Cara Memilih Asuransi Mobil Mudik Lebaran

Cara Memilih Asuransi Mobil Mudik Lebaran

Cara memilih asuransi mobil mudik lebaran  – Bersiaplah untuk perjalanan mudik lebaran untuk merayakan Idul Fitri 1443 H bersama keluarga.

Pada 2022, pemerintah tidak akan lagi mengeluarkan larangan mudik lebaran seperti dua tahun terakhir.

Orang yang dalam keadaan sehat dan telah menerima vaksin Covid-19 dosis penuh (1 dan 2) serta booster di atas usia 18 tahun dapat pulang untuk Idul Fitri.

Tentunya agar mudik Lebaran dapat berjalan dengan lancar dan nyaman di tahun 2022, persyaratan perjalanan di atas harus disiapkan mulai dari sekarang.

Kendaraan mudik Lebaran Anda juga harus dijaga dalam kondisi baik untuk perjalanan jauh. Asuransi mobil juga penting.

Semua berharap perjalanan pulang Id berjalan lancar tanpa hambatan. Tapi tidak ada yang tahu masa depan. Selain itu, wisata Lebaran selalu ramai.

Departemen Perhubungan memperkirakan, mengutip Kompas.com, jumlah pemudik yang kembali ke Idul Fitri akan mencapai 56 juta pada tahun 2022, dan bisa melonjak menjadi 70 juta karena ada orang yang tidak pulang dalam dua tahun.

Dari 56 juta yang diharapkan pulang, 21 juta, atau 26%, akan menggunakan mobil sendiri.

Kemudian 18% atau 14 juta orang pulang dengan membawa sepeda motor. Selain itu, jumlah pemudik yang menggunakan bus adalah 16% atau 12 juta, dan dengan pesawat terbang 12% atau 9 juta.

Semakin banyak pemudik, maka semakin besar pula risiko bepergian saat mudik Lebaran tahun 2022. Kerusakan mobil, kecelakaan dan kejahatan dapat terjadi selama perjalanan dan liburan ke Lebaran.

Oleh karena itu, kendaraan juga membutuhkan asuransi untuk melindungi dari hal-hal buruk dalam perjalanan pulang.

Hampir semua perusahaan asuransi sekarang menawarkan asuransi mobil. Tentu saja, semakin banyak pilihan produk asuransi mobil yang Anda miliki, semakin sulit untuk memutuskan mana yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Baca Juga:  Perusahaan Asuransi Kesehatan yang Layak Dipertimbangkan

Agar tidak salah dalam memilih, berikut beberapa tips memilih Asuransi Mobil Rumah Idul Fitri 2022.

1. Pelajari tentang perusahaan asuransi

Asuransi merupakan salah satu lembaga keuangan yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hanya perusahaan asuransi yang memiliki izin OJK yang dapat menawarkan produknya ke publik.

Pastikan Anda hanya menggunakan asuransi kendaraan dari perusahaan yang memiliki izin OJK. Data perusahaan asuransi yang mendapat izin OJK pada tahun 2022 dapat dilihat pada tautan berikut.

Selain izin, periksa juga reputasi perusahaan asuransi Anda. Cari di internet dan media sosial untuk mengetahui bagaimana kinerja perusahaan Anda.

Perhatikan semua review yang penulis berikan untuk mengetahui pro dan kontra dari perusahaan asuransi.

Salah satu perusahaan asuransi yang menyediakan jasa asuransi kendaraan adalah Allianz Indonesia.

Salah satu polis asuransi mobil Allianz Indonesia adalah Allianz MobilKu yang dapat memberikan Anda perlindungan menyeluruh terhadap perjalanan pulang Anda ke Lebaran.

Allianz MobilKu menawarkan tiga pilihan: Mobilku Eco, Mobilku Grand dan Mobilku Non Package.

MobilKu Eko adalah asuransi kendaraan hemat untuk kebutuhan mobil Anda.

MobilKu Grand adalah asuransi kendaraan yang memberikan perlindungan lengkap dan sederhana dari banjir, pencurian kendaraan oleh pengemudi, penginapan taksi dan lainnya.

Baca Juga:  Cara Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

Paket MobilKu Non adalah asuransi kendaraan yang dapat memberikan perlindungan yang disesuaikan dengan pilihan dan kebutuhan Anda.

Baca Juga5 Jenis Asuransi di Indonesia Yang Perlu Kamu Tahu?

2. Ketahui jenis-jenis asuransi mobil dengan informasi yang detail

Secara umum, Anda dapat memilih dari dua jenis asuransi mobil: komprehensif atau semua risiko dan kerugian total (TLO).

Asuransi Mobil All-Risk memberikan perlindungan menyeluruh terhadap segala kerusakan, mulai dari goresan, penyok dan pecahan kaca hingga kerugian akibat pencurian.

Semua kerusakan kecil dan besar dijamin oleh asuransi kendaraan all risk. Tentu saja nominal premi yang dibayarkan juga lebih mahal karena banyaknya proteksi yang ditawarkan.

Asuransi mobil TLO memiliki premi yang lebih rendah dari asuransi all risk. Namun, asuransi mobil TLO hanya memberikan perlindungan terhadap kerusakan dan kehilangan yang serius.

Kendaraan rusak parah dalam suatu kecelakaan dan biaya perbaikan lebih dari 75% dari harga kendaraan.

Juga, terkadang perusahaan asuransi menawarkan pertanggungan yang diperpanjang, seperti risiko bencana alam seperti kerusuhan, banjir, dan gempa bumi.

Semakin banyak cakupan yang Anda berikan, semakin tinggi premi yang harus Anda bayar.

3. Pahami perlindungan yang Anda terima

Setelah Anda mengetahui jenis-jenis asuransi mobil, pahami juga jenis-jenis perlindungannya. Bacalah polis asuransi kendaraan yang akan Anda gunakan dengan cermat.

Setiap polis memiliki sesuatu yang diasuransikan atau dilindungi oleh perusahaan asuransi. Jika Anda tidak tahu sesuatu, Anda dapat mengajukan pertanyaan asuransi sebanyak yang Anda inginkan.

Jangan takut untuk meminta perlindungan ekstra yang ingin Anda dapatkan. INI TERMASUK KETENTUAN YANG DIBERIKAN ATAS JANGKA WAKTU GARANSI DAN HILANGNYA PERLINDUNGAN, DAN BERBAGAI PENGECUALIAN YANG BERLAKU.

Baca Juga:  Begini Cara Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

4. Bandingkan produk asuransi

Setiap produk asuransi mobil menawarkan perlindungan yang berbeda. Bandingkan setiap asuransi mobil untuk mendapatkan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa hal untuk dibandingkan:

Bengkel rekanan

Pastikan Anda memiliki bengkel rekanan yang menjadi arah dan tujuan perjalanan Lebaran Anda. Workshop mitra juga tersedia 24 jam sehari sehingga selalu siap saat Anda membutuhkannya.

Kemudahan klaim

Produk asuransi mobil yang baik adalah produk yang dapat dengan mudah ditagihkan kepada pelanggan. Apalagi ini era digital. Layanan penagihan dapat dilakukan dari jarak jauh dengan satu sentuhan jari, seperti layanan penagihan digital Allianz MobilKu.

Fungsi layanan

Dapatkan asuransi mobil yang menawarkan sejumlah fitur layanan penting, termasuk truk derek, ambulans, dan bantuan jalan darurat 24 jam.

Seperti Allianz MobilKu, Allianz MobilKu juga menawarkan layanan penuh termasuk bantuan darurat 24 jam di jalan, jaringan bengkel dan AllianzCare 24/7.

Baca Juga:  5 Panduan Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

5. Menyesuaikan Kebutuhan dan Anggaran

Produk asuransi mobil yang berbeda memiliki premi yang berbeda. Sesuaikan kebutuhan asuransi kendaraan Anda untuk perjalanan Lebaran dengan budget yang tersedia.

Jangan memaksakan diri untuk membeli asuransi dengan premi yang tinggi. Tapi jangan terbuai dengan penawaran premium yang murah.

Semakin rendah premi, semakin banyak pengecualian yang umumnya berlaku untuk produk asuransi.

Tentunya, sebelum memilih polis asuransi mobil, lakukan riset terlebih dahulu tentang isi polis asuransi tersebut. Pastikan asuransi yang Anda bayarkan cukup untuk memenuhi kebutuhan proteksi Anda terhadap mobil yang Anda cintai.

Selamat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Jaga tubuh, jaga kesehatan, dan nikmati mudik Lebaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *