Langkah Awal Menjadi Youtuber Profesional

Langkah Awal Menjadi Youtuber Profesional

Menjadi Youtuber Profesional adalah salah satu profesi yang menjadi daya tarik bagi masyarakat terutama bagi mereka yang ingin terjun ke dunia maya. Banyak dari mereka yang ingin menjadi YouTuber. Hal ini dikarenakan banyak orang yang telah membuktikan kesuksesannya di dunia youtube, alhasil memberikan masa depan yang cukup baik untuk dijalankan oleh siapa saja.

Namun, menjadi seorang YouTuber tentu tidak ingin dibayangkan. Ada banyak hal yang harus dilakukan agar bisa sukses di dunia YouTube. Apalagi sebagai seorang pemula tentunya tidak membutuhkan waktu yang instan untuk bisa meraih kesuksesan di dunia youtube. Ada banyak hal yang Anda pesan untuk bisa belajar dengan baik.

Youtube sendiri merupakan media yang berisi berbagai macam video. Nantinya berbagai macam video di dalamnya akan dikunjungi oleh penonton. Video dibuat oleh pembuat konten sesuai dengan konten atau preferensi masing-masing. Setiap orang memiliki selera masing-masing untuk konten yang ingin mereka buat.

Baca Juga :  Fakta Tentang Youtube Yang Jarang Ada

Langkah Awal Menjadi Youtuber Profesional

Langkah Awal Menjadi Youtuber Profesional

1. Memahami Tentang Youtube

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk menjadi YouTuber profesional adalah memahami terlebih dahulu tentang YouTube. setidaknya anda sudah memahami berbagai macam istilah youtube sehingga ketika anda memasuki dunia youtuber anda tidak akan bingung nantinya. Ada banyak hal yang harus Anda kuliah.

Dunia YouTube cukup luas karena dapat menjangkau seluruh dunia. Jika Anda tidak memahami dengan baik, maka masa depan akan sulit untuk berhasil. Anda dapat belajar banyak tentang YouTube melalui internet atau dari orang yang berpengalaman. Mintalah tips agar Anda bisa sukses.

2. Buat Chanel Youtube

Saat Anda sudah mantap dan dewasa, terjunlah ke dunia YouTuber . Kemudian langkah selanjutnya yang harus anda pahami adalah membuat channel youtube. Untuk membuatnya anda harus memiliki akun google terlebih dahulu. Untuk membuatnya cukup mudah, buat dengan email dan kata sandi yang Anda inginkan.

Bila sudah memiliki akun, maka langkah selanjutnya adalah membuat saluran. Buat sesuai keinginan Anda sendiri. Pastikan untuk tidak menggunakan nama yang panjang atau sulit dijangkau orang. Sehingga orang akan mudah menemukan saluran Anda melalui YouTube.

3. Tentukan Konten Youtube

Konten merupakan salah satu hal penting yang harus Anda tentukan. Ini akan menentukan prospek saluran youtube Anda. Jika Anda memilih konten yang salah, di masa depan akan berdampak buruk. Tentu seperti ini tidak diinginkan oleh siapa pun, Anda harus memilih konten yang benar-benar sesuai dengan passion Anda.

Memilih konten sesuai dengan kategori yang disukai adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Ada banyak sekali tema konten yang bisa dipilih, mulai dari olahraga, musik, pendidikan, dan masih banyak lagi. Anda dapat memutuskan sendiri tentang konten yang diinginkan. Dengan begitu, nantinya akan sangat bermanfaat jika konten yang dipilih sesuai.

Baca Juga :  Kisah Berdirinya Video Platform YouTube Terbesar

4. Siapkan alat Untuk Youtue

Seorang youtuber tentunya harus memiliki tools yang harus digunakan. Terutama untuk merekam video. Menggunakan smartphone adalah pilihan yang tepat untuk merekam video. Hal ini dikarenakan keterbatasan anggaran, tentunya banyak dari mereka yang menggunakan smartphone sebagai langkah awal menjadi YouTuber .

Namun, jika Anda memiliki uang lebih, Anda bisa langsung membeli kamera agar video yang dihasilkan lebih berkualitas. Ada juga alat pendukung lain yang mendukung Anda membuat video di youtube. Serta perangkat perekam suara seperti mikrofon ketika konten Anda tentang musik. Dengan tools yang tepat akan membantu proses pengembangan channel youtube yang dijalankan.

Alat apa yang diperlukan untuk memulai sebagai YouTuber?

Teleprompter : Teleprompter adalah layar untuk melihat konten skrip. Dengan alat ini, Anda tidak perlu menghafal seluruh skrip. Namun, pertahankan kontak mata dan gerak tubuh agar Anda tidak terlihat terlalu melek huruf.

Oh ya, Anda tidak perlu khawatir harus mengeluarkan banyak uang. Kok bisa teleprompter dari ratusan ribu rupiah.

Mikrofon eksternal : Gunakan mikrofon eksternal untuk suara yang jernih. Tujuannya adalah untuk mengurangi hal-hal yang biasanya ditangkap oleh mikrofon internal.

Ada beberapa jenis mikrofon eksternal, salah satu yang cocok untuk pemula tetapi YouTube adalah mikrofon lavalier. Mikrofon kecil yang biasanya dipasang di kera baju. Selain harganya yang terjangkau, mikrofon ini juga mudah digunakan.

Lighting : lighting yang baik membuat gambar video Anda terlihat lebih jelas. Oleh karena itu, Anda membutuhkan pencahayaan yang sesuai dengan kebutuhan konten Anda.

Misalnya, YouTuber kecantikan membutuhkan lampu cincin untuk menonjolkan detail riasan mereka. Sementara itu, travel YouTuber akan lebih baik menggunakan lampu kamera LED agar mudah dibawa kemana-mana.

Selain itu, Anda bisa menggunakan sinar matahari untuk penerangan alami. Namun, berhati-hatilah untuk memotret juga saat Anda bisa menggunakan pencahayaan alami ini.

Kamera : Selain cahaya, Anda membutuhkan kamera yang tepat agar gambar yang Anda ambil memiliki resolusi yang baik.

Untuk pemula YouTuber, sangat disarankan agar Anda menggunakan kamera point-and-shoot. Karena lebih praktis, mudah dibawa dan harganya terjangkau.

Kamera ponsel juga bisa digunakan. Namun, hasilnya bisa di bawah maksimal kamera profesional.

Aplikasi Info Video : Aplikasi edit video wajib digunakan oleh setiap youtuber. Selain menggabungkan gambar, aplikasi edit video juga bisa memberikan efek visual yang menarik. Apalagi bila gambarnya dari kamera ponsel sederhana.

Beruntung, saat ini sudah banyak aplikasi edit video yang bisa membuat gambar dari kamera ponsel Anda terlihat seperti diambil dengan kamera profesional.

5. Baca panduan youtube

Jangan tinggalkan satu hal ini jika Anda ingin menjadi seorang Youtuber . Setiap tahun, YouTube menawarkan perubahan ketentuan penggunaan untuk YouTuber . Jika diperhatikan dengan seksama, peluang sukses di dunia youtuber semakin besar.

Ada beberapa jenis pedoman yang perlu Anda pahami, seperti: B. istilah monetisasi, konten seperti apa yang dilarang dari YouTube dan banyak lainnya. Jika Anda membaca panduan yang tepat, Anda dapat mengembangkan saluran YouTube Anda dengan lebih efektif.

6. Buat video Youtube

Mulai merekam video untuk konten YouTube Anda. Ini adalah sesuatu yang harus diperhatikan juga, karena tidak dianggap enteng saat merekam video. Ada teknik tersendiri yang perlu ditangkap saat merekam video. Apalagi jika konten yang dibuat membutuhkan teknik khusus, tentu sangat penting untuk Anda kuasai.

Berbagai hal harus dilakukan saat merekam video, seperti posisi merekam, merekam video, dan banyak hal lainnya. Dengan cara ini hasil yang didapat akan sangat baik.

7. Mengedit video Youtube

Setelah proses pembuatan video berhasil, langkah selanjutnya adalah pembuatan. Hal ini dilakukan agar hasil yang didapat lebih sempurna dari hasil pembuatan video yang mendukung. Jika Anda melakukan Info dengan baik, video yang dihasilkan akan lebih berkualitas.

Ada begitu banyak hal yang dapat Anda capai jika Anda melakukan Info Yang Baik. Untuk mendapatkan video, Anda dapat menggunakan aplikasi atau perangkat lunak yang cocok untuk Anda. Ada banyak perangkat lunak Informasi video di luar sana, sesuai keinginan Anda. Pilih saja software atau aplikasi yang tidak berbayar di awal.

Baca Juga :  10 Cara Mendapatkan Penghasilan dari Youtube

8. Mengunggah video Youtube

Selanjutnya, Anda perlu mengunggah video. Upload dapat dilakukan secara langsung menggunakan smartphone atau komputer. Ada juga banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat mengunggah. Anda dapat berulang kali lagi untuk memeriksa apakah video tersebut siap untuk dikunjungi atau tidak.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan judul, deskripsi, dan hal lainnya agar video yang diunggah memiliki informasi yang lengkap. Dengan begitu, pengunjung yang melihat video Anda pasti akan puas.

9. . konsistensi

Konsistensi adalah salah satu hal yang membuat seorang Youtuber sukses. Bahkan banyak youtuber yang sering gagal karena kurang konsisten dalam menjalankan dunia youtube. Biasanya karena hasil yang didapat tidak membuat banyak orang putus asa.

Menjadi seorang YouTuber profesional tentu membutuhkan proses yang panjang. Banyak hal yang harus dilalui dan harus konsisten dalam melakukannya. Seperti halnya mengunggah video, Anda dapat melakukannya seminggu sekali, setiap beberapa hari, atau sesuai keinginan Anda. Di sinilah Anda harus bisa membaca peluang waktu yang tepat untuk mengunggah video.

10. Bagikan Ke Sosmed

Berbagi media sosial adalah langkah yang tepat bagi Anda untuk mendapatkan banyak pengunjung. Jika YouTube Anda dimonetisasi, pasti membutuhkan banyak pemirsa. Jadi rute ini adalah pilihan terbaik untuk Anda. Tapi jangan berlebihan jika Anda ingin membagikan video Anda. Dengan cara ini, video tetap terlindungi dari pemblokiran YouTube atau spam.

11. Putuskan kesuksesan seperti apa yang ingin Anda capai

Langkah awal menjadi seorang YouTuber adalah menentukan jenis kesuksesan yang ingin dicapai. Ini penting karena mendukung Anda untuk fokus pada apa yang ingin Anda capai. Dengan begitu, hal-hal yang mengganggu langkah prioritas Anda bisa diabaikan.

Ada tiga jenis kesuksesan YouTuber, yaitu:

  • jumlah pelanggan. Anda memiliki banyak orang yang menjadi pelanggan karena konten menarik yang Anda miliki.
  • Keterikatan. Saluran YouTube Anda selalu mendapat banyak suka, komentar, dan bagikan.
  • Monetisasi. Anda dapat menghasilkan uang di YouTube berkat kualitas dan keunikan konten Anda.

Anda hanya dapat fokus pada salah satu tujuan di atas. Namun, Anda dapat memilih ketiganya berdasarkan prioritas dan juga pengembangan Channel Anda.

12. Tetapkan tujuan yang utama

Ketika Anda memiliki tujuan, jangan lupa untuk menetapkan tujuan yang kelebihan. Mengapa itu penting?

Alasan utamanya adalah memastikan bahwa keberhasilan dapat diukur. Karena itu, Anda perlu menetapkan tujuan agar keinginan Anda tercapai tepat waktu.

Katakanlah tujuan Anda adalah mendapatkan banyak pelanggan. Tetapkan tujuan: berapa banyak orang dan berapa lama? Misalnya 1000 orang dalam 6 bulan.

Jika tujuan belum tercapai, Anda bisa mengukur apakah usaha Anda belum berhasil atau tujuan Anda terlalu tinggi. Kemudian tentukan strategi selanjutnya. Misalnya, mengadakan giveaway atau bekerja sama dengan YouTuber lain untuk mencapai tujuan.

Ketika Anda memiliki tujuan, Anda menjadi lebih disiplin dan lebih mudah untuk merencanakan ke depan. Bagaimana Anda memeriksa tujuan? Tenang, penjelasannya akan kita bahas di bagian Analisis artikel ini.

Baca Juga : Teknik SEO Terbaru Untuk Video Youtube 2021

13. Pilih Konten yang sesuai dengan minat dan keterampilan Anda

Cara menjadi YouTuber yang sukses selanjutnya adalah dengan memilih niche yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda. Niche adalah topik tertentu sesuai dengan target audiens Anda. Misalnya musik, game, dan beberapa niche lainnya.

Memilih niche akan membantu Anda menjadi lebih produktif. Karena Anda akan menikmati karya tersebut sehingga Anda dapat terus menghasilkan konten yang kreatif. Niche mana yang harus Anda pilih?

Untuk referensi Anda, berikut adalah beberapa contoh niche YouTube.

  • Kuliner : Diskusikan topik yang berhubungan dengan makanan. Konten bisa berupa ulasan, cara memasak dan lain-lain. Misalnya Nex Karlos .
  • Mode Fashion : Membahas fashion dan kecantikan. Konten bisa berupa tutorial, review produk, dan lainnya. Misalnya Terusan Sorabel .
  • Gaya hidup : Tinjauan gaya hidup, mis. B. tentang menabung, tips mengurus rumah dan lain-lain. Contohnya Henny Kristianus .
  • Traveling : Biasanya berisi dokumen perjalanan dan review suatu tempat. Bisa juga jadi rekomendasi tempat yang menarik. Bepergian ke YouTuber Indonesia, misalnya Keke Genio .
  • Hewan : Membahas tentang pengetahuan hewan, dokumentasi hewan, dan lain-lain. Contohnya Pembela Hewan Indonesia.
  • Teknologi : Tinjauan tren teknologi, ulasan perangkat, dan topik terkait TI lainnya. YouTuber yang berkecimpung di bidang ini, misalnya GadgetIn .
  • Game : Umumnya mencakup permainan live streaming yang sedang dimainkan. Misalnya Jess Miawaug .
  • Musik : Biasanya kontennya meliputi cover lagu, video musik, dan lain-lain. Hanin Dhiya adalah salah satu contoh youtuber dengan tipe musik.

14. Fokus saat membuat video

Setelah peralatan produksi siap, cara menjadi youtuber selanjutnya adalah fokus membuat video. Tujuannya agar proses produksi video lebih lancar dan efisien. Dengan proses produksi yang baik, video YouTube Anda akan lebih berkualitas.

Bagaimana tips untuk membantu Anda fokus pada proses pembakaran?

  • Sesuaikan kebutuhan gambar dengan script. Ambil gambar sesuai dengan rencana yang Anda buat dalam naskah.
  • Tempatkan kamera sesuai dengan sudutnya. Pastikan kamera berada pada posisi yang benar agar gambar yang diambil benar.
  • Gunakan tripod untuk gambar yang stabil. Dengan gambar yang stabil, video Anda akan terlihat profesional dan mudah ditonton.
  • Pastikan mikrofon dihidupkan. Jangan sampai Anda harus mengulang rekaman suara hanya karena mikrofon belum diaktifkan.
  • teleprompter. Pastikan teleprompter berada pada posisi yang benar sehingga Anda dapat membaca teks di layar dengan jelas.
  • Sesuaikan cahaya. Jika Anda menggunakan sinar matahari, tentukan waktu terbaik untuk memotret. Ini bisa selamat jam biru atau dengan langit biru (05.55 – 06.08 dan 20.15 – 20.29), jam emas atau dengan langit emas (06.08 – 07.13 dan 19.11 – 20.15) dan waktu khusus lainnya.

15. lakukan analisis

Bagaimana Anda tahu saluran YouTube Anda berada di tempat yang Anda inginkan? Tentu saja melalui analisis.

Tak beruntung, YouTube menawarkan YouTube Analytics untuk melihat kinerja video Anda. Ini membuat evaluasi lebih mudah bagi Anda.

Apa yang dapat Anda pelajari dari YouTube Analytics?

  • Gambaran :  Ini akan memberi tahu Anda berapa banyak waktu yang dihabiskan audiens Anda untuk menonton video Anda. Bahkan, Anda juga dapat melihat naik turunnya waktu dan membandingkannya dengan waktu.
  • Reach : Anda dapat mengetahui berapa kali video Anda muncul di depan audiens potensial, berapa banyak orang yang mengklik video Anda, dan berapa banyak orang yang melihat video YouTube Anda pada waktu tertentu.
  • Engagement : Ini akan memberi tahu Anda berapa banyak orang yang tertarik dengan video Anda.
  • Audiens : Anda bisa mengetahui apakah video youtube Anda tepat sasaran atau tidak. Anda juga akan mendapatkan informasi demografis dari audiens Anda.
  • Pendapatan Anda dapat menggunakan fitur ini untuk memeriksa total penghasilan video YouTube Anda.
    Dan masih banyak fungsi lainnya.

Ini adalah beberapa langkah pertama yang harus Anda ambil jika Anda ingin menjadi YouTuber profesional. Semoga informasinya bermanfaat, terima kasih.

Originally posted 2021-06-17 18:05:24.

SEDANG TREND :  Penyiapan Awalnya Membuat Video Youtube