Kelebihan Jaringan 5G dan Kecanggihan Didalamnya

Kelebihan Jaringan 5G dan Kecanggihan Didalamnya

Kelebihan Jaringan 5G dan Kecanggihan Didalamnya – Tentunya kita pernah mendengar bahwa teknologi jaringan “4G” sedang digantikan oleh jaringan yang lebih canggih yaitu 5G. Teknologi jaringan 5G ini merupakan jaringan yang menjanjikan kecepatan yang berkali-kali lipat dari kecepatan internet generasi 4G. Pakar 5G sendiri sebelumnya memperkirakan bahwa 2,8 miliar pengguna internet akan mengadopsi teknologi Jargani 5G ini pada tahun 2025.

Jaringan 5G adalah teknologi yang dapat memberi daya pada segala hal mulai dari kendaraan hingga peralatan rumah tangga yang dapat dioperasikan melalui jaringan ini. Menurut BBC, kemajuan teknologi internet “Generasi Kelima” (5G) adalah koneksi internet seluler generasi kelima yang menjanjikan dalam hal kecepatan unduh dan dapat mengunggah data jauh lebih cepat daripada 4G, bahkan jangkauan jaringan ini lebih luas dan koneksi diklaim lebih stabil.

Keuntungan dari jaringan 5G yang bermanfaat:

1. Dapat mendeteksi bencana alam dan orang hilang

Kecanggihan 5G mungkin diperlukan untuk mendeteksi bencana alam dan juga melakukan pencarian orang hilang. Namun, bencana alam yang tidak ada yang tahu kapan akan terjadi dapat diprediksi oleh jaringan 5G yang bergerak cepat. Saat ini, alat sudah tersedia untuk mendeteksi bencana alam seperti tsunami, gempa bumi, dan letusan gunung berapi. Dan nantinya sistem akan memiliki fungsi yang lebih cepat melalui jaringan 5G. Dengan begitu, kita menjadi lebih waspada jika misalnya terjadi bencana.

Dengan 5G, bencana alam tidak hanya dapat dideteksi, tetapi orang hilang juga dapat dilacak. Sistemnya sendiri hampir sama dengan memonitor orang dengan GPS. Jaringan 5G ini dapat membantu tim evakuasi untuk menemukan orang hilang atau korban kecelakaan yang sulit ditemukan.

2. Dapat melakukan remote control komputer?

Selain mengontrol perangkat CCTV, komputer atau laptop, peralatan rumah tangga juga dapat dikontrol melalui 5G. Konsepnya hampir mirip dengan sistem CCTV, hanya dengan menggunakan jaringan Wi-Fi seperti yang terdapat pada laptop atau perangkat komputasi, serta pada smartphone, pengguna dapat mengontrolnya dari jarak jauh.

Tidak hanya itu, baik komputer atau laptop, juga bisa seperti video surveillance spontan, selama perangkat tersebut memiliki kamera atau webcam. Dengan cara ini kita bisa menjamin keamanan waktu di dalam atau di luar rumah.

3. Konektivitas internet akan lebih cepat

Padahal, manfaat dasar dari jaringan 5G adalah koneksi internet yang sangat cepat. Sesuai dengan nama jaringan 5G generasi ini, kecepatan transmisi data yang didapat haruslah kelipatan dari kecepatan jaringan 4G. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi orang-orang yang secara aktif bergantung pada koneksi internet. Terutama bagi para pebisnis atau pengusaha.

4. Dapat dihubungkan antar kendaraan

5G akan disematkan pada sistem transportasi umum, terutama di mobil. Dengan perluasan jaringan 5G, pemilik mobil saat ini dapat berkomunikasi secara digital satu sama lain saat mereka sedang bepergian.

Hal seperti ini sangat diperlukan bagi sebagian orang yang melakukan konvoi. Berkat komunikasi yang sangat lancar melalui jaringan 5G, setiap mobil atau kendaraan dapat dilacak dengan sangat mudah.

5. Lebih efisien dan lebih cepat dalam beraktivitas

Dengan teknologi jaringan 5G, pekerjaan akan menjadi sangat cepat dari biasanya, misalnya jika kita menggunakan jaringan 4G maka akan membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk mengupload atau mengupload file berukuran besar. Oleh karena itu, saat menggunakan jaringan 5G, waktunya mungkin lebih singkat daripada saat menggunakan 4G. Hal ini tentu sangat menghemat waktu Anda.

6. Jaringan 5G dapat menghemat baterai di smartphone

Seperti yang sudah kita ketahui, kebanyakan smartphone tidak bertahan seharian penuh. Penyebab baterai boros adalah durasi pemakaian yang sering hingga jaringan 4G digunakan. Namun, dengan berkembangnya jaringan 5G, smartphone tidak harus bekerja keras untuk mencari jaringan atau sinyal seperti pada era jaringan sebelumnya (4G atau 3G). Hal ini dikarenakan jangkauan jaringan 5G jauh lebih besar dan dapat dijangkau dari kota hingga desa terpencil.

Inilah kelebihan jaringan 5G yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini dapat memberikan pengetahuan tentang manfaat dan kecanggihan jaringan generasi kelima ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.