17 Kelebihan Fitur Android 11 Yang Sangat Keren

17 Kelebihan Fitur Android 11 Yang Sangat Keren

17 Kelebihan Fitur Android 11 Yang Sangat Keren – Munculnya Android 11 pasti membuat sebagian orang bertanya-tanya tentang keunggulan dan fitur yang ditawarkan Google sebagai developer.

Pada dasarnya update versi pasti bertujuan untuk meningkatkan versi sebelumnya dari segi keamanan dan fungsi interface yang lebih mudah digunakan.

Ini untuk lebih menjaga keamanan pengguna dan memaksimalkan mobilitas pengguna, dan lebih baik dalam menggunakan program untuk singkatnya.

Kelebihan Fitur Android 11

Google memiliki banyak fitur dalam sistem operasi terbaru ini, termasuk dukungan jaringan 5G yang unggul, keamanan privasi yang lebih baik, dan antarmuka obrolan yang lebih ramah pengguna.

Tidak dapat disangkal bahwa sistem baru pasti tidak akan terjadi 100% celah atau bug, sehingga bukan tidak mungkin sistem operasi Android 11 masih memiliki bug yang dapat mempengaruhi kinerja dan kemudahan penggunaan.

Buat kamu yang selalu update versi OS, saran saya tahan dulu keinginan ini, tunggu sampai benar-benar banyak, dan gunakan tanpa rasa tidak nyaman untuk menghindari melakukan hal-hal yang tidak kamu inginkan.

Kelebihan Android 11

Pada dasarnya mengupdate sebuah program operasi terdiri dari perbaikan sistem sebelumnya, sehingga keunggulan Android 11 harus lebih baik.

Sebelumnya, untuk semua pembaruan pada os tersebut telah diumumkan secara resmi oleh Google. Berikut keunggulan Android 11 untuk lebih jelasnya:

1. Perubahan perilaku

Semua aplikasi yang berjalan di sistem Android 11 akan mengalami perubahan perilaku dan pembatasan izin privasi untuk memastikan keamanan privasi pengguna.
Perubahan berikut ada di sistem operasi Android 11

2. Batasan debugging API

Android 11 Dilengkapi Dukungan Aplikasi Debugging dan JobScheduler API Baru dapat diupdate dengan cepat. Batas ini ditetapkan untuk mencegah penggunaan yang sah dari mengganggu aktivitas tidak sah dari aplikasi terkait.

Baca Juga:  Taiwan Akan Bantu Indonesia untuk Wujudkan Smart City

3. Otorisasi aplikasi satu kali

Aplikasi Apa Saja untuk Android 11 dan versi iPhone, mikrofon, dan kamera, serta kalibrasi satu izin untuk semua aplikasi pribadi. . Anda dapat menemukan informasi terperinci tentang ini di halaman pengembang Google Android

4. Opsi untuk membatasi izin aplikasi bagi pengguna

Selama instalasi prosa aplikasi Anda, Anda akan diminta untuk mengakses otorisasi aplikasi di ponsel Anda secara terbatas namun terbatas. Jika Anda memilih “Tolak” untuk izin yang tidak Anda perlukan, Android 11 secara otomatis tidak akan lagi mengizinkan aplikasi untuk meminta izin ini lagi di masa mendatang. Anda dapat mengalami kasus ini di halaman visibilitas dialog izin di Android 11.

5. Akses lokasi di latar belakang

Aplikasi yang biasanya mengizinkan akses lokasi di latar belakang masih diketahui oleh pengguna seluler di latar depan atau layar notifikasi. Hal ini dapat meminimalisir terjadinya pelanggaran privasi pengguna.

Google telah menjelaskan secara rinci mengapa ini terjadi, silakan pelajari lebih lanjut tentang pembatasan lokasi latar belakang.

6. Kontrol perlindungan data

Google mengklaim bahwa pengguna Android 11 akan selalu aman karena Android 11 dirancang dengan tujuan menyempurnakan versi sebelumnya demi keamanan pengguna.

7. Fitur dan Upaya API kemudian

Untuk menjaga keamanan pengguna Android 11, beberapa fitur telah terlihat secara transparan, sehingga Anda dapat melihat perilaku apa saja yang diakses di ponsel pintar Anda. Fitur-fitur ini meliputi:

  • Audit akses data
  • Obrolan gelembung
  • Operasi kumpulan file media
  • Dan banyak fitur lainnya, Anda dapat mempelajari lebih lanjut di Fitur & API Baru.

8. Fitur perekaman layar bawaan

Pada masa lalu, para pengguna ponsel Android iri dengan fitur perekaman layar bawaan Apple yang tentunya dapat bekerja di berbagai macam perangkat. Namun sepertinya pengguna Android saat ini akan tenang, karena Android 11 sudah memiliki fitur “screen recording” bawaan yang disematkan di Android 11. Fitur perekaman ini bisa diakses melalui tampilan quick setting/notification panel.

9. Mode Gelap Lebih Adaptif

Mode gelap atau dark mode menjadi fitur yang ditonjolkan ketika versi Android 10, fitur yang sudah lama diinginkan pengguna Android secara default, akhirnya disediakan secara default, dan di versi Android 11, mode gelap akan dapat beradaptasi secara cerdas. pada saat kondisi tertentu dan ada juga fitur tersebut yang akan aktif secara otomatis. Misalnya, mode gelap akan aktif di malam hari, dan di pagi hari, mode gelap akan mati secara otomatis.

Baca Juga:  Aplikasi Trading Forex Android Paling Banyak dipakai Orang

10. Foto Mode Bokeh Lebih Cemerlang

Bahkan di sektor fotografi, developer Android pun tak luput dari perhatian mode foto bokeh yang saat ini tengah marak menjadi fitur unggulan. Google telah mengklaim bahwa smartphone Android tidak hanya dapat mengambil gambar efek bokeh berkualitas tinggi menggunakan tag metadata, tetapi juga video dengan efek bokeh yang telah disiapkan di Android 11.

11. Integrasi Jaringan 5G yang Lebih Lancar

Jaringan 5G memang menjadi konektivitas baru saat ini, terutama di negara kita. Namun, Google tidak mau berkecil hati dan akan segera menyiapkan integrasi serius untuk smartphone dengan OS Android 11 ini. Melalui rilis barunya, Google diketahui sedang mengembangkan Application Programming Interface (API) yang disebut “Dynamic Meteredness API”.

API baru ini akan berfungsi untuk mendeteksi jika ponsel yang mendukung jaringan 5G mendapat sinyal dengan status data unlimited, maka semua konten seperti gambar, video atau grafik akan ditampilkan secara default dengan kualitas terbaik.

12. Izin Satu Kali Yang Meningkatkan Keamanan Pengguna

Pernahkah Anda menginstal aplikasi dan kemudian ketika kita membuka aplikasi itu meminta izin untuk akses yang tidak benar terus menerus meskipun Anda tidak menggunakannya? Misalnya, ketika Anda menginstal aplikasi ojek online, Anda perlu mengaktifkan izin lokasi terlebih dahulu agar aplikasi dapat menentukan alamat. Oleh karena itu, akses harus diizinkan, hanya dalam satu sesi. Bisakah seperti itu?

Jawabannya sangat bagus, karena Google telah mencoba mengatasi hal ini di fitur Android 11 dengan fitur “izin satu kali” ini. Fitur ini nantinya dapat memberi tahu pengguna jika aplikasi yang sedang dijalankan membutuhkan akses khusus ke file atau aplikasi lain, dan akan memberikan opsi untuk mengizinkannya hanya satu kali akses.

13. Fitur Senyap Saat Merekam Video

Notifikasi menjadi masalah bagi para vlogger yang suka merekam aktivitasnya menggunakan smartphone. Yaitu ketika di tengah-tengah merekam momen seru, ponsel tiba-tiba mendapat notifikasi dan menyebabkannya bergetar dan membuat rekaman mereka berantakan. Masalah tersebut sepertinya sudah diketahui oleh Google dan di OS Android 11, semua notifikasi baik itu chat, alarm, dan interupsi lainnya akan dimatikan sementara saat pengguna membuka kamera atau merekam video.

14. Lebih Kompatibel Dengan Desain Layar Perangkat Terbaru

Di era notch perlahan memudar dan digantikan oleh desain tampilan “punch hole” dan peningkatan produksi layar lengkung di bagian samping, atau biasa dikenal dengan “waterfall display”. Ini juga akan dielakkan oleh Google dengan menambahkan API baru di Android 11.

Baca Juga:  5 Webcam Terbaik dan Sangat Rekomendasi

API baru dikatakan memungkinkan layar “tampilan air terjun” tidak hanya menjadi estetika, tetapi memiliki fungsi yang dapat dimaksimalkan, seperti untuk menampilkan pemberitahuan penting dan kegunaan lain yang bermanfaat.

15. Desain notifikasi yang lebih fleksibel dan praktis

Reaksi terhadap notifikasi di ponsel Android sebenarnya ditampilkan dengan sangat jelas, misalnya pengguna bisa langsung melihat chat yang masuk tanpa membuka aplikasi yang dimaksud, cukup swipe layar dari atas ke bawah, maka isi chat tersebut menjadi lengkap. ditampilkan dan bahkan dapat langsung membalas.

Pengembang Android 11 tampaknya tidak senang dengan itu, dan sekarang menanggapi pemberitahuan memungkinkan interaksi yang lebih dalam dan lebih canggih dengan menampilkan percakapan langsung di gelembung obrolan. Ini tidak akan mengganggu aktivitas aplikasi lain yang sedang dibuka. Pengguna juga dapat mengirim media seperti video/foto secara langsung melalui gelembung obrolan.

16. Keamanan ganda melalui sensor biometrik

Saat ini, ponsel tidak lagi hanya sebagai alat komunikasi, rekening bank seluler yang mampu melakukan pembayaran digital dan berbagai aktivitas penting lainnya dan berisi berbagai informasi sensitif telah dilakukan di smartphone. Keamanan dan privasi tentunya harus menjadi faktor yang harus ada pada sebuah smartphone.

Google juga memahami hal ini dan telah menerapkan fungsi otentikasi multi-layer di Android 11 dengan mengintegrasikan fungsi biometrik lebih dekat ke berbagai aplikasi. Misalnya, ada dalam aplikasi transaksi keuangan digital yang juga memerlukan akses khusus ke sebuah data sensitif, dan diperlukans sebuah sensor sidik jari atau pemindai wajah sebelum melakukan transaksi dapat juga dilanjutkan.

17. Pembaruan dan peningkatan stabilitas

Sebagai sistem operasi terbuka, Android sering disebut sebagai sistem operasi yang sangat rentan terhadap serangan malware. Untungnya, pada saat pembaruan Android 10, Google telah meningkatkan keamanan dengan fungsi “Google Play Protect”, yang digunakan untuk memindai secara mendalam setiap aplikasi yang terdaftar di Play Store App Store sehingga dinyatakan aman.

Dalam update Android 11 ini, Google juga berusaha memperkuat sektor keamanan dengan “Google Play Updates” dan menambahkan 22 modul baru secara detail. Dan itu termasuk modul lisensi, modul kontrol media, dan modul API jaringan yang disimulasikan. Modul ini terutama berfokus pada peningkatan kinerja, keamanan, privasi, dan konsistensi yang lebih baik di seluruh ekosistem sistem operasi Android.

Nah, itulah manfaat dan fitur Android 11 yang perlu kamu ketahui. Jika Anda ingin mencobanya, Anda dapat memutakhirkan ponsel Anda ke Android 11 saat tersedia untuk perangkat Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *