Yuk, Bersama Kenali Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar Yang Tepat!

Yuk, Bersama Kenali Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar Yang Tepat!

Cara mengatasi tinta printer tidak keluar tentunya kerap kali menjadi kunci yang Anda cari dalam jelajah internet. Hal ini terjadi karena ada banyak sekali kasus dimana tinta tiba-tiba macet dan tidak keluar sama sekali.

Inilah Sejumlah Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar

Namun, tenang saja sebab kami akan membuat Anda mengetahui langkah yang perlu dilakukan bila hal ini terjadi pada Anda. Langkah yang akan kami sarankan untuk Anda lakukan adalah hal yang sederhana. Simak dan buktikan sendiri hal ini, ya!

Install ulang driver

Penyebab yang paling sering terjadi adalah driver yang bermasalah. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan dalam cara mengatasi tinta printer tidak keluar ini tidak selalu berasal dari tintanya. Hal ini juga bisa saja berasal dari driver yang bermasalah.

Dengan adanya driver yang bermasalah ini, maka data yang sudah Anda input untuk dijalankan tidak akan berhasil. Untuk itu, kertas yang akan Anda terima hanyalah kertas putih tanpa ada tulisan.

Pada saat ini terjadi ada dua cara yang dapat Anda lakukan. Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah membawa printer Anda kepada yang ahli. Cara mengatasi  yang lain adalah mengatasinya sendiri dengan install ulang.

Unduh kembali driver yang Anda miliki dengan menggunakan perangkat yang tersambung pada printer. Dengan melakukan hal ini, maka Anda akan menemukan pengunduhan berjalan dengan baik. Bila sudah lakukan hal ini, maka print dapat dilakukan kembali dengan baik.

Baca Juga:  Cara Kompres Gambar Jpg Ke Pdf tanpa Aplikasi

Catridge tidak dalam posisi tepat

Bila Anda sudah melakukan langkah yang sebelumnya dan printer masih tidak menghasilkan tinta yang diinginkan, mak coba hal ini. Dalam cara mengatasi tinta printer tidak keluar ini, kami sarankan perbaiki posisi catridge dengan teliti.

Sebab, ada kemungkinan besar bagian ini tidak terpasang dengan benar sehingga tidak mengeluarkan tintanya. Meski biasanya tinta hanya akan macet saat catridge tidak terpasang dengan benar.

Akan tetapi, kami sarankan kepada Anda untuk coba benarkan bagian ini pula dalam cara  ini. Tentu saja, hal ini terjadi karen ada kemungkinan printer Anda tidak mengeluarkan tinta karena masalah ini.

Ubah kembali catridge hingga bagian yang paling sesuai. Pastikan tidak ada kemiringan meski 1 cm sekalipun. Dengan demikian, Anda dapat menjalankan kembali mesin printer dan menemukan benda tersebut kembali berfungsi seperti yang seharusnya.

Catridge kotor

Bagian lain yang akan Anda ketahui dalam cara mengatasi tinta printer tidak keluar ini adalah cara membersihkan catridge yang kotor. Tepat sekali, ada kemungkinan bahwa tinta tidak keluar karena catridge yang kotor,

Memang benar, ada banyak masalah pada catridge yang dapat menyebabkan printer tidak dapat beroperasi dengan baik. Bila catridge kotor yang menjadi penyebabnya, maka hal yang harus Anda lakukan adalah bagian yang sederhana.

Hal ini terjadi karena dalam cara ini Anda hanya perlu memastikan melakukan head cleaning. Head Cleaning menjadi salah satu fitur yang akan diberikan printer.

Untuk menemukan fitur ini, maka Anda hanya perlu buka aplikasi maintenance pada printer. Buka aplikasi ini dan cari head cleaning yang merupakan salah satu bagian dari menu yang ada. Lakukan dua hingga tiga kali proses ini.

Baca Juga:  Download Video Facebook Tanpa Menggunakan Aplikasi

Bila sudah melakukan cara mengatasi tinta printer tidak keluar ini dan printer masih tidak bekerja dengan baik maka gunakan cara manual. Cara manual yang dapat Anda lakukan saat ini adalah membersihkan langsung catridge.

Bersihkan catridge langsung dengan sentuhan lembut. Tetapi, pastikan Anda tidak menggunakan tangan langsung dan menggunakan tisu. Sebab, menggunakan tangan langsung berkemungkinan menimbulkan sejumlah error.

Lakukan deep cleaning

Hal lain yang dapat Anda lakukan dalam cara yang kali ini dikenal dengan nama deep cleaning. Langkah ini biasanya akan Anda tempuh saat menemukan printer sudah dalam kondisi yang tidak terpakai untuk waktu lama.

Bila benda sudah lama tidak Anda gunakan maka menemukan barang basah menjadi kering harusnya adalah hal yang sangat wajar. Bila Anda menemukan tinta mengering di lubang penyemprotan maka lakukan deep cleaning.

Sebab, tinta printer yang kering dalam bagian ini akan menghalangi jalan keluar tinta printer. Oleh karena itu, Anda tentunya perlu mengetahui cara mengatasi tinta printer tidak keluar yang satu ini, bukan?

Kami akan menjelaskan bahwa hal yang harus Anda lakukan lebih dahulu adalah memisahkan catridge dari printer. Saat lakukan bagian ini, pastikan Anda tidak menyentuh bagian chip-nya.

Cara ini juga akan meminta Anda merendam ujung catridge pada air hangat. Angkat dan goyangkan perlahan sehingga bagian yang mengering dapat luntur.

Dengan melakukan hal tersebut, maka catridge dapat berfungsi dengan baik lagi. Tetapi, sebelum memasangkan catridge kembali, kami sarankan memastikan bagian tersebut sudah kering sempurna.

Paper Jam

Penyebab lain adalah paper jam. Adanya benda atau hal lain yang menyangkut dapat membuat tinta tidak keluar. Harusnya cara dengan penyebab seperti ini sudah Anda ketahui dengan baik.

Baca Juga:  Cara Membuat Foto Polaroid Sendiri untuk Pemula

Untuk Anda yang menjawab, bahwa Anda hanya perlu mengeluarkan benda yang menyangkut dari dalam printer maka Anda sepenuhnya benar. Keluarkan kertas atau bagian lain yang menyangkut agar tinta dapat berjalan kembali.

Cara  ini akan jauh lebih mudah untuk Anda lakukan dan ketahui. Sebab, selain tinta yang tidak keluar, biasanya kertas yang masuk juga akan ikut tersangkut dan tidak dapat keluar dengan baik.

Melebihi limit

Sedikit masyarakat yang menggunakan printer mengetahui hal ini. Tetapi, bagian ini dapat menjadi salah satu alasan tinta printer tidak akan keluar lagi. Benar sekali, hal ini juga akan terjadi bila printer telah mencapai batas maksimal.

Saat printer Anda telah mencapai limitnya, maka Anda akan menemukan printer tidak akan bisa mencetak lagi. Cara mengatasi tinta printer tidak keluar bila disebabkan oleh hal ini juga bukanlah bagian yang sulit.

Hal ini dikarenakan semua dari Anda hanya perlu merubah bagian pengaturan yang ada. Bila sebelumnya limit yang ada 1000 halaman, maka ubah menjadi 1500 halaman. Untuk melakukan hal ini, gunakan software resetter.

Software yang ada sebelumnya memang tidak akan disediakan oleh printer maupun perangkat Anda. Dalam cara  ini, kami sarankan kepada Anda untuk unduh eksternal menggunakan situs yang ada pada internet.

Semua langkah yang ada sebelumnya merupakan sejumlah cara mengatasi tinta printer tidak keluar yang tepat untuk Anda lakukan. Dengan melakukan sejumlah hal ini, maka Anda akan menemukan printer dapat kembali berfungsi dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *