Cara Buat Sumur Bor Manual Dengan Paralon

Cara Buat Sumur Bor Manual Dengan Paralon

Cara Buat Sumur Bor Manual Dengan Paralon – Sumber air bersih merupakan bagian penting dari sebuah rumah. Selain PDAM, Anda juga harus memiliki sumber air tertentu. Misalnya, sumur bor yang bisa dibangun di lahan terbatas. Yuk, simak tips cara mengebor efektif dengan menggunakan Paralon yang tepat!

Air bersih dipandang sebagai salah satu kebutuhan terpenting dalam rumah tangga.

Namun, tidak semua komponen memiliki pasokan air PDAM lagi.

Selain itu, meskipun memiliki aliran air PDAM, namun terkadang mengeluh akibat musim kemarau.

Oleh karena itu, penting untuk mempraktekkan persediaan udara cadangan yang sebanding dengan sumur.

Varian efektif yang bisa Anda pilih adalah latihan efektif yang tidak memakan banyak ruang.

Berikut tips cara mengebor efektif dengan Paralon yang mudah untuk dicoba.

Baca Juga :  6 Tips Menjadi Youtuber yang Konsisten

Apa itu sumur bor?

Sumur bor adalah sumur yang dibuat dengan cara mengebor tanah sampai kedalaman tertentu, berbeda dengan sumur gali yang dibuat dengan cara menggali tanah. Biasanya kedalaman galian bisa mencapai 40-80 meter dan airnya sangat jernih.

Untuk membuat lubang bor dengan pipa paralon, Anda perlu:

  • Besi pengebor tanah dan mata bor
  • Kayu
  • Tabung Paralon 5, 3, 1, dan inci
  • Keran
  • lem pipa
  • Mesin pompa air

Cara Buat Sumur Bor Manual Dengan Paralon

Cara Buat Sumur Bor Manual Dengan Paralon

1. Tentukan Lokasi Untuk Sumur Bor

Sebelum memulai proyek pengeboran yang efektif, pastikan untuk meminta dari spesialis lokal untuk mendapatkan izin pengeboran.

Hal ini untuk memastikan bahwa tidak ada masalah di kemudian hari yang muncul setelah penyelesaian tidak efektif.

Kemudian lanjutkan untuk memilih titik lantai yang benar.

Anda dapat memeriksa peta topografi tepi untuk memastikan kondisi tanah.

Namun secara umum, tanah yang indah adalah tanah yang tidak banyak mengandung lumpur, terbuka dan diperoleh dari septic tank.

Langkah pertama dalam membuat sumur menggunakan pipa Paralon adalah menemukan kondisi yang tepat. Usahakan untuk membuat bagian bawah, yang efektif tidak terlalu banyak lumpur. Hal ini membuat air semakin keruh.

Kemudian, jika Anda bisa membuat tanah yang kuat, Anda benar-benar ingin menggali lebih dalam. Ini hanya karena lantai yang kuat lebih tahan lama daripada lantai tanah liat. Airnya juga bisa menyenangkan dan sangat bagus.

Baca Juga :  Tips Mengatasi Penagihan Hutang Yang Bermasalah

2. Jangan Buat Pada Saat Musim Hujan

Beberapa orang mungkin berasumsi bahwa bekerja secara efektif selama musim hujan bisa sangat menyenangkan bisa turun hujan deras. Tidak ada yang salah dengan ini, tetapi latihan yang di musim hujan tidak akan membuat Anda efektif menggali sedalam itu. Karena, kedalaman dangkal ini sudah tidak mampu menjangkau titik suplai air utama.

Di sisi lain, air praktis menjadi kering selama musim kemarau karena tidak dapat mencapai sumber udara utamanya. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda mengebor paralon secara efektif di musim kemarau. Ini agar Anda siap untuk mendapatkan pasokan udara dan mengambil udara ekstra saat musim hujan tiba.

3. Tentukan kedalaman yang diinginkan

Melanjutkan paragraf di atas, tentu penting untuk menentukan kedalaman udara secara efektif untuk mendapatkan pasokan udara terbesar. Jika Anda menggunakan layanan yang efektif, staf biasanya akan mengirimkan pipa dengan panjang sekitar dua kaki.

Untuk teknik pengolahannya, Anda menginginkan sebuah karya dengan panjang sekitar NOL meter yang dirangkai. Ini digunakan untuk memasukkan udara dengan cepat ke dalam pipa atau lubang udara. Namun, saat musim hujan tiba, udara juga menjadi keruh. Idealnya, level kedalaman efektif adalah 17 meter sampai 20 meter. Hal ini dapat terjadi jika dilakukan pada saat musim kemarau.

4. Memilih Pipa PVC Yang Tepat

Faktor berikutnya yang harus dilihat sebagai metode untuk mengebor lubang secara efektif menggunakan Paralon adalah pipa PVC yang digunakan. Ada beberapa jenis pipa yang perlu dipertimbangkan. Misalnya, Anda siap menggunakan tabung hisap. Jadi Anda menginginkan pipa yang panjangnya 3,5 meter dan diameternya sekitar 1 inci.

Untuk penggunaan outer tube sebaiknya gunakan outer tube berukuran 2 inci saja. Kemudian pilih pipa yang paling nyaman karena pipa tidak bisa diganti. Oleh karena itu, pilihlah pipa yang cukup tebal agar tidak mudah bocor atau pecah saat digunakan. Apalagi bila digunakan dalam jumlah yang cukup saat bekerja. Jika sudah tidak kuat, dikhawatirkan pipa akan rusak atau pecah.

Baca Juga :  Tips Membuat Video Youtube Agar Cepat Viral

5. Lakukan Tes Untuk Mengetahui Kualitas Air Sumur

Cara yang terakhir untuk membuat lubang bor dengan menggunakan paralon adalah dengan memeriksa kualitas air yang ada. Fungsinya agar Anda lebih mengetahui tentang kecocokan udara. Kami menyarankan agar Anda tidak menggunakan pompa air atau paralon baru saat air keruh.

Kondisi mendung seperti ini dapat menghasilkan pasir dan lumpur. Materi yang dikhawatirkan NULL akan mengendap di bagian dalam pipa paralon. Jika dibiarkan seperti itu, maka kemungkinan besar pipa akan tersumbat oleh kotoran. Kemudian, ketika ditentukan melalui udara dari bawah, Anda tidak dapat mengikatnya, itu mungkin akan memicu pipa pecah. Apalagi jika diameternya kecil dan pipanya tidak tebal.

Itulah beberapa hal yang harus Anda ambil dalam cara membuat bor yang bagus dengan paralon. Selain membuat lubang bor pribadi Anda menggunakan paralon, Anda juga dapat memilih pilihan untuk menggunakan penyedia yang membuat pro dengan baik sambil tetap menggunakan bahan terbaik.

Jika anda mengalami masalah dalam membuat sistem perpipaan anda, Coba gunakan Pipa Galvanis pada sistem perpipaan anda.Lihat harga fluktuatif dan fungsi. Semoga bermanfaat, dan terima kasih.

6. Pemasangan Besi Pengeboran Tanah

Langkah selanjutnya dalam cara membuat bor yang bagus menggunakan paralon adalah memasang besi bor lantai.

Besi ini bisa sangat panjang, sesuai dengan kedalaman sumur yang tersimpan.

Pada akhirnya, gabungkan mata bor yang runcing sehingga mungkin akan menembus lantai dengan baik.

Jika diselesaikan melalui tenaga kerja, waktu pengeboran bisa mencapai 5-7 hari dengan waktu operasi 8 jam.

7. Pemasangan Pipa Paralon

Jika sudah mencapai titik yang diinginkan, Anda bisa langsung memasang frame paralon.

Gunakan pipa paralon atau PVC dengan ketebalan yang bagus agar tahan terhadap tekanan udara.

Jika tidak, dikhawatirkan pipa tersebut akan jebol atau pecah di hati pemakainya.

Pasang pipa besar dulu, lalu berkurang saat akan sampai ke ujung.

Tujuan agar pipa besar dapat melindungi pipa kecil dari tekanan udara.

Pastikan juga air yang keluar dari pasir dan debu agar tidak lagi menyumbat pipa nantinya.

Baca Juga :  BUMN Pertamina Buka Lowongan Kerja 2021, Cek Posisi Penempatan

8. Tahap Akhir Pemasangan

Tahap terakhir adalah menyambung pipa dari sumur ke mesin pompa ai r . Jika ada ruang yang cukup, Anda dapat membuat sambungan tubuh ke paralon sehingga udara yang disedot dapat ditampung dengan baik. Baru kemudian bergabung dengan paralon dengan saluran udara yang dihasilkan di dalam rumah.

Wadah dalam paralon juga dapat membantu menjernihkan air sebelum digunakan.

Jika airnya lebih jernih, jelas penggunaannya akan lebih pas dan aman untuk Anda.

Originally posted 2021-06-18 22:03:06.

SEDANG TREND :  Cara Lacak Posisi Pacar Tanpa Aplikasi