Cara Scan Dokumen Foto Super Mudah

Cara Scan Dokumen Foto Super Mudah

Kemajuan teknologi terus berkembang setiap harinya. Seolah tidak ada istirahat teknologi-teknologi merambah ke penjuru dunia untuk memudahkan kehidupan era modern. Tidak terkecuali proses scan foto kini bisa dilakukan melalui ponsel tanpa ribet menggunakan mesin tertentu seperti zaman dulu. Untuk itu kita akan membahas bagaimana cara scan dokumen foto di hp tanpa aplikasi dan menggunakan aplikasi.

Cara Scan Dokumen Foto Di Hp Tanpa Aplikasi

Foto merupakan karya 2 dimensi yang di dalamnya mengabadikan suatu momen atau juga mengabadikan seseorang dalam gambar dapat dilihat lagi selama bertahun-tahun ke depan.

Foto sendiri saat ini seolah menjadi salah satu identitas masyarakat terbukti dengan adanya KTP dan foto juga digunakan sebagai salah satu penyimpan dokumen terbaik saat ini. Untuk mengurangi kertas semakin berserakan atau berfungsi mempermudah pembawaan dokumen tadi. Nah, untuk mempermudah dan memindahkan dokumen dari kertas ke hp kamu bisa menggunakan beberapa cara scan dokumen foto  hp tanpa aplikasi berikut ini.

  1. Cara Scan Dokumen Foto Online Cam Scanner

Cara scan foto atau dokumen yang pertama  bisa mengunjungi website online Cam sacanner untuk lebih mudah mengambil dokumen. Caranya pun sangat mudah, buka galeri terlebih dahulu, kemudian klik kamera, setelah mengunggah foto tadi sistem online Cam Scanner secara otomatis mendeteksi sudut-sudut dokumen. Jika tidak sudutnya tidak rapi maka sesuaikan secara manual. Kemudian kamu bisa memutar dokmen, bisa menyesuaikan pencahayaan agar tulisan pada dokumen terlihat jelas. Setelah itu atur perbesaran dokumen supaya mudah dibaca, jika dirasa sudah pas dokumen bisa langsung disimpan.

  1. Online Photo Scanner

Selanjutnya kamu bisa mencoba web ini untuk scan dokumen tanpa aplikasi. Memberikan beberapa pilihan, pertama kamu bisa meng-upload foto terlebih dahulu dan yang kedua kamu bisa mengambil foto saat sistem web berjalan. Setelah menentukan salah satunya, kamu cukup mengikuti langkah-langkah untuk mendapatkan kualitas scan dokumen yang bagus. Saat proses mengikuti langkah-langkah tadi kamu bisa mengubah pencahayaan dokumen agar tampak lebih jelas, bisa juga memotong bagian dokumen yang dirasa tidak penting. Proses penyimpanan juga sangat mudah, setelah merasa dokumen bisa dibaca dengan baik kamu bisa langsung meng-klik unduh agar foto masuk ke galeri secara otomatis.

  1. Sodapdf

Tidak beda jauh dengan website sebelumnya, web ini juga menyediakan sistem operasi scan dokumen. Dokumen yang kamu unggah bisa dengan mudah diedit dalam hitungan detik dan dapat digunakan secara gratis. Kamu bisa menggunakan secara online atau offline, untuk penggunaan secara offline kamu perlu mengunduh sodapdf dalam bentuk aplikasi. Nah, setelah meunggah foto dokumen jalankan OCR untuk mengubah hasil foto menjadi lebih baik. Setelah proses scan dokumen selesai kamu bisa langsung mengirimkan hasilnya melalui email.

  1. Smallpdf

Smallpdf memberikan layanan web mengubah foto menjadi dokumen yakni dari jenis foto JPG ke PDF. Prosesnya pun terbilang mudah tidak memakan banyak waktu untuk mengetik ulang dokumen, cukup mengunggah foto terlebih dahulu maka dengan cepat mengubah nya menjadi pdf. Web ini menjamin privasi tetap terjaga dengan baik, mendukung berbagai perangkat seperti windows, Linux, Mac, atau bahkan OS. Tidak hanya mendukung format JPG tetapi juga mendukung format foto lainnya, jadi kamu bisa dengan mudah menggunakan sistem operasi web ini.

  1. Img2go

Cara scan dokumen foto di hp tanpa aplikasi selanjutnya memungkin kamu mengubah foto ke dokumen menjadi lebih mudah dan dalam satu klik. Tidak hanya mengubah foto menjadi dokumen, web ini menyediakan fitu edit foto, mengubah ukuran foto serta format foto, menambahkan watermark pada foto, memutar foto, memangkas foto, bahkan bisa membuat gif animasi. Wah, cukup banyak fitur yang bisa kamu gunakan dalam satu website. Tapi jika tujuan kamu hanya untuk mengubah foto menjadi dokumen, bisa juga dilakukan dengan cepat.

  1. Ilovepdf

Tampilan yang benar-benar sangat sederhana dan to the point. Saat pertama kali membuka aplikasi kamu langsung disuguhkan untuk mengunggah foto yang akan dijadikan dokumen. Setelah itu kamu akan mendapatkan hasilnya dengan cepat. Untuk mendapatkan pengalaman hasil dokumen terbaik kamu harus melalukan pembayaran terlebih dahulu. Website ini tidak menyediakan tools lain memang hanya digunakan untuk scan dokumen online secara mudah.

Nah, setelah mengetahui cara scan secara online tanpa aplikasi, ketahui juga cara scan dokumen menggunakan aplikasi berikut ini.

Cara Scan Dokumen Foto Menggunakan Aplikasi

Scan dokumen menggunakan aplikasi memudahkan kamu agar tidak bolak-bailk mengunjungi website dan membuka browser. Hanya membuka aplikasi dengan mudah secara cepat langsung bisa mengubah foto menjadi dokumen. Lalu, aplikasi apa saja yang bisa kamu jadikan referensi scan dokumen? Berikut aplikasinya.

  1. Adobe Scan

Adobe scan aplikasi pertama yang bisa kamu coba merupakan sebuah aplikasi terkenal untuk mengedit sebuah dokumen. Aplikasi ini dapat digunakan baik android maupun iOS. Aplikasi yang dapat mengubah hard file menjadi soft file menjadi dokumen sesuai format yang diingkan. Sangat bisa diandalkan untuk mengubah foto menjadi sebuah dokumen.

  1. Documents Scanner SDK App

Aplikasi kedua ini dikhususkan bagi pengguna iOS jadi tidak bisa beroperasi pada sistem operasi Android. Salah satu keunggulannya adalah dapat mengubah foto ke dokumen dalam jumlah banyak secara bersamaan. Jadi, kamu akan lebih mudah mengubah banyak gambar dokumen dalam satu waktu secara bersamaan.

  1. Genius Scan

Merupakan aplikasi populer yang bisa kamu gunakan juga untuk mengubah foto menjadi dokumen. Sebelum mengambil dokumen pastikan letak dokumen rapi jika tidak kamu perlu memotong dan mengeditnya terlebih dahulu. Selain itu kamu bisa mengubah warna pada dokumen dengan menekan ikon equalizer agar dokumen tadi bisa terbaca dengan baik. Setelah selesai kamu bisa langsung menyimpannya.

  1. Tinjau Scanner

Selanjutnya aplikasi scan yang bisa kamu gunakan mengubah file tadi menjadi jpeg atau pdf. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kamu perlu menyesuaikan terlebih dahulu atau merapikan dokumen tadi, merapikan tata letak Engan rotasi, meningkatkan kualitas tulisan pada gambar, mengubah warna dokumen, dan lainnya agar dokumen dengan mudah bisa dibaca dan gambarnya lebih baik

  1. My Scans

Aplikasi terakhir ini akan sangat membantu kamu mengubah foto menjadi dokumen dengan kualitas baik tapi, hanya bisa digunakan oleh ponsel dengan sistem operasi OS. Cara menggunakannya juga terbilang mudah tinggal memasukan foto dan mengatur kecerahan, tulisan, kontras, dan memotong bagian yang tidak penting. Setelah itu dokumen bisa langsung disimpan.

Cara scan dokumen foto di hp tanpa aplikasi tadi memudahkan kamu untuk mendapatkan kualitas dokumen terbaik dan mudah. Selain itu, kamu juga bisa menghemat tenaga tanpa perlu mengetik ulang dokumen yang difoto tadi. Pilihlah salah satu web atau aplikasi untuk melakukan scan dokumen tadi dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.