5 USB Flashdisk OTG Terbaik dan Rekomendasi

5 USB Flashdisk OTG Terbaik dan Rekomendasi

USB flashdisk OTG (on the go) merupakan perangkat penyimpanan portabel yang kini mulai banyak digunakan. USB flashdisk OTG mendukung mobilitas semua orang karena ukuran fisiknya yang kecil dan kapasitas penyimpanan yang besar.

Untuk mentransfer dan menyimpan data hanya bisa dilakukan dengan smartphone atau perangkat elektronik yang mendukung port USB OTG.

Hanya smartphone yang terhubung ke USB flashdisk OTG yang memudahkan untuk mengirim dan menyimpan berbagai jenis file.

Total kapasitas masing-masing produk juga bervariasi mulai dari 8, 16, 32, 64, 128, dan tidak sulit untuk menemukan USB flashdisk OTG dengan kapasitas hingga 256 GB di pasaran saat ini. Tentu saja, semakin besar ukurannya, semakin tinggi nilai jualnya.

Apakah Anda berencana membeli USB flashdisk OTG untuk mendukung tugas pekerjaan atau kuliah Anda? Ada banyak produk untuk dipilih. Merek seperti Kingston, SanDisk, Adata dan bahkan Samsung telah merilis banyak model flash drive.

Mereka datang dalam berbagai desain, dari ukuran kompak yang pas di saku Anda hingga desain lucu yang akan disukai wanita.

USB flashdisk OTG Terbaik

Saat memilih USB flashdisk OTG, Anda harus memberikan preferensi pada produk yang menggunakan USB 3.0 atau lebih tinggi karena mendukung proses transfer berkecepatan tinggi.

Namun demikian, USB flashdisk USB 3.0 atau lebih tinggi OTG juga dapat dihubungkan ke perangkat dengan port 2.0. Namun, pada kecepatan USB 2.0 standar, kecepatan transfer akan lebih lambat. Semakin kecil nomor seri USB, semakin lambat kecepatan transfernya.

Selain mempertimbangkan kapasitas penyimpanan dan jenis konektor yang digunakan, jika memungkinkan, pilih USB flashdisk OTG yang tahan air, tahan debu, dan tahan guncangan.

Semakin besar kapasitasnya, semakin bagus desainnya, semakin cepat proses transfernya, semakin banyak fiturnya dan semakin puas Anda dengan produk yang Anda beli.

Fitur tambahan berupa kata sandi meningkatkan perlindungan USB flashdisk OTG Anda, memastikan tidak digunakan oleh orang yang tidak berwenang. Setelah mempertimbangkan dengan cermat, Anda dapat membeli produk di toko atau online.

Di bawah ini kami sajikan 10 USB flashdisk OTG terbaik dengan kapasitas penyimpanan, ukuran, dan kecepatan transfer yang berbeda. Selamat memilih!

1. SanDisk Ultra Dual Drive 3.0 32GB

Sandisk merilis USB  flashdisk OTG yang kompatibel dengan berbagai perangkat. Untuk pengguna smartphone Android dan komputer Mac, tidak diperlukan penyimpanan tambahan saat memilih flashdisk ini.

Dengan harga kurang dari 200.000, Anda bisa mendapatkan produk ini dengan penyimpanan 64GB.

Mengandalkan USB 3.0, kecepatan transfer untuk berbagai ekstensi file bisa cepat. Tentu saja, SanDisk Ultra Dial Drive 3.0 dilengkapi dengan konektor ganda, sehingga Anda dapat tetap mobile apa pun perangkat Anda.

Dapat dihubungkan ke tablet atau laptop menggunakan port USB 2.0. Kabar baik lainnya adalah Sandisk Indonesia memberikan garansi resmi untuk flashdisk OTG ini selama 5 tahun setelah pembelian.

Baca Juga : 5 Mouse Nirkabel Terbaik dan Rekomendasi

2. Kingston DataTraveler microDuo 3C 32GB

Tidak ingin menunggu lama setiap kali mentransfer data dari personal computer (PC)/smartphone ke USB  flashdisk dan sebaliknya? Gunakan flashdisk OTG ini dari Kingston.

