Panduan Dedicated Server dan Manfaatnya untuk Pemula

Panduan Dedicated Server dan Manfaatnya untuk Pemula

Panduan Dedicated Server dan manfaatnya untuk pemula – Seperti diketahui, ada dua jenis hosting untuk server perangkat keras, hosting khusus dan hosting bersama untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang berbeda.

Hosting bersama memiliki arti sejumlah organisasi menghosting asset usaha mereka di server yang serupa. Masing-masing pihak diberi ruangan disk dan bandwidth dengan jumlah terbatas.

Hosting khusus, di sisi lain, berarti bahwa organisasi memiliki akses penuh dan eksklusif ke semua penyimpanan dan bandwidth yang dapat disediakan oleh server mereka.

Kemudian shared hosting juga biasa digunakan oleh organisasi kecil yang tidak membutuhkan skalabilitas atau ruang disk yang besar.

Layanan shared hosting sering menyediakan pemeliharaan, manajemen, dan keamanan untuk server mereka, sehingga cocok untuk organisasi kecil yang tidak memiliki sumber daya internal yang diperlukan untuk mengelola server mereka.

Dedicated Server, di sisi lain, adalah pilihan yang lebih baik untuk organisasi besar yang perlu meng-host beberapa situs karena mereka membutuhkan skalabilitas atau memiliki akses ke lebih banyak bandwidth untuk tangani kenaikan besar lalu lintas ke website mereka.

Secara umum, semakin besar bisnis, semakin banyak data yang perlu disimpan, sehingga lebih banyak ruang penyimpanan menjadi lebih penting.

Tidak seperti layanan shared hosting, dedicated hosting biasanya tidak menawarkan pemeliharaan, manajemen, dan keamanan dalam paket standar.

Layanan tambahan ini dapat dibeli dengan harga lebih tinggi, tetapi organisasi besar cenderung memiliki sumber daya internal dan anggota tim untuk dikelola sendiri.

Secara keseluruhan, hosting khusus lebih mahal daripada hosting bersama, tetapi memiliki dukungan yang jauh lebih baik dan Anda memiliki kendali penuh atas itu.

Ketahui Apa itu Dedicated Server

Dalam dunia hosting, Dedicated Server mengacu pada penyewaan dan penggunaan eksklusif komputer di tempat perusahaan hosting web, termasuk server web, perangkat lunak terkait, dan koneksi internet.

Dedicated Server biasanya diperlukan untuk situs web atau kumpulan situs perusahaan terkait yang dapat menghasilkan lalu lintas dalam jumlah besar, seperti situs yang harus menangani jutaan kunjungan per hari.

Server ini sendiri biasanya dapat dikonfigurasi dan dioperasikan dari jarak jauh oleh perusahaan klien.

Banyak yang mengklaim bahwa menggunakan Dedicated Server di tempat dapat menghemat uang untuk router, koneksi internet, keamanan sistem, dan administrasi jaringan.

Saat menyewa dedicated server, perusahaan klien mungkin perlu menggunakan sistem komputer tertentu atau dapat memilih beberapa sistem.

Beberapa penyedia hosting mengizinkan perusahaan klien untuk membeli dan menginstal server komputer mereka sendiri di tempat penyedia host. Layanan ini disebut colocation.

Biasanya, Anda menyewa Dedicated Server  yang menyediakan sejumlah memori, ruang hard disk, dan bandwidth, seperti jumlah gigabyte data yang dapat Anda transfer setiap bulan.

Beberapa perusahaan hosting mengizinkan penyewa Dedicated Server untuk melakukan hosting virtual, menyewakan layanan server mereka kepada pihak ketiga untuk situs web mereka.

Fungsi Domain Name System, email, dan File Transfer Protocol (FTP) biasanya disertakan, dan beberapa perusahaan menyediakan antarmuka kontrol yang mudah digunakan.

Manfaat Menggunakan Dedicated Server

Hampir setiap organisasi, perusahaan, korporasi, atau bahkan individu perlu menyimpan data seperti informasi pengenal pribadi (PII) pelanggan, kredensial pengguna, analitik, atau data/informasi sensitif.

Anda juga perlu mempertahankan akses ke situs web dan aplikasi bisnis, seperti email atau sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM).

Baca Juga:  Mengapa Website Bisnis Harus Menggunakan Virtual Private Server (VPS)

Persyaratan ini dapat dipenuhi dengan menghosting aset ini di Dedicated Server. Berikut beberapa keuntungan jika Anda memutuskan untuk menggunakan layanan Dedicated Server khusus untuk bisnis/perusahaan Anda:

Keamanan data

Tidak ada yang lebih penting daripada melindungi data dan informasi sensitif perusahaan atau bisnis Anda. Jadi menggunakan dedicated server jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mengurangi pelanggaran data.

