Anda Ingin Membeli Drive Portabel? Perhatikan 3 Hal ini Terlebih Dahulu!

Anda Ingin Membeli Drive Portabel? Perhatikan 3 Hal ini Terlebih Dahulu!

Anda ingin membeli drive portabel? perhatikan 3 hal ini terlebih dahulu! – Jika Anda menyukai film, edit video, foto, dan hal lain yang membutuhkan penyimpanan massal, tentu saja ‘Cloud’ atau ‘Google Drive’ tidak akan cukup.

Menyimpan data di Internet sebenarnya adalah cara yang tepat untuk membuatnya aman, tapi entah kenapa kita merasa ingin menyimpan data yang kita miliki tanpa harus repot karena tidak harus terhubung ke Internet.

Sehingga cukup beralasan membutuhkan portable drive sebagai media penyimpanan tambahan. Ya! Dengan drive , foto dan video, film, atau MP3 Anda selalu tersedia, bahkan tanpa koneksi internet.

Dijuluki ‘portabel’, barang ini, sering disebut sebagai ‘hard disk drive eksternal’, menjadikannya suatu keharusan. Dengan kapasitas super, Anda hanya perlu membawa ddrive dan kabel USB.

Drive portabel sudah mendapatkan kekuatannya dari USB, jadi Anda tidak perlu membawa adaptor daya tambahan.

Saya ingin memiliki? Tunggu sebentar. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli drive portabel Anda berikutnya.

1. Pastikan drive portabel Anda cukup ‘cepat’

Ada dua jenis drive portabel: solid state atau SSD, dan versi reguler, non-SSD. Ini sangat cepat untuk tugas-tugas besar, sehingga tugas-tugas berat seperti mengedit video dengan resolusi tinggi dapat dilakukan langsung di SSD.

Namun, jika kecepatan tidak menjadi masalah dan Anda hanya memerlukan sejumlah penyimpanan tertentu, non-SSD adalah pilihan yang baik karena lebih murah.

Juga, drive USB tercepat adalah USB 3.1, yang dua kali lebih cepat dari USB 3.0. Pilihan yang lebih murah adalah menggunakan USB 2.0, tetapi hasilnya 10x lebih lambat dari USB 3.0.

2. Pastikan kapasitas penyimpanan tepat untuk Anda

Penyimpanan yang lebih besar pasti lebih baik. Tetapi mengapa membayar lebih untuk penyimpanan yang tidak digunakan? Jadi pertimbangkan berapa banyak media penyimpanan yang cukup untuk Anda.

Baca Juga: 5 Hard Disk Eksternal Terbaik dan Rekomendasi

Kini ada pilihan drive portabel dengan kapasitas 4TB. Namun, perlu diketahui bahwa jumlahnya sangat besar. Suatu keharusan jika Anda bekerja secara profesional dalam pengeditan video atau fotografi. Tetapi jika tidak, 1 TB sudah cukup.

3. Persiapkan masa depan

Sedangkan untuk kedepannya tentunya kita berbicara tentang koneksi port USB-A, yang sebentar lagi akan dialihkan ke port USB-C. Kabel koneksi USB-C diperlukan untuk kompatibilitas dengan laptop saat ini atau yang akan datang.

Jika PC atau laptop Anda masih menggunakan port USB-A, tersedia juga kabel konektor USB-C ke USB-A.

Tetapi sebaliknya tidak demikian. Beberapa laptop generasi yang lebih baru, seperti Macbook yang lebih baru, hanya memiliki port USB-C.

Saat ini tidak ada kabel untuk menghubungkan USB-A ke USB-C. Jadi, jika Anda bekerja dengan laptop generasi berikutnya, Anda harus memiliki drive portabel dengan konektivitas USB-C.

Leave a Reply

Your email address will not be published.