Dengan teknologi USB 3.0, Anda tidak akan lagi merasa bosan menunggu proses transfer data mencapai 100%. Dirancang dengan pelindung plastik bening, setiap konektor lebih terlindungi dari benturan dan debu.

Kingston DataTraveler microDuo 3C menawarkan kapasitas total 32GB. Meski dimensi fisiknya hanya 2,9 x 1,6 x 0,8 cm, namun kecepatan transfer aktifnya mencapai 100 MB per detik.

Selain itu, flashdisk OTG ini memiliki antarmuka Tipe C untuk mendukung transisi ke antarmuka modern.

3. Adadata UD320 64GB

Mencari USB flashdisk OTG ekstra besar? Adata UD320 direkomendasikan karena dapat menampung data hingga 64GB. Kumpulkan film, buku, musik, atau dokumen bisnis dalam satu perangkat penyimpanan!

Konektor USB dan OTG pada flashdisk ini tertutup, sehingga tidak ada risiko kerusakan dan kotoran pada ujung konektor.

Agar lebih keren lagi, flashdisk OTG ini memiliki bagian tengah yang berfungsi sebagai port USB standar. Jadi Anda dapat dengan mudah mentransfer data dari komputer/laptop ke flashdisk dengan produk yang satu ini, serta menghubungkan mouse, printer, keyboard atau flashdisk lainnya.

Baca Juga : 5 Saran Tablet Windows Terbaik 2021

4. SanDisk Ultra Dual Drive m3.0 16GB

Ultra Dual Drive m3.0 merupakan salah satu USB flashdisk seri OTG dari Sandisk yang bisa menjadi alternatif pilihan. Perangkat ini memungkinkan Anda untuk mentransfer berbagai jenis konten data dari komputer dan laptop ke smartphone Anda tanpa menggunakan kabel data.

Seperti dua sebelumnya, pada seri ini SanDisk juga menawarkan perangkat penyimpanan mini yang dapat dihubungkan ke perangkat Android dan komputer Mac.

Berbicara tentang kecepatan, flashdisk OTG ini memberi komputer Anda kecepatan transfer data hingga 130MB/s. Selain itu, aplikasi Sandisk Memory Zone yang tersedia untuk diunduh melalui Google Play memudahkan pengelolaan dan pencadangan data di perangkat Android Anda.

5. VanDisk V60N 16GB

Khawatir tentang USB flashdisk OTG Anda di mana kedua ujung konektor tidak ditutupi dengan penutup pelindung? Mungkin Vandisk V60N berikutnya adalah yang Anda cari.

Didesain dengan model tutup dua sisi, setiap ujung konektor lebih terlindungi dari benturan atau tekanan dari benda lain yang mungkin bengkok atau pecah.

Ini memiliki tali bawaan sejak awal pembelian, sehingga Anda dapat menggantung flash untuk mencegah kehilangan. Selain kompatibel dengan komputer dan laptop dengan sistem operasi Windows 98/SE dan yang lebih baru, flashdisk OTG ini dapat dihubungkan ke Mac 8.6 dan Linux 2.4.0 dan yang lebih baru.

Baca Juga : Download & Install Aplikasi FacePlay, Yang Lagi Viral di TikTok

Kesimpulan

Selain memperhatikan spesifikasi utama dari USB flashdisk OTG yang ingin Anda beli, Anda juga harus memeriksa komponen tambahan dari produk tersebut.

Misalnya, lubang kecil di sudut USB flashdisk berguna untuk memasang tali, sehingga Anda dapat menggantungnya di sekitar rumah agar tidak hilang atau terkunci di tempatnya.

Juga, biasanya flashdisk OTG memiliki dua konektor, USB dan USB OTG, jadi pastikan penutup dipasang di kedua sisi konektor untuk menghindari tertekuk atau patah. Jika Anda meninjau faktor-faktor ini, flashdisk OTG pasti akan bertahan lebih lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.