Cara Mudah Untuk Mempercepat Browser Chrome Android

Cara Mudah Untuk Mempercepat Browser Chrome Android

Cara Mudah Untuk Mempercepat Browser Chrome Android – Ada kalanya browser Chrome terasa lambat di HP Android yang terkenal dengan kecepatannya. Meskipun terdapat ada beberapa alasan yang tentu membuat browser menjadi sangat lambat, kecepatan dalam mengakses halaman di Internet seringkali menjadi salah satu penyebab utama.

Browser Chrome Android sudah memiliki pengaturan yang dioptimalkan secara default untuk akses cepat ke halaman web, tetapi ada cara lain untuk memaksimalkan kecepatannya.

Berikut tips yang dapat mempercepat kinerja Google Chrome dan menghemat paket data internet:

Tutup tab yang tidak digunakan

Bahkan, beberapa halaman web yang sedang dibuka masih memakan data meskipun proses loadingnya sudah selesai. Apalagi ketika Anda membuka banyak tab di browser. Jadi kita akan menutup tab yang sedang aktif dan tidak digunakan. Dengan kata lain, kinerja browser Chrome dapat fokus pada jendela tab yang sedang kita gunakan secara aktif.

Baca Juga:  5 Mouse Nirkabel Terbaik dan Rekomendasi

Sebagai rekomendasi, jumlah tab aktif di Chrome tidak boleh lebih dari 5 tab. Namun jumlah ini juga tergantung dari kapasitas RAM smartphone dan jenis website yang dibuka. Untuk menutup tab di browser Chrome Android, klik ikon kotak dengan angka, lalu klik atau ketuk ikon silang untuk menutup tab yang sedang dimuat.

Gunakan App-DNS 1.1.1.1

DNS 1.1.1.1 Aplikasi DNS dikembangkan oleh CloudFlare dan aplikasi ini disediakan secara gratis bagi siapa saja yang ingin menggunakannya. Menggunakan aplikasi DNS ini akan membuat ukuran website menjadi lebih kecil dan akses internet lebih aman.

Menggunakan aplikasi DNS 1.1.1.1 di ponsel Android sangat sederhana dan digunakan sebagai berikut:

  • Pertama, unduh aplikasi 1.1.1.1 dari Play Store
  • Setelah diunduh dan diinstal, buka aplikasi
  • Kemudian ikuti instruksi dan izinkan akses ke aplikasi.
  • Selanjutnya, ketuk menu (tiga garis horizontal) dan pilih 1.1.1.1
  • Kembali ke layar utama lalu klik tombol Aktifkan
  • Terakhir, klik “Instal Profil VPN” lalu klik OK
Baca Juga:  Acer Aspire 5 A515-45 R8PY, Laptop Dengan Layar Lebar dengan Ryzen 5 5500U

Aktifkan mode cahaya di Chrome

Penghemat Data, atau yang sekarang disebut Light Mode, adalah mekanisme unik di Chrome. Dengan fungsi ini, situs web pertama kali dikompresi di server Google sebelum halaman diteruskan ke pengguna. Fungsi mode ringan ini dapat mempercepat loading dan menghemat kuota internet.

Untuk mengaktifkan mode cahaya di Chrome Android:
Di kanan atas layar, klik ikon menu tiga titik
Kemudian pilih Pengaturan.
Pilih mode cahaya dan atur ke On

Aktifkan fungsi prefetch di Chrome

Prefetch adalah fungsi yang memuat halaman situs web di sistem latar belakang ketika pengguna memasukkan alamat web. Fitur ini dapat mempercepat loading halaman website saat Anda siap untuk dikunjungi.

Baca Juga:  Cara Hide Foto dan Video di Vivo Smartphone

Lanjutkan sebagai berikut untuk mengaktifkan fungsi prefetch ini:

  • Klik menu tiga titik (kanan atas layar)
  • Pilih Pengaturan / Pengaturan
  • Kemudian pilih Privasi dan centang Halaman Pramuat

Jangan hapus cache di Chrome!

Jika Anda mencari tip untuk mempercepat kinerja browser Chrome di internet, Anda mungkin menemukan beberapa situs web yang merekomendasikan untuk membersihkan cache Chrome. Dan yang perlu Anda ketahui adalah bahwa tindakan ini salah dan tidak boleh diikuti!

Menghapus cache hanya akan mempercepat browser Chrome saat aplikasi dibuka, tetapi halaman web akan lambat dimuat. Ini karena Chrome menggunakan file cache untuk mempercepat pemuatan halaman web. Yang terbaik adalah hanya menghapus cache jika sudah sangat besar dan Anda merasa bahwa Chrome sering tertinggal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *