Aplikasi Edit Video di Laptop

Aplikasi Edit Video di Laptop

Para konten kreator yang kerap kali membuat video untuk memenuhi kebutuhan penikmatnya tentu akan membutuhkan aplikasi edit video di PC yang mumpuni dengan berbagai fitur. Bukan hanya aplikasi edit video di laptop manual tetapi aplikasi edit juga menyediakan banyak filter yang secara langsung sehingga mudah untuk menjalankan aplikasinya.

Terdapat berbagai jenis aplikasi edit video di laptop yang cocok untuk anda gunakan. Namun, anda perlu memperhatikan spesifikasi PC/laptop yang akan digunakan agar ketika anda melakukan aktivitas mengedit video tidak akan ada gangguan. Berikut rekomendasi aplikasi edit video yang dapat menjadi pilihan anda di bawah ini.

  1. AVS Video Editor

AVS Video Editor merupakan aplikasi edit video yang khsusus digunakan untuk PC Windows secara gratis. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk mengedit video menjadi lebih mudah sebab fitur-fitur yang disematkan tidak selengkap aplikasi editor video propesional lainnya.

Walaupun demikian, sebagai fitur yang telah dipersiapkan ini pada dasarnya dibutuhkan untuk mengedit video dan memang telah disediakan di aplikasi ini termasuk fitur untuk memoton, menggabungkan, menyematkan audio dan sebagainya.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Online Media Technologies Ltd yang dikemas dengan antarmuka sederhana dan sangat mudah digunakan sehingga untuk anda yang pemula dalam mengedit tidak perlu merasa khawatir terkait kesulitannya.

AVS sebagai aplikasi edit video di laptop yang dikhususkan untuk PC mendukung berbagai format yang kurang umum hingga yang jarang digunakan. Format video aplikasi ini yaitu AVI, VOB, MP4, 3GP, MOV, MKV dan sebagainya. Menyediakan berbagai fitur dasar mulaidari pemangkas,pemotong, pemisah, penggabung, pencampur video dan fitur untuk menambahkan teks,audio hingga fitur untuk menstabilkan video yang goyang dan juga menyediakan 300 efek video serta transisi untuk videonya.

Selanjutnya yaitu fitur perekam layar yang bisa saja anda gunakan untuk membuat video demo atau panduan. Selain itu dapat digunakan untuk membuat slidshow dan menyimpan video dalam berbagai format.

  1. Adobe Premier Pro

Selanjutnya yaitu Adobe Premier Pro merupakan aplikasi pengeditan video berbasis waktu yang dikembangkan oleh Adobe System dan dipublikasikan sebagai bagian dari program lisensi adobe creative cloud. Adobe Premiere Pro adalah generasi lanjutan dari Adobe Premiere.

Adobe Premiere Pro adalah software untuk mengedit video professional yang menjadi salah satu yang terbaik di jenisnya. Berbagai macam fitur dari aplikasi ini yang cukup menarik dan dapat anda gunakan saat ingin mengedit video anda.

Color grading adalah fitur yang pertama akan dibahas pada aplikasi edit video di laptop Color grading menjadi lebih vibrant dan dinamis. Spesifikasi dari color grading ini menjadi standar untuk video yang ingin ditampilkan di broadcast televise.

Scebe edit Detection sebagai fitur yang kedua memungkinkan anda untuk mengedit cuplikan video secara otomatis dengan hanya klik kanan di klip video dan pilih ‘scene edit detection’ lalu pilih apakah ingin langsung memotong klip atau diberikan penanda saja. Fitur ini dapat dijadikan sebagai mata baru dengan memberikan rekomendasi dibagian yang menurut Premiere Pro pas untu di potong.

Adobe Stock Audio berupa perpustakaan yang berisi aset audio bebas royalty dan dapat digunakan untuk membuatan video apapun itu. Terakhir yaitu fitur Adobe Premiere Pro Production yang dapat dikatakan sebagai hub untuk berkolaborasi, dengan fitur ini workflow akan jadi lebih ringan dan pekerjaan yang mengharuskan utnk adanya kolaborasi jadi lebih mudah untuk dikerjakan.

  1. VirtualDub

VirtualDub dinilai sebagai aplikasi yang ringan dan sangat pas untuk digunakan di PC yang memiliki spesifikasi terbatas. Anda yang ingin melakukan edit video namun spesifikasi PC tidak memenuhi maka disarankan untuk menggunakan untuk mengunduh virtualDub sebab fitur dan toolnya yang hampir sama dengan editing video lain.

Untuk fitur tertentu dari aplikasi ini tidak selengkap dengan aplikasi lainnya bahkan masih jauh dibawah aplikasi vsdc dan aplikasi lainnya. Fitur dan tools basoc sudah tersedia dengan lengkap di aplikasi ini berupa trimming, splitting, cutting, penambahan judul dan fitur basic lainnya.

Beberapa fitur virtualDub yaitu split dan trim yang digunakan untuk menggabungkan dan melakukan split pada video, melakukan pemotongan pada video, menggabungkan beberapa video, cropping video, memutar dan merotasi video, mengkompres video menjadi ukuran yang berbeda bahkan anda dapat mengecilkan ukuran videonya. Lalu fitur untuk menghapus atau menambah audio sebagai backsound, sub judul dan teks, logo watermark, mengubah kontras dan lain-lain.

  1. Sony Vegas Pro

Sony Vegas Pro adalah software yang dibuat khusus untuk mengedit video dan audio. Pada saat ini, aplikasi sony vegas pro bukan menjadi tandingan dari adobe premire yang memang sony vegas pro tidak cukup terkenal. Di bandingkan dengan adobe premire yang sudah cukup terkenal  dengan dukungan yang begitu banyak plug-in. Aplikasi ini merupakan program editing video yang powerful dan membuat DVD yang sangat berkualitas yang diberikan oleh sony untuk banyak produk.

Adanya program aplikasi edit video di laptop memberikan dimensi baru untuk home movie anda hanya dengan menggunakan program ini. Beragamnya fitur pilihan untuk anda sehingga untuk membuat video yang berkualitas professional termasuk transisi, judul dan efek khusus termasuk tipe efek dalam tampilan layar yang biasanya terdapat dalam film.

Dengan aplikasi sony vegas movie studio anda dapat menggambar dengan tool yang bermanfaat seperti zoom, rotation dan kemampuan untuk melihat foto dalam format widescreen yang memungkinkan format film dalam kecepatan yang tinggi sehingga anda dapat berbagi dengan situs web berupa Youtube atau MySpace.

  1. Corel Video Studio

Terakhir adalah Corel Video studio  yang merupakan aplikasi edit vide terbaik untuk windows, penggunaan yang mudah dan sederhana namun tetap menghasilkan sebuah karya yang cukup menarik sehingga banyak yang menggunakan aplikasi ini untuk mengedit video.

Beberapa software aplikasi edit video di laptop untuk windows berupa movie maker atau pinnacle, keberadaan software ini tidak cukup populer. Sebab corel memang lebih dikenal sebagai software mengedit gambar. Namun, anda tidak perlu untuk khawatir karena aplikasi ini layak untuk menjadi pilihan edit video di Windows.

Proses yang membutuhkan waktu yang lama untuk editing adalah proses render. Kemampuan software corel video studio yang berkisar 64 bit ini memungkinkan anda melakukan render lebih cepat dan mudah untuk menghasilkan project video berbetntuk HD atau 4K.

Adanya flashwick di aplikas ini juga akan memudahkan anda melakukan pengeditan serta mampu menghasilkan karya dengan desain grafis yang cukup baik.

Itulah beberapa aplikasi edit video di laptop yang dapat anda jadikan sebagai bahan untuk referensi ketika membutuhkan untuk mengedit video tetapi tidak tahu aplikasi apa yang sebaiknya anda gunakan maka tulisan ini akan sangat membantumu dan anda dapat memilih aplikasi mana yang sebaiknya anda unduh. Semoga dapat membantu anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.