Di sisi lain, dalam shared hosting, jika satu pengguna disusupi karena infrastruktur keamanan yang tidak efisien, semua pengguna lain yang dihosting di server tersebut dapat dirugikan.

Baca JugaApa itu WordPress Hosting , Fitur dan Manfaat Terbaik

Peningkatan performa

Dedicated Server dapat memberikan kinerja yang lebih baik untuk aplikasi Anda karena mereka mengurangi beban kerja yang digunakan pengguna lain, seperti menggunakan hosting bersama.

Menyesuaikan

Memiliki Dedicated Server memungkinkan lebih banyak penyesuaian, seperti segmentasi mikro jaringan atau penggunaan perangkat lunak khusus. Hosting bersama lebih terbatas karena tidak semua organisasi di server menginginkan atau membutuhkan penyesuaian dengan cara yang sama.

Tips Memilih Layanan Dedicated Server

Setelah melihat manfaat menggunakan Dedicated Server dibandingkan versi bersama, apakah Anda memutuskan untuk beralih server? Jika Anda memutuskan untuk pindah ke dedicated server, berikut adalah beberapa hal yang paling penting untuk dipertimbangkan ketika memilih dedicated server ini.

  • Pastikan persyaratan kinerja yang diberikan memenuhi kebutuhan Anda.
  • Pertimbangkan potensi pengurangan waktu henti.
  • Harapkan penggunaan dan penawaran bandwidth tak terbatas.
  • Pengujian kualitas jaringan.
  • Pertimbangkan skalabilitas aplikasi.
  • Pilih penyedia hosting yang andal dan memberikan dukungan terbaik.

Layanan Dedicated Server Indonesia Menggunakan IDCloudHost

Dedicated Server Indonesia adalah salah satu layanan penyimpanan server yang dapat diakses sepenuhnya.

Anda dapat mengelola server Anda sendiri untuk persyaratan yang kompleks dan mengelola semua aktivitas dengan lebih mudah. Ini karena satu server dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga:  Apa itu Server Colocation dan Fitur Terbaiknya

Selain itu, layanan dedicated server Indonesia dapat memberikan Anda fleksibilitas yang tinggi karena Anda memiliki kendali penuh atas server Anda termasuk pemilihan sistem operasi dan perangkat keras komputer.

Dedicated server juga memastikan website Anda bekerja maksimal tanpa batasan traffic (bandwidth).

Selain itu, IDCloudHost didukung oleh teknisi yang berpengalaman di bidang ini, membuat dedicated server mereka sangat aman dan mudah dikelola. Anda dapat mengandalkan Dedicated Server ini untuk membantu Anda:

Baca JugaPentingnya Hosting untuk Menjalankan Bisnis Online

1. Mempunyai trafik yang tinggi

Dedicated Server memerlukan kinerja maksimum bersama dengan keamanan tinggi, menjadikannya ideal untuk kebutuhan situs web dan aplikasi dengan lalu lintas tinggi atau lalu lintas tinggi.

2. Situs e-commerce

E-commerce merupakan website tersibuk di dunia saat ini karena selalu ada transaksi jual beli per detiknya.

Tentu saja, ini membutuhkan banyak sumber daya dan kinerja yang harus dijalankan setiap saat, sehingga Dedicated Server adalah pilihan cerdas untuk situs e-niaga mana pun.

3. Memerlukan bantuan 24/7

Tidak bisa dipungkiri pasti ada celah dan kekurangan hingga menimbulkan masalah yang mengganggu pada situs Anda. Jadi, untuk segera menyelesaikannya, IDCloudHost menyediakan dukungan layanan pelanggan yang siap jika Anda membutuhkan bantuan.

Baca JugaCara Transfer Domain yang Cepat dan Mudah

4. Bandwidth tak terbatas

Untuk mendukung pengguna, layanan dedicated server IDCloudHost menyediakan akses penuh dan bandwidth transfer tak terbatas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Untuk request kebutuhan layanan website dan server aplikasi dari IDCloudHost, Anda dapat mengisi form persyaratan layanan dimana informasi paket layanan akan dikirimkan melalui email/telepon.

Sumber: https://idcloudhost.com/panduan-mengenal-dedicated-server-dan-manfaatnya-bagi-pemula/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *