Aplikasi Keluarga Sehat Rekomended

Aplikasi Keluarga Sehat Rekomended

Aplikasi Keluarga sehat dibentuk sebagai usaha untuk mendukung  pemantauan pusat data dan informasi dalam upaya pemanfaatan teknologi informasi yang bertujuan untuk program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga. Adapun keberadaan aplikasi ini sebaga upaya untuk mendukung teknologi informasi terhadap proses pengambilan data di lapangan, mengolah dan menganalisis data, menyajikan data agregat Indikator Keluarga Sehat (IKS) yang berdasarkan pada letak wilayah.

Selain itu, memanfaatkan akses Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan juga Kartu Keluarga dari Ditjen Administrasi Kependudukan, Kementerian dalam Negeri serta membuat nomor register rumah tangga untuk kepentingan pendataan keluarga sehat di lapangan. Terkait dengan Aplikasi keluarga sehat sebagai submodul dari aplikasi sistem informasi puskesmas (Sikda Generik modul Puskesmas/SIP), sehingga hasil yang didapatkan dengan diciptakannya aplikasi ini secara otomatis akan adanya pembaharuan dengan database aplikasi sistem informasi Puskesmas.

Aplikasi ini terdiri dari Aplikasi web dan aplikasi mobile. yang mana aplikasi web terdiri dari modul administrator yang dipergunakan untuk mengatur menu dan mengatur pengguna. Modul Dashboard, untuk menyajikan output dari jumlah data keluarga yang telah dilakukan pendataan berdasarkan dengan wilayahnya dan output dari data agregat menurut hasil perhitungan data lapangan yang telah ada. Terakhir yaitu modul kuesioner, untuk entri data lapangan yang dilakukan secara online.

Selanjutnya adalah mobile yang terdiri atas modul kuesioner untuk entri data lapangan secara online ataupun offline dengan menggunakan smartphone dan modul dashboard untuk menyajikan output data agregat hasil perhitungan data lapangan.

Tahap-tahap yang harus dilakukan untuk menggunakan aplikasi ini adalah dengan Dinas kabupaten atau kota akan melakukan pendaftaran, pihak puskesma fokus pada pendataan keluarga sehat untuk kemudian mencatat daftar nama-nama calon pengelola aplikasi KS di pihak puskesmas selaku Pembina keluarga yang tersusu dengan1 orang sebagai administrator puskesmas, kepala puskesmas dan 1 orang sebagai supervisor (coordinator pengumpul data lapangan) dan 10 orang surveyor.

Baca Juga:  Ketahui Biaya Perpanjangan SIM dan Aplikasi Perpanjang SIM Online

Adapun prosedur yang baiknya untuk diperhatikan ketika melakukan permintaan akun di aplikasi keluarga sehat KS. Langkah pertama yaitu melakukan permintaan akun oleh Dinkes kabupaten atau kota lalu verifikasi kelengkapan oleh pusdatin dan pembuatan akun oleh pusdatin lalu pengiriman akun ke dinkes kabupaten atau kota dan langkah yang terakhir adalah akun akan disampaikan ke puskesmas oleh Dinkes kabupaten atau kota.

Untuk proses pendataan, terdapat tiga jenis metode pendataan dilapangan yaitu dengan menggunakan aplikasi KS versi web, menggunakan aplikasi KS versi mobile dan menggunakan kuesioner manual saja. Penggunaan dengan metode versi mobile dilakukan dalam keadaan terkoneksi jaringan internet maupun tidak tergantung pada jaringan operator telekomunikasi yang ada.

Data dari hasil input aplikasi akan terhubung melalui server transaksi yang akan menghubungkan aplikasi dengan Health Information Exchange (HIE)-Enterprise Servide Bus (ESB) Kementerian kesehatan melalui mekanisme web service  untuk mendapatkan data NIK dan KK dari database kependudukan.

Hasil data yang telah terinput di aplikasi selanjutnya akan tersimpa di gudang data kementerian kesehatan untuk kemudia diolah dan difiller melalui sistem untuk menghasilkan data yang telah bersih dan valid untuk kemudian dikirim ke data Health Information Exchange (HIE)-Enterprise Servide Bus (ESB) kementerian kesehatan dengan mekanisme web service.

Data yang telah tersimpan aplikasi keluarga sehat dalam data warehouse yang akan disampaikan dengan penyajian informasi yang dapat di akses melalui aplikasi KS untuk dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Adapun indikator pendataan keluarga sehat adalah keluarga mengikuti program KB atau Keluarga Berencana. Ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan yang cukup memadai dan bayi mendapat imunisasi yang cukup dan ASI secara ekslusif.

Baca Juga:  7 Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Untuk Jualan Online Biar Lebih Unik

Memantau pertumbuhan balita adalah salah satu faktor pendukungnya. Penderita tuberculosis paru mendapatkan pengobatan sesuai standar adapun penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur. Untuk orang menderita gangguan jiwa agar mendapatkan pengobatan dan tidak terlantarkan. Anggota keluarga tidak ada yang merokok akan membuat kesejahteraan dalam lingkungan dan menciptakan suasana yang bersih.

Fitur yang terdapat dalam aplikasi KS versi 2.0 ini menyediakan berbagai fitur yang dapat membantu dalam memanajemen pengelolaan data. Fitur tahun aktif merupakan fitur manajemen pelaporan data survey untuk seluruh pengguna, yang mana sebelum aplikasi dapat digunakan akan ditentukan terlebih dahulu periode aktif untuk penginputan data pada tahun berjalan (dilakukan khusus untuk admin pusat).

Fitur transfer wilayah kerja yang berfungsi untuk memindahkan data keluarga pada suatu wilayah desa/kelurahan di puskesmas awal ke puskesmas tujuan yang dilakukan oleh khusus admin pusat. Selanjutnya yaitu fitur wilayah kerja yang berfungsi untuk memetakan desa/kelurahan pada wilayah kerja puskesmas dengan cara menginput atau mendaftarkan wilayah kerja perdesa/kelurahan baik dalam satu wilayah kecamatan ataupun lebih yang dilakukan oleh khusus admin PKM pada aplikasi keluarga sehat

Fitur rukun warga untuk mendaftarkan RW/RT sesuai wilayah namun yang tidak memiliki RT maupun RW setiap puskesmas akan melakukan inventarisasi di daerah tersebut kemudia melakukan penomoran secara mandiri (khusus admin PKM). Fitur sasaran wilayah untuk menentukan jumlah target atau sasaran pendataan suatu wilayah kerja puskesmas.

Fitur selanjutnya yaitu fitur target surveyor yang bertujuan untuk menetukan target kinerja surveyor yang dimaksudkan untuk meningkatkan kepedulian dan rasa tanggung jawab bagi para surveyor. Fitur monitoring wilayah yang memantau kinerja capaian dari puskesmas maupun surveyor dengan melakukan perbandingan terhadapt target sasaran yang telah ditetapkan.

Baca Juga:  Aplikasi Edit Photo Hijab Terbaru 2022

Fitur IKS Puskesmas untuk memantau indeks keluarga sehat (IKS) berdasarkkan wilayah kerja dan yang terakhir yaitu fitur Crosstab yang dapat digunakan untuk menganalisis data dengan memanfaatkan raw data yang data yang telah di unduh melalui akun admin PKM untuk  diolah secara mandiri dan di upload kembali ke aplikasi untuk diproses dalam bentuk crostabb analisis data, baik itu dalam bentuk tabulasi, grafik, dll.

Langkah selanjutnya adalah masuk dengan menggunakan akun di aplikasi keluarga sehat yang memerlukan proses login terlebih dahulu yaitu:

  1. Text box yang muncul untuk input username akun anda dan juga lakukan untuk input password setelahnya.
  2. Klik sign In, setelah menginput username dan password anda akan masuk ke dalam aplikasi
  3. Setelah berhasil masuk, akan muncul tampilan halaman dashboard yang terdapat menu aktif dan profil pengguna. Untuk tahun aktif berfungsi mengaktifkan tahun pelaporan survey dan pada profil pengguna anda dapat mengubah email dan password.
  4. Profil admin yang mana terdapat menu profil, account dan change password. Bagian ini data di input untuk mengubah informasi pengguna

Bagian User sebagai sumber info yang berfungsi utuk mengubah nama profil, alamat puskesmas, kode puskesmas, supervisor dan joined atau pada waktu bergabung

Tombol save change digunakan untuk memverifikasi perubahan data apabila terdapat perubahan data dan tombol cancel untuk membatalkan perubahan data tersebut.

Dengan adanya Aplikasi Keluarga Sehat ini, tiap-tiap keluarga dalam wilayah dapat bekerja sama untuk membangan lingkungan yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *