Cara Menggunakan Lagu Youtube Agar tidak Copyright

Cara Menggunakan Lagu Youtube Agar tidak Copyright

Cara Menggunakan Lagu Youtube Agar tidak Copyright – Apakah Anda tertarik untuk menjadi seorang YouTuber? Banyak dari mereka yang ingin menjadi YouTuber karena tergiur dengan penghasilan yang bisa didapatkan. Sudah banyak orang yang sudah membuktikan kesuksesannya sebagai YouTuber. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari menjadi seorang YouTuber, terutama untuk penghasilan finansial.

Namun, dibutuhkan proses yang cukup panjang untuk menjadi seorang YouTuber. Hal ini membuat sulit bagi siapa saja untuk dengan sabar menikmati proses menjadi seorang YouTuber. Ada banyak hal yang harus Anda lakukan untuk menjadi seorang YouTuber terkenal. Mulai dari merekam video, mengedit dan masih banyak lagi.

Anda dapat memilih kategori YouTube sesuka Anda, mis. B. Olahraga, permainan, musik dan lain-lain. Banyak dari mereka yang tertarik dengan kategori musik karena suka mengutak-atik dunia musik. Namun, ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui saat berencana menggunakan musik di video YouTube. Ini untuk mencegah YouTube Anda menyalin ke kanan.

Cara Menggunakan Lagu Youtube Agar tidak Copyright

Bagi Anda yang membuat konten cover lagu atau menambahkan lagu ke video YouTube, Anda perlu sedikit takut karena ada aturan YouTube tentang undang-undang hak cipta. Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat berlangganan YouTube Music Premium. Youtube sendiri memberikan akses uji coba kepada pengguna musik YouTube ke layanan premium selama tiga bulan.

Namun disini anda harus merogoh kocek sebanyak Rp. 49.000 berlangganan dengan YouTube Premium. Ada beberapa cara Anda dapat berlangganan YouTube Premium:

  • Pertama, unduh aplikasi YouTube Music dari Playstore atau App Store.
  • Instal aplikasi di smartphone Anda.
  • Buka aplikasi YouTube Music dan masuk dengan akun Gmail. Jika Anda belum memiliki akun, Anda dapat membuatnya terlebih dahulu.
  • Ada aplikasi musik YouTube di halaman utama dan Anda dapat mengetuk profil di sudut kanan atas.
  • Sementara itu, cukup ketuk DAPATKAN PREMIUM MUSIK di menu bawah.
  • Kemudian pilih “Tes gratis”

Baca Juga : Cara Daftarkan Channel Youtube ke Webmaster

Anda dapat menggunakan pembayaran pulsa, kartu kredit, dll. Sesuaikan saja apa yang Anda miliki dalam pembayaran.

Setelah itu, Anda dapat menggunakannya secara efektif.

Youtube juga hadir pada layanannya Youtube premium di Indonesia, termasuk musik Youtube premium. Anda bisa berlangganan mulai dari Rp 59.000 setiap bulannya.

Layanan yang satu ini mencakup langganan musik YouTube premium dan menawarkan pengalaman bebas iklan dengan fungsi pemutar latar belakang dan unduhan offline untuk jutaan video di YouTube. Kamu juga bisa membeli paket khusus YouTube Music Family Plan dan YouTube Premium Family dengan biaya berlangganan sekitar Rp 75.000.

Manfaat YouTube Premium

Anda yang menggunakan YouTube Music Premium dapat mendownload lagu untuk didengarkan secara offline atau saat tidak terhubung dengan internet. Anda juga dapat mendengarkannya langsung di latar belakang di YouTube premium.

Lagu dapat diputar bahkan setelah menutup aplikasi YouTube atau kembali ke layar ponsel Anda. Ini juga berlaku untuk tindakan multitasking yang dapat membuka aplikasi lain secara bersamaan. Hal ini tentunya akan memberikan Anda keuntungan yang sangat besar.

Musik YouTube premium ini memastikan bahwa pengguna tidak terganggu dengan melihat iklan. Sama seperti Spotify atau layanan berhenti berlangganan lainnya. Dalam versi gratis atau dasar, iklan sesekali akan muncul ketika Anda beralih lagi. Tentunya sangat menguntungkan bila Anda menggunakan YouTube Music Premium. Banyak hal yang bisa kamu dapatkan nantinya.

Aturan cover lagu di Youtube?

Konten cover lagu sering menjadi bahan perbincangan bagi siapa saja yang melakukannya. Ada aturan yang ditetapkan oleh YouTube yang harus diikuti oleh penggunanya. Apalagi bagi Anda yang merupakan youtuber, ada resiko konten Anda akan terkena hak cipta dan diblokir jika Anda tidak memahaminya dengan baik.

Dalam industri musik di dunia YouTuber, dibuat perbedaan antara komposisi musik dan rekaman suara dari sudut pandang perlindungan hak cipta. Komposisi musik itu sendiri terdiri dari musik, termasuk puisi atau lirik. Dimana komposisi musik ini bisa dalam bentuk salinan notasi atau rekaman awal pada kaset atau CD, yang sering terjadi.

Kini rekaman suara merupakan hasil penyempurnaan dari rangkaian suara yang berasal dari musik, suara manusia, dan suara lainnya. Dan yang dianggap sebagai pencipta rekaman suara adalah aktor atau produser rekaman yang bisa menjadi rekaman di final.

Baca Juga : Cara Menyematkan Iklan di Video Youtube

Undang-Undang Hak Cipta

Adapun hak cipta di YouTube, Anda perlu memahaminya dengan baik agar saluran Anda tetap aman. Hak cipta dalam rekaman suara tidak dapat disamakan dengan hak cipta dalam komposisi musik yang menghasilkan suara yang direkam.

Hal ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 tentang Perlindungan Hak Cipta atas Ciptaan Musik berdasarkan Pasal 12 (1) (d) Undang-Undang Hak Cipta. Sementara itu, perlindungan hak cipta atas rekaman suara diatur dalam Pasal 49 ayat 1 dan 2 UrhG. Anda perlu memahami undang-undang hak cipta yang telah diatur dalam industri musik.

Sedangkan cover art adalah hasil reproduksi atau pemutaran ulang sebuah lagu yang direkam sebelumnya oleh penyanyi aslinya. Lagu yang dihasilkan memiliki tujuan komersial, pencantuman nama penyanyi asli pada cover tentu saja tidak cukup untuk menghindari tuntutan hak cipta. Agar tidak melanggar produksi, perekaman, atau distribusi lagu orang lain, izin atau lisensi harus diperoleh dari pemegang hak cipta.

Ada beberapa lisensi atau hak cipta yang perlu Anda pahami sebagai berikut:

Lisensi Hak Mekanis

Lisensi ini untuk reproduksi atau reproduksi dan perekaman lagu atau musik pada CD, rekaman dan media lain yang digunakan untuk merekam.

Hak untuk mengumumkan

Hak ini adalah hak untuk mengumumkan suatu lagu atau komposisi musik termasuk memainkan, menyanyi, baik dalam bentuk rekaman maupun secara langsung melalui media.

Demikian beberapa informasi yang dapat kami sampaikan tentang berbagai cara agar lagu youtube tidak tercopy dengan baik. Ada banyak hal yang harus Anda ketahui dengan baik agar konten yang Anda buat benar-benar aman. Banyak dari mereka yang membuat video cover lagu atau memasukkan lagu ke dalam konten videonya. Anda dapat mencoba melakukannya sendiri.

Semoga informasi ini bermanfaat, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.