Jenis Mata Uang Digital Yang Dapat Menguntungkan

Bitcoin merupakan salah satu jenis mata uang digital yang sedang populer saat ini. Dengan kata lain, bitcoin adalah mata uang digital yang digunakan dan didistribusikan secara elektronik.

Bitcoin ini tidak dikeluarkan atau didukung oleh pemerintah atau bank mana pun. Jadi, kita dapat menyimpulkan bahwa bitcoin adalah jenis mata uang digital (elektronik) di mana mata uang ini tidak dikeluarkan atau didukung oleh layanan keuangan atau pemerintah. Untuk pembahasan selengkapnya tentang apa itu bitcoin, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Istilah Dalam Bitcoin

Sebelum memahami cara kerja bitcoin, alangkah baiknya jika kita terlebih dahulu memahami istilah – istilah yang terdapat dalam bitcoin. Istilah dalam bitcoin adalah sebagai berikut:

Blockchain juga dikenal sebagai kode sumber terbuka. Blockchain memiliki fungsi membuat buku besar publik bersama. Setiap transaksi yang dilakukan adalah blok dirantai ke kode untuk membuat catatan permanen dari setiap transaksi. Teknologi blockchain ini adalah jantung dari 2.200 cryptocurrency yang dibuat setelah bitcoin.

Baca Juga:  Apa Itu Candlestick? pedoman Lengkap Buat Pemula

Dompet bitcoin berisi kunci pribadi dan kunci publik. Kunci pribadi ini setara dengan pin ATM sedangkan kunci publik setara dengan nomor rekening bank. Kunci pribadi dan kunci publik ini kemudian akan bekerja sama dalam memungkinkan pemilik untuk menandatangani transaksi secara digital (elektronik). Selain itu, juga akan memberikan bukti otorisasi.

Istilah ketiga adalah penambang bitcoin. Penambang atau anggota platform peer to peer ini dengan bebas mengkonfirmasi transaksi menggunakan komputer berkecepatan tinggi dari 10 hingga 20 menit. Penambang dibayar dalam bitcoin berkat upaya yang mereka lakukan.

2. Cara Kerja Bitcoin

Setelah memahami istilah – istilah dalam bitcoin, kita juga perlu mengetahui cara kerja bitcoin. Cara kerja bitcoin dengan menggunakan teknologi peer-to-peer atau teknologi ujung ke ujung untuk memfasilitasi pembayaran instan apa pun.

Individu dan perusahaan independen dengan kemampuan komputasi yang mengelola dan berpartisipasi dalam jaringan bitcoin terdiri dari penambang. Para penambang yang bekerja dalam memproses transaksi di blockchain ini dimotivasi oleh pelepasan bitcoin baru serta biaya transaksi yang dibayarkan dalam bitcoin.

Baca Juga:  Cara Mudah Beli Tanah Virtual di Metaverse Decentraland Pemula

Penambang ini telah dianggap sebagai pusat otoritas terdesentralisasi yang menegakkan kredibilitas pada jaringan bitcoin.

3. Kelebihan Dan Kekurangan Bitcoin

Kelebihan Dan Kekurangan Bitcoin

1. Keuntungan Bitcoin

Bitcoin memiliki keunggulan dalam penggunaannya. Beberapa keuntungan dari bitcoinex adalah sebagai berikut:

  • Keamanan transaksi pribadi dengan biaya minimal
    Jika kita sudah memiliki bitcoin, kita bisa melakukan transfer kapan saja atau dimana saja. Sehingga dapat mengurangi waktu dan potensi biaya yang timbul dari setiap transaksi.
  • Keamanan transaksi pribadi juga menjadi hal utama. Proses transaksi bitcoin ini tidak menggunakan informasi pribadi seperti nama atau nomor kartu kredit sehingga dapat menghilangkan resiko pencurian informasi konsumen untuk tujuan pencurian identitas.
  • Potensi pertumbuhan yang besar
    Banyak investor membeli dan menahan mata uang ini. Ini karena bitcoin memiliki potensi pertumbuhan yang sangat besar. Sehingga jika kedepannya trust dan use ini meningkat maka nilai bitcoin juga akan meningkat.
  • Tidak terhubung dengan bank atau pemerintah
    Seperti disebutkan sebelumnya, bitcoin tidak dikeluarkan atau didukung oleh bank atau pemerintah. Ini adalah salah satu keuntungan dari bitcoin. Sebagai akibat dari krisis keuangan dan resesi yang parah, beberapa investor ingin merangkul mata uang alternatif yang terdesentralisasi dimana mata uang bitcoin ini berada di luar kendali bank biasa, perantara pemerintah atau pihak ketiga lainnya.
Baca Juga:  Metode Membaca Candlestick Bitcoin Buat Pemula

2. Kekurangan Bitcoin

Selain memiliki kelebihan, bitcoin juga memiliki kekurangan dalam penggunaannya. Kerugian dari bitcoin meliputi:

Salah satu kelemahan bitcoin adalah harganya sering berubah atau tidak stabil.

Tidak sembarang perusahaan dapat menggunakan mata uang bitcoin ini.

Kelemahan lain jika kita menggunakan bitcoin akan menjadi peluang bagi para hacker. Karena teknologi blockchain dalam bitcoin diyakini lebih aman dari pada transfer uang elektronik tradisional, itu menjadi target yang menarik. Misalnya, pada Mei 2019, terjadi pencurian bitcoin lebih dari $40 juta dari beberapa akun bernilai tinggi di binance pertukaran cryptocurrency.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *