Cara Menemukan Pemilik Domain Secara Online dengan Mudah

Cara Menemukan Pemilik Domain Secara Online dengan Mudah

Cara menemukan pemilik domain secara online dengan mudah – Langkah pertama yang paling umum saat membuat situs web adalah memutuskan nama domain.

Yang perlu Anda lakukan adalah memilih dan membeli layanan hosting yang sesuai dari perusahaan hosting Anda yang sudah ada.

Namun, terkadang proses pemilihan domain tidak semulus yang Anda bayangkan, karena bisa jadi domain tersebut sudah dimiliki oleh orang lain.

Tentu saja, Anda tidak dapat mendaftarkan nama domain untuk penggunaan di masa mendatang, tetapi Anda tidak boleh terburu-buru mengubah nama domain Anda segera.

Anda dapat terus menggunakan domain yang sudah memiliki pemilik, dan proses ini belum tentu ada. Tetapi Anda dapat mengetahui siapa pemiliknya, dan Anda juga dapat menggunakan nama domain.

Hal ini dikarenakan website dengan nama yang Anda pilih sebenarnya tidak digunakan secara maksimal oleh pemiliknya, atau domain Anda mungkin akan dijual kembali. Untuk itu, Anda bisa mencari pemilik domain dan mencoba membelinya.

Ada banyak alasan mengapa seseorang mungkin menemukan pemilik domain di sebuah situs web, termasuk dukungan atau antisipasi produk dan layanan dalam sebuah artikel sebelum mulai bekerja di situs web yang relevan.

Sebuah situs web memang merupakan komponen branding yang cukup penting di dunia teknologi yang bergerak cepat. Ada beberapa cara untuk melakukan kegiatan promosi dan penjualan, seperti di website.

Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat website yang bagus dan mudah menarik perhatian pelanggan, dan salah satunya adalah website yang sangat handal yang dapat dipercaya oleh pembeli.

Tujuan Pengecekan Nama Domain

Ada banyak alasan mengapa seseorang mencari nama domain dan pemilik, karena ada banyak alasan orang mencari nama domain dan pemilik. Berikut adalah beberapa tujuan umum untuk Mengecek nama domain:

  • Jika Anda ingin menghubungi pemilik website untuk tujuan memberikan kerjasama, hal ini biasanya dilakukan ketika seorang pencari ingin mempromosikan suatu produk menggunakan jasa pemilik domain.
  • Verifikasi untuk menentukan apakah sebuah situs web dikelola oleh individu atau bisnis.
  • Antisipasi penipuan tidak diragukan lagi merupakan kasus penipuan di jaringan internet. Banyaknya insiden dan kerugian yang diterima korban harus mampu mengantisipasi tindakan penipuan tersebut.
  • Hal ini untuk mencegah pekerjaan yang tidak diinginkan dan hilangnya mengetahui usia dan tanggal pendaftaran domain.
Baca Juga:  Cara Mendapatkan Domain Murah dengan Harga Terjangkau

Cara Mengecek pemilik domain

Sangat mudah untuk memverifikasi pemilik domain. Hal ini dapat dilakukan bahkan oleh orang-orang tanpa latar belakang IT, asalkan mereka memiliki gadget dan koneksi internet yang baik.

Setiap kali Anda mendaftarkan nama domain, Anda harus memberikan informasi kontak yang relevan. Ini memudahkan orang untuk menemukan informasi ini menggunakan situs pencarian pemilik domain yang ada.

Ada banyak situs yang menawarkan cek ini, dan salah satunya menggunakan WHOIS.

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya mengenal istilah WHOIS terlebih dahulu. WHOIS adalah situs web yang berisi informasi termasuk alamat, alamat IP, dan nama pemilik situs web yang tersedia di Internet.

Semua data akurat dan dapat digunakan sebagai referensi oleh mereka yang mencari informasi. Situs ini sangat sederhana dan tersedia 24 jam sehari. Berikut cara menggunakan WHOIS untuk memverifikasi pemiliknya:

  • Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuka situs cek WHOIS.
  • Kemudian lanjutkan dengan memasukkan alamat web atau domain yang Anda inginkan informasi pemilik dan kepemilikannya.
  • Anda dapat mengklik OK atau tekan Enter untuk mendapatkan hasilnya.
  • Tergantung pada alamat situs web yang diberikan, informasi yang diperlukan akan muncul.

Layanan Privasi WHOIS adalah layanan yang melindungi data dan informasi pribadi pemilik domain, sehingga pengguna situs web dapat memperoleh informasi yang relevan kecuali mereka menggunakan Layanan Privasi WHOIS.

Jika digunakan oleh pemilik domain, Anda tidak akan dapat melihat informasi pribadi pengguna tersebut.

Anda tetap dapat melihat informasi pemilik domain, namun biasanya hanya berupa tempat pendaftaran domain, dan informasi identitas seperti nama pemilik domain, alamat email dan nomor telepon, tanggal pendaftaran dan tanggal kedaluwarsa, serta alamat IP pemilik domain.

Apa yang harus dilakukan setelah menemukan pemilik domain

Setelah Anda mengetahui lebih banyak tentang pemilik domain, untuk apa Anda menggunakan informasi itu? Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan setelah menemukan pemilik domain:

Baca Juga:  Apa itu Server Colocation dan Fitur Terbaiknya

Baca JugaCara Mendapatkan Domain Murah dengan Harga Terjangkau

Nego dengan pemilik

Telah dikonfirmasi bahwa domain yang Anda pilih memiliki pemilik dan Anda ingin membelinya untuk situs web Anda. Bahkan jika orang lain menggunakannya, Anda masih dapat menggunakannya.

Negosiasikan dengan pemilik dan hubungi mereka melalui email atau nomor telepon. Jelaskan maksud dan tujuan negosiasi serta negosiasikan harga domain yang mereka tawarkan.

Anda bisa mendapatkan keuntungan dari memeriksa tanggal kedaluwarsa karena biaya yang mereka minta cukup tinggi.

Jika tanggal kedaluwarsa tinggal satu bulan, Anda dapat menegosiasikan harga sesuai dengan sisa tanggal kedaluwarsa.

Tujuan dari negosiasi ini adalah untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan domain yang Anda inginkan tanpa tersesat dalam biaya tinggi yang terlibat.

Beli domain lain

Jika data yang diperoleh setelah negosiasi tidak detail, Anda dapat membuat domain dengan nama baru. Misalnya, saya mengubah ekstensi domain untuk awalnya menggunakan domain com.

Namun, karena mereka sudah memiliki pemilik, Anda dapat menggantinya dengan ekstensi domain seperti (dot)co, (dot)tech, dll.

Manfaatkan perlindungan WHOIS

Setelah Anda mendapatkan domain impian Anda, Anda bisa menggunakan layanan proteksi. Ada banyak perusahaan yang menawarkan layanan ini dalam paket tertentu, dari paket sederhana hingga paket terlengkap dengan harga berdasarkan yang sudah ada.

Informasi yang disediakan oleh WHOIS

Karena Anda sudah mengetahui terminologi WHOIS yang dibahas di atas, Anda juga harus mengetahui apa yang disediakan WHOIS saat mencari pemilik domain. Berikut ulasan lebih lengkapnya.

informasi domain

Bagian ini biasanya berisi informasi terkait nama website, tanggal pendaftaran dan tanggal kadaluarsa, serta informasi mengenai apakah domain tersebut aktif, tidak aktif atau ditangguhkan. Juga informasi tambahan tentang nama server yang digunakan.

Kontak Pendaftar

Informasi yang tersedia di bagian ini berupa orang yang mendaftarkan situs web dengan nama domain yang ada, dan informasi yang dilampirkan biasanya mencakup nama pendaftar, organisasi yang diselenggarakan, alamat dan kota tempat tinggal, dan tambahan lainnya. informasi yang terkait dengannya. Anda dapat dihubungi di negara, email, dan nomor telepon orang tersebut.

Baca Juga:  Panduan Dedicated Server dan Manfaatnya untuk Pemula

Baca JugaTop Level Domain (TLD), jenisnya, dan Dampaknya Terhadap SEO

Kontak Administratif

Informasi di bagian ini hampir sama dengan informasi di informasi kontak pendaftar, tetapi Anda biasanya dapat menemukan biografi seseorang di sini beserta detailnya menurut pemilik situs web.

Teknisi

WHOIS juga umumnya memberikan informasi kontak teknis, yang berfungsi untuk melampirkan informasi mengenai informasi kontak yang dapat Anda hubungi. Informasi lengkap yang diperoleh berupa nama pemilik website, alamat IP, dll.

Data WHOIS mentah

Bagian ini memberikan informasi rinci dan sangat lengkap yang dapat Anda gunakan dari data whois mentah ini, informasi apa pun yang Anda butuhkan. Semua informasi yang disajikan sangat detail dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Yang terpenting, Anda perlu mengecek status domain, seperti aktif, masih pending, tidak aktif, atau sudah tidak aktif.

Mendaftarkan Situs untuk Mengecek Pemilik Domain

Selain WHOIS yang dijelaskan sebelumnya, ada beberapa situs yang dapat Anda lakukan untuk mengecek pemilik domain Anda. WHOIS bukan satu-satunya situs yang dapat mengecek nama domain. Berikut adalah daftarnya.

  • whois(dot)com
  • whois(dot)net
  • whois(dot)domaintools(dot)com
  • who(dot)is
  • whois-search(dot)com
  • networksolution(dot)com/whois
  • betterwhois(dot)com
  • easywhois(dot)com

Kesimpulan

Sangat sulit untuk menemukan domain bagus yang tidak dimiliki orang lain. Karena ada banyak situs tidak hanya di Indonesia.

Dengan begitu banyak situs asing di luar sana, mungkin agak sulit untuk menemukan nama domain yang sesuai dengan pilihan Anda.

Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan untuk tidak dapat memiliki domain yang diinginkan. Karena ada banyak cara untuk memiliki domain yang Anda inginkan. Salah satunya adalah dengan membeli domain yang sudah ada sesuka hati.

Sebelum Anda membeli nama domain dari pemilik sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah meneliti dan mencari tahu tentang domain terlebih dahulu, dan Anda dapat memverifikasi nama pemilik domain.

Ada banyak situs yang menyediakan layanan pencarian ini, salah satunya adalah WHOIS. Namun, perlu Anda ketahui bahwa tidak semua informasi yang diperoleh benar-benar benar. Baca lebih lanjut tentang ini.

Jika informasi yang diperoleh sulit dan tidak dapat diandalkan, Anda dapat membeli domain baru dengan hanya mengubah ekstensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *