Apa Fungsi dan Kegunaan Domain Untuk Usaha Online?

Apa Fungsi dan Kegunaan Domain Untuk Usaha Online?

Apa Fungsi dan Kegunaan Domain Untuk Bisnis Online? – Di jaman saat ini yang serba digital, online jadikan kebun pendapatan yang prospektif. Trend jual-beli lewat cara online sekarang tidak cuman jadi trend ‘sementara’ tetapi sebuah keperluan. Berbelanja online benar-benar sangat gampang dilaksanakan hingga tidaklah aneh banyak ada merek usaha online baru.

Tapi usaha online tidak komplet rasa-rasa-rasanya apabila tidak mempunyai web. Ibaratnya seperti kamu punyai toko tapi tidak punyai etalase untuk diperlihatkan apa yang kamu jual ke customermu. Jika demikian, customermu tidak tahu atau mungkin kurang info kamu jual produk apa.

Web juga tidak dapat terlepas dari domain. Nach, kamu ketahui tidak domain apa itu? Jika belum, baca di artikel ini sampai habis ya karena di sini akan mengulas mengenai domain dan manfaat domain untuk usaha online.

Baca Juga : Manfaat Internet Untuk Meningkatkan Usaha Dan Bisnis

Pengertian dan Penjelasan Domain

Apa Fungsi dan Kegunaan Domain Untuk Usaha Online?

Domain ialah sebuah nama yang unik atau unik untuk mengenali satu server computer di koneksi internet. Nama unik ini membuat beberapa pemakai atau pengunjung lebih gampang untuk mengaksesnya tak perlu ingat IP address server.

IP address server sendiri ialah sebuah gabungan string unik yang terdiri dari 4 angka yang dipisah oleh titik. Misalkan contoh IP address server itu ibarat 192. 168. 1. 1. Jika angka ini, lebih sulit dikenang bukan dibanding bernama?

Domain mempunyai peranan yang penting untuk usaha online lho. Nama domain dapat bisa mewakilkan usaha atau merek yang kamu punyai. Disamping itu, customer kamu juga mudah ingat online shop kamu bernama domain yang nik. Tinggal menulis nama domain web kamu tanpa tuliskan IP Address yang sulit dengan angka. Gampang sekali kan?

Dalam domain, ada banyak susunan khusus mencakup 3 sisi.yakni subdomain, second tingkat domain dan hebat tingkat domain. Tujuannya apa tuch? Pengertiannya akan diterangkan di bawah ya.

Nach disini, kamu bisa memikirkan kan jika domain itu mempunyai peranan yang penting sekali buat yang ingin meniti usaha online dengan web. Saat sebelum lanjut mengulas manfaat domain untuk usaha online, sebaiknya kamu mengenali mengenai beberapa jenis domain lebih dulu.

Baca Juga : Kesalahan Pebisnis Pemula Saat Merintis

Di atas telah diterangkan sedikit jika ada 3 sisi dalam domain. Tetapi saat sebelum mengulas penuturannya, kamu tentu pernah saksikan kan diakhir nama domain ada tulisan.com,.net..id dan yang lain? Itu namanya perpanjangan domain.

Tahu tidak sich, ada beberapa ratus perpanjangan domain yang ada di seluruh dunia. Eit, masing-masing mempunyai peranan tertentu lho . Maka pemilik web atau perusahaan tidak asal pilih perpanjangan domain itu.

Berikut beberapa jenis domain dengan tingkat tertentu yang penting kamu kenali

1. Top Level Domain

Hebat Tingkat Domain (TLD) ialah domain yang tersering dipakai oleh perusahaan atau usaha. Domain ini terpopuler dan terbanyak dipakai untuk bermacam kebutuhan yang lebih umum atau general yang disebutkan dengan Generic Hebat Tingkat Domain (gTLD). Atau domain ini umumnya mewakilkan negara semasing atau disebutkan dengan Country Hebat Tingkat Domain (cTLD).

Contoh TLD ialah :

  • .com untuk komersial (commercial).
  • .co.id untuk bisnis resmi
  • .edu untuk pendidikan dan penelitian
  • .mil untuk militer
  • .gov untuk pemerintahan (non militer)
  • .ac.id untuk akademik
  • .net untuk layanan bantu untuk network
  • .org untuk organisasi lain
  • .id untuk Domain Negara Indonesia
  • .us untuk Domain Negara Amerika
  • .sg untuk Domain Negara Singapura
  • .uk untuk Domain Negara Inggris

Untuk usaha online, domain yang dianjurkan ialah domain.COM atau.ID nih gaes. Ini karena domain.COM sebagai domain komersil yang terbanyak dipakai di dunia dan domain.ID domain country hebat tingkat domain paling tinggi di Indonesia. Keterangan secara lengkap dapat kamu baca di artikel ini ya.

Baca Juga : 12 Bisnis Modal Kecil Di Rumah Paling Mudah

2. Second Level Domain

Second Tingkat Domain ialah nama domain yang didaftarkan oleh seorang atau satu lembaga tertentu untuk kepentingan usaha mereka. Second Tingkat Domain ini sendiri tingkatnya ada di bawah Hebat Tingkat Domain.

Domain SLD sebetulnya tak terbatas dan menjadi lokasi yang cocok untuk nama merek, produk, perusahaan atau nama kamu sendiri untuk websitemu. Misalnya saja seperti www.exabytes.co.id, exabytes ialah SLD sementara co.id sebagai TLD.

3. Third Level Domain atau Sub Domain

Third Tingkat Domain sebagai nama domain yang ada saat sebelum STD dan LTD. Domain tingkat ini biasa disebutkan dengan sub domain. Tipe domain semacam ini umumnya dipakai untuk membikin situs baru dari situs khusus.

Arti Domain Untuk Bisnis Online

Domain mempunyai makna yang cukup penting lho untuk meningkatkan usaha online. Saat seorang telah memilih untuk menjalankan bisnis online, karena itu mereka harus menyesuaikan dari konservatif ke online.

Dimulai dari langkah berjualannya, mempromokan sampai branding produk atau jasanya pasti benar-benar berlainan jika dibanding dari off-line. Oleh karenanya, kita perlu menyesuaikan dengan tehnologi dan internet. Salah satunya hal yang tidak dapat terlepas dari mengawali usaha online ialah web.

Mengapa web penting dalam menjalankan bisnis online? Kemungkinan beberapa dari kalian masih berpikiran jika belum berasa membutuhkan web untuk usaha online. Tetapi sebetulnya penting sekali lho mempunyai web sejak awal kali. Dan kita juga tidak dapat selama-lamanya memercayakan media sosial sebagai media untuk usaha online saja.

Sama seperti yang sudah dikatakan jika web itu ibarat etalase toko untuk usaha online, karena itu domain juga dapat dimisalkan jadi plang nama toko kamu. Nama ini jadi nama yang perlu yang menyimbolkan identitas usaha online kamu sekalian dapat dikenang oleh customer.

Oleh karenanya, domain mempunyai makna khusus dan benar-benar punya pengaruh untuk usaha online yang kamu lalui. Tidak cuma untuk identitas atau hanya ‘plang’ nama saja tapi domain mempunyai manfaat yang lain dalam usaha online.

Baca Juga : 6 Cara Kelola Keuangan Bisnis Pinjaman UMKM Agar Cepat Lunas

Manfaat Domain Untuk Usaha Online

Selainnya jadi identitas, manfaat domain yang lain dalam usaha online lho. Baca berikut ini

Jadi Identitas Usaha Online

Manfaat domain yang pertama sebagai identitas usaha online. Sebetulnya tidak cuman usaha online saja tapi sebagai identitas si pemilik web tersebut. Bila orang itu ialah blogger, karena itu domain jadi identitas dianya. Demikian juga dengan usaha online.

Identitas ini jadi poin utama sebagai pemasti pembanding usaha kamu sama orang lain. Sudah tentu donk usaha yang kita punyai berlainan sama orang lain? Ini mempunyai tujuan agar usahamu dapat gampang dicari oleh pengunjung atau calon customermu baik di mesin penelusuran atau di media sosial. Oleh karena itu kita perlu memperlihatkan kekhasan dan keunikan merek usaha kita dari nama domain juga.

Gampang Diingat Oleh Penghujung atau Customer

Saat kamu sudah mempunyai nama atau identitas usaha, yakinkan nama itu catchy atau gampang dikenang. Ini agar dapat dikenang dengan mudah dengan konsumen setiamu bahkan juga menempel di pemikiran mereka. Sudah pasti nama domainmu ini menjadi bahan words of mouth atau penebaran ke rekan-rekan lainnya untuk beli produk di web punyamu.

Membuat Citra Profesionalisme

Manfaat domain seterusnya bila kamu mempunyai nama domainmu sesuai nama merek usahamu, wah jadi terlihat professional lho. Ini dapat menggambarkan merek dan meningkatkan rekam jejak karena tidak cuman di basis media sosial saja tapi telah memasuki ke web. Ini jadi point plus dalam tingkatkan integritas jika merek usahamu paling dipercaya.

Baca Juga : 6 Finansial Bisnis Tidak Sehat dan Butuh Pinjaman Dana Online

Tingkatkan Integritas

Saat telah mempunyai web dan domain, kamu telah menggandeng point keyakinan atau integritas dari beberapa konsumen setiamu. Ini karena dalam web itu, kamu dapat tampilkan info yang diperlukan berkaitan produk atau jasa yang kamu pasarkan dan sebagai media komunikasi dengan konsumen setia. Dengan demikian, web dan nama domain yang kamu tentukan dapat membuat merek awareness usahamu.

Membuat Gambar Yang Unik

Bernama domain, kamu dapat membuat gambar untuk merek usahamu yang unik. Mengapa demikian? Karena nama domain itu tidak dapat sama di antara satu sama lainnya. Hingga selainnya mempunyai ciri-ciri khusus, ini bisa juga kurangi kompetisi dengan pesaing lain dan tidak ada nama domain yang serupa.

Menarik Perhatian Calon Konsumen setia

Manfaat domain yang lain yaitu bila nama domain dibikin unik karena itu dapat tarik perhatian calon konsumen setialho. Nama yang unik ini dapat menempel yang dapat memunculkan rasa ingin tahu untuk cari di mesin penelusuran. Wah, mereka juga jadi tahu web usahamu dan dapat saja mereka segera membeli produk kamu lho.

Baca Juga : Dell Vostro 3400, Laptop Khusus Bisnis Bertenaga Intel Core 11th Gen Tiger Lake

Tingkatkan Rangking di Mesin Penelusuran

Manfaat domain paling akhir untuk usaha online ialah bisa tingkatkan rangking web atau merek kamu di mesin penelusuran. Ini sebagai point utama yang dapat arahkan calon konsumen setia ke merek usaha online kamu. Wah, memiliki arti tidak cuman bisa rangking paling tinggi saja tapi juga bisa tingkatkan penghasilan lho.

Maka sudah mengetahui kan manfaat domain untuk usaha online saat ini? Sama seperti yang sudah diuraikan jika domain mempunyai dampak untuk usaha online satu diantaranya sebagai identitas usaha online kamu. Oleh karena itu, untuk kamu yang belum mempunyai domain selekasnya punyai sekarang ini.

Exabytes Indonesia sediakan domain murah dan berkualitas yang ditujukan untuk usaha online punyamu lho. Selekasnya datangi Exabytes Indonesia saat ini atau berkunjung artikel ini untuk menyaksikan tutorial pesan domain di Exabytes. Yok bangun usaha onlinemu bernama domainmu sendiri mulai saat ini juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.