situs web adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan mulai dari pengembangan dan hosting. Kecepatan memiliki dampak besar pada SEO, dan beberapa faktor seperti ukuran halaman dan pengoptimalan gambar berkontribusi pada peningkatan SEO.

Baca Juga:  Cara Mendapatkan Domain Murah dengan Harga Terjangkau

Persyaratan khusus

Hosting situs web adalah lingkungan jaringan yang menyimpan data dan file situs web sehingga dapat ditemukan di Internet.

Artinya jika Anda membuat file tersebut tersedia di server, pengunjung Anda dapat menemukannya di pendaftaran domain yang telah Anda lakukan. Anda dapat menyesuaikan kebutuhan hosting Anda berdasarkan 3 jenis hosting berikut:

1) Hosting bersama

Direkomendasikan untuk banyak situs dan menawarkan layanan yang lebih terjangkau dengan berbagai sumber daya yang tersedia.

2) Hosting gratis

Hosting ini disediakan oleh sejumlah organisasi yang menawarkan layanan gratis untuk situs non-komersial atau bisnis baru.

3) Server Pribadi Virtual (VPS)

Ini adalah hosting yang paling direkomendasikan untuk proyek besar. Kecepatan e-commerce dan blogging. VPS memberi situs web Anda kecepatan lebih cepat, mengoptimalkan kinerja, menghemat waktu dan mengurangi biaya, meningkatkan keuntungan bisnis.

Cara Memilih Penyedia Layanan Hosting

Ada banyak penyedia layanan hosting, tetapi bagaimana memilih penyedia layanan hosting yang baik? Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih penyedia layanan hosting:

Waspadalah Terhadap Downtime

Downtime mirip dengan lamanya waktu sebuah situs web tidak online atau tidak aktif. Waktu henti dapat dijadwalkan atau tidak terjadwal dan dapat terjadi karena sejumlah alasan.

Misalnya, jika situs web Anda down, pengunjung situs web Anda tidak akan dapat mengaksesnya, dan setiap menit situs web Anda down, Anda berpotensi kehilangan pelanggan.

Baca Juga:  Panduan Dedicated Server dan Manfaatnya untuk Pemula

Itulah mengapa sangat penting untuk memilih penyedia layanan hosting yang andal dengan waktu henti yang minimal.

Alamat Email yang Tersedia

Memiliki alamat email yang terkait dengan nama domain terlihat lebih profesional dan berharga daripada email pribadi seperti Gmail atau alamat email lainnya.

Anda harus memilih layanan web hosting yang menyediakan email berdasarkan nama domain Anda. Jangan sampai mereka hanya mendapatkan domain dan layanan hosting Anda tanpa akun email yang bisa Anda gunakan.

Layanan pelanggan 24 jam

Perusahaan hosting yang baik akan memberikan dukungan setidaknya selama jam kerja normal jika tidak 24 jam sehari.

Penting juga untuk melihat bagaimana dukungan ini diberikan, apakah itu hanya dukungan email atau Anda benar-benar dapat menghubungi layanan pelanggan untuk tindakan segera.

Kesimpulan

Website untuk membangun bisnis online adalah suatu keharusan bagi setiap pengusaha.

Untuk pengusaha pemula, disarankan untuk sangat berhati-hati saat membuat dan menghosting situs web.

Ini sangat penting karena jika Anda memiliki masalah dengan situs web Anda, sebaiknya hubungi langsung penyedia layanan hosting Anda dan segera perbaiki.

Pilih penyedia layanan hosting yang dapat Anda jangkau 24/7 dan cari penyedia web host yang bereputasi baik. Penting juga untuk melihat ulasan situs tepercaya dan memperhatikan siapa pelanggan mereka dan berapa lama mereka telah berbisnis.

Sumber: https://idcloudhost.com/pentingnya-hosting-untuk-kemajuan-bisnis-online-anda/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *