Cara Mengetahui Arah Kiblat Online Tanpa Aplikasi dan Memakai Aplikasi

Cara Mengetahui Arah Kiblat Online Tanpa Aplikasi dan Memakai Aplikasi

Bepergian jauh kadang membuat kita kesulitan mengerjakan beberapa hal. Misalnya saja pergi mengunjungi puncak gunung sehingga sulit untuk mengetahui kemana arah kiblat, atau bisa juga tidak tahu arah kiblat karena sedang mengunjungi tempat baru. Kamu perlu mengetahui arah kiblat online tanpa menggunakan aplikasi dan menggunakan aplikasi. Keberadaan website serta aplikasi ini memudahkan muslim mengetahui arah kiblat secara online maupun offline. Sangat membantu sekali bagi muslim yang sedang melakukan perjalanan jauh.

Mengetahui Arah Kiblat Online Tanpa Aplikasi

Untuk mengetahui arah kiblat sebenarnya bisa bertanya pada masyarakat sekitar, jika kamu bepergian ketempat baru. Tapi jika kamu sedang bepergian ke gunung, hutan atau tempat yang jarang sekali dilalui masyarakat kamu bisa menggunakan cara ini untuk mengetahui arah kiblat.

  1. Qibla Finder

Untuk mengetahui arah kiblat dimana pun berada, kamu dapat membuka situs Qibla Finder. Pada halaman pertama kamu langsung diarahkan untuk memijit sebuah tombol untuk menentukan arah kiblat. Setelah memijit tombol tadi, pemberitahuan selanjutnya meminta persetujuan mengakses kamera serta lokasi. Selepas kamu memberikan izin, aplikasi ini langsung beroperasi menentukan arah kiblat secara akurat.

  1. Alhabib

Website selanjutnya Alhabib. Tidak hanya bisa menentukan arah kiblat tapi juga bisa mengetahui jadwal sholat, mengetahui kalender islami, kartu ucapan dan beberapa fitur menarik lainnya. Fitur yang tersedia dalam website tadi bertujuan untuk memudahkan setiap muslim selalu mengingat Allah dimanapun berada, karena fitur arah kiblat memudahkan muslim melaksanakan ibadah.

Dua situs web ini sangat mempermudah muslim untuk mengetahui arah kiblat. Tanpa aplikasi sekalipun tetap bisa mengetahui arah kiblat. Jadi, setiap muslim diseluruh dunia bisa beribadah dengan tenang. Salah satu kelebihan menggunakan web untuk menentukan arah kiblat tidak membuat ruang diponsel menjadi cepat penuh, juga tidak perlu menghapusnya jika memori internal internal kepenuhan.

Setelah mengetahui arah kiblat online tanpa aplikasi kita akan membahas aplikasi-aplikasi yang memiliki fungsi sama yakni mengetahui arah kiblat dimana pun kamu berada. Keunggulan menggunakan aplikasi sendiri, kamu tidak perlu menggunakan data untuk mengetahui atau mengaktifkan navigasi aplikasi. Mari ketahui aplikasinya!

Mengetahui Arah Kiblat Menggunakan Aplikasi

Aplikasi ini sama seperti website tadi membantu umat muslim menemukan arah kiblat saat berada ditempat baru, tetapi tidak ada informasi mengenai arah kiblat.

  1. Muslim Pro Al-Qur’an Sholat

Memiliki 14 bahasa yang berbeda termasuk bahasa Indonesia aplikasi ini dapat memberikan informasi seputar arah kiblat. Tetapi tidak hanya itu, di dalamnya tersedia ayat-ayat Al-Qur’an dilengkapi tajwid berwarna sehingga kamu bisa lebih mudah membaca ayat Al-Qur’an, juga dilengkapi dengan tasbih digital. Jadi, kamu akan lebih mudah mengetahui jumlah saat berdzikir kepada Allah. Agar aplikasi bisa berjalan dengan baik, aplikasi biasanya meminta izin beberapa data seperti lokasi menggunakan jaringan GPS, nomor hp, penyimpan foto dan video, serta identitas lainnya. Bisa digunakan pada ponsel pintarmu dan dapat diunduh melalui play store atau Apps Store.

  1. Arah Kiblat Indonesia

Aplikasi ini menentukan arah kiblat lebih spesifiknya di negara Indonesia. Nah bagusnya lagi tidak perlu menggunakan internet atau mengaktifkan GPS untuk mengetahui arah kiblat tapi harus memiliki sensor kompas bawaan hp. Tampilannya pun sangat sederhana dan ukurannya sangat kecil sekitar 10 MB.

  1. Visual Qiblah

Visual Qiblah memberikan informasi tentang arah kiblat sangat akurat. Karena menghitung arah kiblat dari Utara dan mampu memberikan informasi lebih tentang arah kiblat. Selain itu, bahkan apliksi ini menggunakan rumus menghitung untuk memutuskan arah kiblat secara akurat bagi jarak 0,5 mm dari bumi.

  1. i-Qibla

Dapat digunakan sebagai penentu arah kiblat saat melakukan sholat. Ketika membuka aplikasi pengguna langsung disuguhkan tampilan menentukan arah kiblat. Tapi tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga menyuguhkan fitur membaca Al-Qur’an, do’a dan dzikir, waktu sholat, adzan, bahkan ada kumpulan Asmaul Husna. Sebelum aplikasi ini bisa mengetahui arah kiblat, kamu perlu melalukan kalibrasi pada masing-masing ponsel.

  1. 100% Qibla Finder

Kamu juga bisa mengetahui arah kiblat yang tepat menggunakan aplikasi ini. Tampilannya juga cukup sederhana, pada saat membuka aplikasi kamu langsung disuguhkan tampilan citra satelit dari arahmu agar bisa mengetahui letak kiblat. Kamu juga memiliki pilihan lain untuk menentukan arah kiblat yakni menggunakan kompas pada aplikasi.

  1. Jadwal Sholat, Kiblat, dan Adzan

Sesuai dengan nama aplikasi tidak hanya memberikan informasi seputar arah kiblat atau menentukan arah kiblat, aplikasi ini juga dilengkapi fitur adzan ketika memasuki jam sholat. Tidak hanya itu spesial pada bulan ramadhan tersedia juga waktu imsak jadi sangat memudahkan umat muslim dalam menjalankan ibadah. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan di play store ataupun App store dengan mudah.

  1. Arah Kiblat

Aplikasi ini dikembangkan oleh Firdaus Kurniawan Zulqornain akan memberikan informasi arah kiblat yang akurat. Bisa dilihat di play store aplikasi ini mendapat apresiasi baik dari pengguna karena dapat menentukan arah kiblat dengan baik. Khususnya bagi mereka yang sering bepergian mengaku sangat terbantu dengan adanya aplikasi ini.

  1. Qibla Finder, Qibla Compass AR

Sesuai namanya aplikasi ini menentukan arah kiblat. Tetapi selain itu juga terdapat Al Qur’an online, jadwal waktu sholat bahkan kumpulan doa sehari-hari yang bisa dihafalkan setiap muslim. Tidak hanya tersedia dalam bahasa Indonesia tetapi juga tersedia dalam bahasa lain seperi, Inggris, Mandarin, Italia, Jepang, dan masih banyak asing lainnya.

  1. Cari Arah Kiblat

Aplikasi yang diunduh 100 kali ini juga dapat menemukan arah kiblat saat berpegian. Dilengkapi dengan fitur-fitur penunjang umat muslim beribadah, seperti Al-Qur’an, jadwal sholat, bahkan khusus untuk bulan ramadhan tersedia jadwal imsakiyah sehingga memudahkan umat muslim dalam beribadah.

  1. Salaam

Aplikasi selanjutnya penentu arah kiblat pertama Indonesia tersedia diperangkat Samsung. Aplikasi muslim buatan Samsung Indonesia ini dilengkapi dengan Al-Qur’an yang sudah mendapatkan sertifikat lajnah pentashihan mushaf dari Kemenag Indonesia. Fitur yang tersedia setelah penentu arah kiblat, juga ada Al-Qur’an digital, dan jadwal waktu sholat. Selain itu juga dilengkapi dengan konten harian berisi edukasi Islam, doa harian, hadits, ayat-ayat tertentu, serta terdapat kalender Hijriyah.

Itulah tadi beberapa cara mengetahui arah kiblat  online tanpa aplikasi dan menggunakan aplikasi. Keduanya sama-sama memberikan keuntungan dan keunggulan, meski perlu diketahui menggunakan aplikasi akan lebih banyak mendapatkan manfaat. Misalnya saja terdapat jadwal sholat yang bisa mengingatkan dengan suara adzan  jika sudah masuk waktu sholat.

Tapi tidak semua aplikasi memiliki fitur ini hanya sebagaian saja. Dan untuk fitur Al-Qur’an digital memudahkan kamu untuk membaca Al-Qur’an dimanapun berada tanpa repot membawa mushaf.  Meski begitu akan lebih baik dan mendatangkan banyak pahala jika membaca Al-Qur’an menggunakan mushaf berfisik secara langsung arah kiblat  online tanpa aplikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.