Mau Membayar Pajak Kendaraan? Bingung Harus Bayar Berapa? Jangan Sampai Ketinggalan Sudah Ada Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Loh.

Mau Membayar Pajak Kendaraan? Bingung Harus Bayar Berapa? Jangan Sampai Ketinggalan Sudah Ada Aplikasi Cek Pajak Kendaraan Loh.

Membayar pajak menjadi kewajiban yang harus kita patuhi sebagai rakyat di Indonesia. Pajak juga harus dibayar tepat waktu jika tidak ingin dikenakan denda ataupun sanksi lainnya. Untuk memudahkan dalam kegiatan membayar pajak, sekarang sudah tersedia aplikasi cek pajak kendaraan.

Ada banyak jenis pajak yang harus dibayar, salah satunya yaitu pajak kendaraan. pajak kendaraan khususnya yang bermotor sendiri juga terdiri dari beberapa jenis. Pajak kendaraan bermotor dipisahkan berdasar pada waktu pembayarannya, diantaranya, pajak tahunan dan pajak lima tahunan.

Dengan adanya aplikasi semacam itu sangat membantu untuk mengetahui seberapa besar tarif pajak yang harus dibayar dan kapan kita harus membayarnya. Selain itu kita bisa melakukannya dengan lebih mudah, bisa dimanapun dan kapanpun.

Dibawah ini beberapa aplikasi cek pajak kendaraan yang banyak digunakan

Banyak orang yang pernah menunggak membayar pajak karena alasan sibuk, tidak sempat, tidak ingat kapan waktu jatuh temponya atau bahkan sama sekali tidak tahu. Sekarang telah disediakan aplikasi yang akan membantu kita agar bisa membayar pajak tepat pada waktunya.

Aplikasi cek pajak kendaraan yang akan kita bahas telah banyak beredar di app store maupun playstore dengan berbagai jenis fungsi nya yang berkaitan dengan pajak kendaraan khususnya kendaraan bermotor.

Namun, tidak semua aplikasi ini dapat diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia. Ada beberapa aplikasi yang dikhususkan untuk daerah tertentu dan dipegang langsung oleh pemerintah daerah tersebut. Berikut pemaparan mengenai aplikasi yang dapat kita manfaatkan untuk membayar atau pun untuk sekedar mengecek bagimana status pajak kendaraan kita.

Baca Juga:  Keuntungan Dalam Menggunakan Dari Aplikasi DANA

Apk samsat online

Samsat online yang pertama kali dikeluarkan pada 4 april 2019 merupakan salah satu aplikasi cek pajak kendaraan.  Aplikasi ini bisa diunduh di playstore.

Samsat online bisa digunakan untuk membayar pajak kendaraan baik mobil maupun motor, cukup dengan memasukkan kode yang kita dapat di aplikasi sebelum membayarnya lewat ATM

Selain untuk membayar pajak, samsat online juga bisa digunakan untuk pengesahan dan pengambilan STNK ( Surat Tanda Nomor Kendaraan ) dan TBPKP ( Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran ), hanya dengan melengkapi dokumen yang menjadi syarat yang harus disiapkan. Aplikasi ini tentunya juga bisa mengecek pajak kendaraan.

Lalu bagaimana cara membayar pajak menggunakan aplikasi samsat online ? Proses yang dilalui untuk membayar pajak menggunakan aplikasi ini tidak lah sulit. Cukup dengan memenuhi syarat – syarat yang ditentukan. Seperti, surat BPKB, KTP, dan STNK.

Adapun langkah – langkah menggunakan aplikasi cek pajak kendaraan samsat online yaitu dengan melengkapi data kendaraan yang terdiri dari kota kendaraan, dimana kantor samsat yang dipilih serta jangan lupa memasukkan nomor polisi dari kendaraan bermotor yang kita miliki.

Setelah data kendaraan lengkap dan benar maka akan muncul berapa jumlah yang harus kita bayar. Jika kita menunggak atau terlambat membayar pajak yang sebelumnya maka akan ditampilkan jumlah denda yang harus dilunasi. Untuk seterusnya cukup ikuti langkah selanjutnya sampai kode pembayarannya keluar.

Apk cek pajak kendaraan

Yang selanjutnya adalah aplikasi cek pajak kendaraan.  Aplikasi ini mempermudah kita  ngecek bagaimana sih status pajak kendaraan serta mengetahui berapa nomor polisi kendaraan bermotor yang kita miliki. Namun, sangat disayangkan aplikasi ini belum dapat digunakan secara merata di Indonesia. Hanya jawa barat, jawa timur, jawa tengah, DkI Jakarta, Yogyakarta, Riau, Sumatera Barat, Kalbar dan SulSel.

Baca Juga:  Aplikasi Untuk Mengembalikan Foto yang Terhapus Secara Mudah

Untuk menggunakan apliksi cek pajak kendaraan, cukup unduh dan masukkan provinsi dimana kendaraan kita terdaftar kemudian  menginput nomor plat kendaraan yang dimiliki.

Di aplikasi ada banyak informasi yang bisa kita dapatkan, diantaranya mengenai detail informasi kendaraan, kapan waktu terakhir pajak dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK ), total nominal dari pajak yang harus kita lunasi dan seandainya kita pernah terlambat bayar pajak, otomatis kita akan mengetahui berapa besar denda yang kita tanggung.

Apk cek pajak motor mobil

Aplikasi cek pajak kendaraan yang satu adalah aplikasi yang masih fresh. Dalam aplikasi ini disediakan informasi yang mencakup bagaimana status pajak kendaraan sang pemilik kendaraan.

Selain itu di aplikasi cek pajak motor mobil juga tersedia data – data kendaraan. Kita diberi akses untuk mengetahui dimana alamat kendaraan dan berapa nomor polisi kendaraan yang kita miliki. Aplikasi satu ini juga bisa membantu kita mengetahui jumlah pajak yang harus dibayarkan.

Apk Sambara

Salah satu aplikasi cek pajak kendaraan yang berikutnya  yaitu aplikasi yang dikenal dengan nama Sambara. Dalam aplikasi ini tersedia informasi lokasi samsat, bagaiman status pajak kendaraan kita, serta pembayaran pajak bisa dilakukan lewat online hanya dengan menginput plat nomor dari kendaraan kita, maka akan disediakan informasi tentang pajak dari kendaraan yang kita miliki.

Aplikasi ini sangat membantu dalam proses pembayaran pajak, namun sayang sekali aplikasi ini hanya dapat diakses oleh orang yang berdomisili di Jawa Barat. Karena aplikasi cek pajak Sambara ini diayomi langsung oleh pemerintah daerah Jawa Barat.

Baca Juga:  7 Rekomendasi Aplikasi Bingkai Foto yang Lagi Viral

Cara menggunakan aplikasi cek pajak kendaraan Sambara terbilang cukup mudah. Aplikasi ini bisa kita temukan di Playstore. Setelah aplikasinya berhasil terunduh, selanjutnya input nomor plat atau nomor polisis kendaraan yang kita punya. Kemudian cukup klik kolom “ daftar online “ lalu setalh itu masukkan no. KTP si pemilik dan 5 angka terakhir dari nomor rangka kendaraan.

Apk SAKPOLE e – Samsat central java

Ternyata, selain di Jawa Barat, pemerintah di daerah  Jawa Tengah juga turut menyediakan aplikasi cek pajak kendaraan yang digunakan dalam proses pembayaran pajak. Jadi aplikasi ini menyediakan fitur bayar pajak online sehingga sangat membantu orang – orang yang memiliki kesibukan untuk tetap membayar pajak tepat waktu.

Dengan adanya aplikasi ini kita bisa membayar pajak dengan lebih fleksibel karena prosesnya dilakukan secara online. Selain untuk bayar pajak, aplikasi ini menyediakan fitur lainnya yaitu penggunanya dapat mengetahui status kendaraan bermotor, dapat mencari lokasi layanan masyarakat yang tersedia di daerah tersebut, serta memiliki informasi tentang bagaimana nilai jual kendaraan bermotor.

Ya, Itulah beberapa aplikasi cek pajak kendaraan yang dapat kita manfaatkan. Dengan hadirnya aplikasi – aplikasi ini sangat membantu para wajib pajak dalam semua proses yang berkaitan dengan kegiatan membayar pajak.

Jadi kita tidak perlu lagi khawatir jika hendak membayar pajak. Ada beribu macam  cara yang bisa kita terapkan dengan mudah untuk menghasilkan informasi tentang pajak, terkhusus pada pajak kendaraan.

Sebenarnya masih banyak sekali aplikasi cek pajak kendaraan yang bisa kita unduh secara gratis dan gunakan untuk memudahkan kita mendapat informasi pajak kendaraan yang kita miliki. Tapi lima aplikasi di atas adalah yang paling banyak digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *